Pertolongan Pertama Mengobati Luka Bakar

Pertolongan Pertama Mengobati Luka Bakar

gunanya.com- Luka bakar yang paling sering terjadi adalah luka bakar yang merusak permukaan kulit yang di akibatkan uap panas, atau minyak dan air panas yang secara tidak sengaja melukai kulit. untuk luka bakar yang masih pada tahap permukaan kulit akan mudah untuk di atasi dan di hilangkan jika mengetahui cara mengobati nya dengan baik. jika di istilahkan dalam keadaan medis maka luka yang ada di permukaan kulit merupakan luka yang pada level satu atau level yang ringan.

Pertolongan Pertama Mengobati Luka Bakar
gunanya.com | Pertolongan Pertama Mengobati Luka Bakar

Tetapi walaupun ringan luka bakar apapun akan menyebabkan rasa sakit dan juga bekas yang menghitam ketika sudah sembuh. Untuk mengatasi nya bisa dengan melakukan cara agar luka bakar yang terjadi tidak terlalu parah.

Pertolongan Pertama Mengobati Luka Bakar

Jika ingin mencegah luka bakar yang terjadi di kulit sampai meradang dan parah di kulit sehingga dapat merusak kulit, maka ada yang harus di lakukan pada saat pertama kali kulit terkena luka bakar.

1. Dinginkan luka bakar

Hal yang pertama kali harus di lakukan adalah dengan mendinginkan kulit yang terbakar. Dengan mendinginkan kulit akan mencegah peradangan luka bakar semakin parah hingga menembus lapisan kulit lain. Mendinginkan luka bisa dengan dengan air, atau es batu yang langsung di tempelkan ke kulit. dengan mendinginkan kulit dengan air maka pembakaran kulit akan berhenti. Selain air dan juga es batu,  dengan lidah buaya juga akan lebih baik untuk mendinginkan kulit karena kandungan yang di miliki lidah buaya juga akan menambahkan nutrisi oleh luka bakar pada kulit.

2. Menghilangkan sakit luka bakar

Karena tidak hanya panas saja yang di dapatkan oleh luka bakar, tetapi kulit juga akan merasakan sakit karena permukaan kulit rusak dan terluka oleh panas yang di dapatkan. Dan untuk menghilangkan rasa sakit nya juga sangat mudah untuk di lakukan. Ketika luka sudah dingin, maka bisa mengeringkan luka dengan kain atau tisu, lalu di berikan bawang putih pada luka bakar. Bawang putih ataupun bawang merah sebenarnya bisa di gunakan, karena kedua nya memiliki kandungan yang sama untuk menghilangkan rasa sakit.

Bawang bisa di belah menjadi dua bagian, lalu di tempelkan atau di gosok kan secara perlahan pada luka bakar, sehingga air bawang dapat keluar dan mengobati sakit dari luka bakar. Jika ada cuka juga bisa di gunakan sebagai penghilang rasa sakit, karena dengan menggunakan cuka sama hal nya dengan mengkonsumsi obat penghilang nyeri.

Obat Luka Bakar Alami Ketika Masih Berair

Jika pertolongan pertama untuk luka bakar telah di lakukan, maka cara terakhir yang bisa di lakukan untuk menyembuhkan luka bakar. Menyembuhkan luka bakar yang masih akan keluar air dan memerah bisa dengan menggunakan obat luka bakar alami.

1. Lidah buaya

Lidah buaya masih sangat di butuhkan untuk proses penyembuhan, karena lidah buaya tidak hanya untuk mendinginkan luka saja tetapi juga berfungsi untuk obat luka bakar alami. jika dengan rutin menggunakan lidah buaya yang akan di oleskan ke luka bakat maka lama kelamaan luka bakar akan mengering dan juga bekas nya juga dapat di hilangkan dengan ludah buaya.

2. Kentang

Untuk proses penyembuhan luka bakat juga bisa dengan menggunakan kentang. Karena kentang juga termasuk dalam obat luka bakar alami, yang akan membuat kulit menjadi lebih kering serta dapat menghaluskan dan juga mencerahkan luka bakar yang membuat kuli menjadi lebih besar.

3. Tepung terigu

Jika menggunakan tepung terigu hanya untuk membuat roti, maka kali ini coba untuk membuat obat luka bakar alami dengan menggunakan tepung terigu. Karena tepung terigu akan membantu proses penyembuhan luka bakar yang meradang pada kulit. tepung terigu bisa di berikan sedikit air dan langsung di oleskan ke permukaan kulit yang ada luka bakar.

4. Baking soda

Sama hal nya dengan tepung terigu, bahan kue baking soda bisa menjadi obat luka bakar alami. karena bakteri mudah sekali masuk ke kulit yang luka karena terbuka, dan jika bakteri masuk bisa menyebabkan penyakit tetanus, maka dari itu menggunakan anti bakteri yang di miliki baking soda akan membantu untuk mengatasi luka bakar.

5. Madu

Sama hal nya dengan baking soda yang memiliki kandungan anti bakteri, dengan menggunakan madu juga sama hal nya dengan mengkonsumsi obat antibiotik yang akan mengurangi rasa sakit dan juga mencegah bakteri untuk memasuki tubuh melalui luka bakar. karena madu memang bisa menjadi obat luka bakar alami, yang akan membantu untuk mencegah penyakit tetanus juga akibat bakteri. cukup oleskan dengan tipis tipis pada luka bakar.

6. Minyak levender

Bunga lavender tidak hanya mampu untuk membunuh nyamuk karena di jadikan obat nyamuk. Tetapi minyak lavender yang memiliki aroma bunga yang menyegarkan juga bisa menjadi obat luka bakar alami untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit. minyak levender yang akan di oleskan pada kulit bisa mengatasi luka bakar.

7. Minyak zaitun

Obat luka bakar alami dengan minyak zaitun juga akan mengeringkan luka dan menghilangkan bekas luka bakar. Karena minyak zaitun memang sudah terkena khasiat nya untuk merawat kulit.

8. Cuka

    Obat luka bakar yang lain nya yang bisa di gunakan juga bisa dengan menggunakan cuka, jika kejadian luka terbakar di rumah maka cara yang paling cepat dan mudah untuk pertolongan pertama dengan menggunakan cuka. Cuka dapat di gunakan untuk membasahi kapas, dan kapas yang basah oleh cuka bisa di gunakan untuk di kompres di kulit.

    Related Posts

    Comments
    Silahkan, saya ga nggigit !

    Artikel Update