Manfaat Mentimun dan Mampu Membasmi Sel Kanker

Manfaat Mentimun dan Mampu Membasmi Sel Kanker

gunanya.com- Bagi masyarakat Indonesia, mentimun, atau banyak orang menyebut timun sebagai buah, biasanya tersedia sebagai tambahan sayuran, acar atau salad. Meskipun dianggap sebagai pelengkap hidangan, buah yang memiliki nama Latin Cucumis sativus memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa manfaat kesehatan dari mentimun?

Mentimun Mampu Membasmi Sel Kanker
Ilustrasi buah mentimun | Manfaat Mentimun dan Mampu Membasmi Sel Kanker

11 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan, Bisakah Menghambat Sel Kanker?

Mentimun memiliki kandungan 0,65% protein, 0,1% lemak dan karbohidrat 2,2%. Mentimun juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Bahkan, biji mentimun mengandung jenis toksin hipoksanthyloloid yang digunakan untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan. Selain itu, biji mentimun dipercaya membantu meredakan sakit tenggorokan. Caranya adalah dengan hanya mencampur biji mentimun dengan sedikit garam dan berkumur beberapa kali sehari.

Manfaat Mentimun Membasmi Sel Kanker
Ilustrasi irisan buah mentimun | Manfaat Mentimun dan Mampu Membasmi Sel Kanker

Selain beberapa manfaat mentimun seperti diuraikan di atas, berikut adalah beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan, termasuk diantaranya adalah:

  1. Mengatasi pembengkakan disekitar mata
    Manfaat mentimun yang paling terkenal adalah kemampuan mereka untuk menyamarkan mata bengkak. Mata bengkak terjadi karena terlambat tidur atau mata lelah karena terlalu lama bekerja di depan komputer. Caranya, mentimun yang diiris tipis dan letakkan di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit.

  2. Menjaga kesehatan ginjal
    Mentimun memiliki kandungan diantaranya silikon, fluorida, dan kalium serta rendah kalori, sehingga manfaat mentimun dapat membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan lemak tubuh. Cara mendapat manfaat dari mentimun itu mudah, yaitu dengan mengonsumsi jus mentimun segar. Lakukan ini setiap hari sampai lambung mulai terbiasa dengan mentimun cair yang masuk ke perut.

  3. Membantu tubuh tetap terhidrasi
    Manfaat lain dari mentimun adalah menjaga hidrasi. Mentimun mengandung 95,2% air, yang berarti 5 ons mengandung 4,8 ons air atau 150 ml air. Ini berarti bahwa sekitar 26 persen dari asupan air harian Anda sudah terpenuhi dengan mentimun. Jika Anda bosan dengan air minum biasa, Anda juga bisa memasukkan potongan mentimun ke dalam botol minum, seperti membuat air infus. Dengan demikian, rasa ekstra dari mentimun membuat Anda minum lebih banyak air.

  4. Lindungi tulang
    Mentimun adalah sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen dari asupan vitamin K harian yang direkomendasikan. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupan vitamin K yang rendah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang.

  5. Mencegah sembelit
    Mentimun mengandung banyak air, sedangkan kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut. Air dan serat dalam mentimun dapat membantu Anda mencerna makanan lebih cepat dan lebih mudah, yang pada akhirnya membantu mencegah sembelit.

  6. Penghambatan pertumbuhan sel kanker
    Mengandung lignan dan cucurbitacun, manfaat kesehatan mentimun adalah kemampuannya untuk melindungi tubuh dari kanker. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu bahan dalam mentimun yang dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

  7. Penurunan tekanan darah atau hipertensi
    Karena kandungan kalium potasiumnya, mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kalium potasium dapat mengatur jumlah garam dalam ginjal. Bagi Anda dengan penderita hipertensi, biasanya ada kadar sodium yang terlalu tinggi di dalam tubuh Anda. Kadar sodium yang tinggi membuat kadar air dalam tubuh tidak seimbang, yang menyebabkan tekanan darah naik. Untuk menetralkan ini, tubuh membutuhkan kalium yang cukup. Tetapi banyak orang tidak mendapatkan cukup kalium setiap harinya.
    Karena itu, untuk membantu menyeimbangkan kadar sodium di ginjal Anda, Anda harus mengonsumsi air mentimun secara teratur. Dengan mengonsumsinya, Anda akan mempertahankan tekanan darah yang stabil. Bahkan, air mentimun juga mampu menjaga pembekuan darah dengan baik.

  8. Membantu menurunkan berat badan
    Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, Anda dapat mencoba mengkonsumsi mentimun. Jus atau air mentimun dapat membantu mengurangi kalori dalam tubuh Anda. Ketika Anda merasa lapar, itu bukan karena kekurangan makanan, tetapi bisa jadi menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan. Minum air mentimun akan membantu Anda merasa lebih kenyang pada tingkat kalori yang sangat rendah. Jika Anda tidak lagi merasa lapar setelah minum air mentimun, sebenarnya Anda hanya merasa haus.

  9. Baik untuk wanita hamil
    Kandungan vitamin C, B1, B3, B2, zat besi, seng dan asam folat dalam mentimun dapat membantu perkembangan janin di dalam rahim. Selain itu, kandungan kolagen mentimun juga akan membantu mengurangi selulit di bagian perut pada saat kehamilan dan pasca melahirkan.

  10. Perawatan kulit
    Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat, sepertinya Anda bisa menggunakan masker mentimun untuk mengatasinya. Manfaat mentimun dapat bermanfaat bagi kulit karena mengandung vitamin B5, yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat.

  11. Membantu menghilangkan racun dari tubuh
    Mentimun bersifat diuretik atau dapat menyebabkan produksi urin meningkat. Dengan demikian, akan semakin menstimulasi bakteri, racun, dan zat sisa hasil dari metabolisme untuk keluar dari tubuh melalui urin. Metode ini juga dikenal sebagai detoksifikasi. Tubuh akan menjadi segar karena bebas dari berbagai zat dan racun berbahaya.

Selain itu, mentimun juga mampu memerangi radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit Alzheimer, penyakit jantung, penglihatan kabur, dan diabetes. Nah, itulah manfaat kesehatan dari mentimun. Apakah Anda masih menganggap mentimun hanya sebagai lalapan semata?

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update