Penyebab Keputihan yang Tidak Disadari Wanita

Penyebab Keputihan yang Tidak Disadari Wanita

gunanya.com- Keputihan merupakan keadaan dimana organ vagina mengeluarkan cairan, untuk membantu membersihkan tubuh dan membawa kotoran ke luar. Keputihan juga hal yang sangat biasa terjadi pada wanita yang telah mengalami masa menstruasi. Karena sebelum memasuki menstruasi vagina juga akan memberikan tanda atau gejala seperti keputihan. Jika keputihan yang terjadi seperti itu merupakan keadaan keputihan yang normal.

Penyebab Keputihan Yang Tidak Disadari Wanita
gunanya.com | Penyebab Keputihan Yang Tidak Disadari Wanita

Jika keadaan keputihan yang tidak normal maka cairan keputihan yang di keluarkan akan memiliki warna yang berbeda, dan tekstur yang di miliki nya juga akan encer atau cair dalam jumlah yang tidak sedikit. Jika mengalami keadaan keputihan maka sebaik nya segera di periksa ke dokter, untuk memastikan keadaan tubuh ada penyakit atau tidak.

Jenis Keputihan

Keputihan memiliki dua jenis, yaitu yang pertama merupakan keadaan keputihan yang normal dan tidak normal. Dan perbedaan dari kedua nya sebagai berikut:

Keputihan normal

    Keputihan normal merupakan keputihan yang paling umu dialami oleh setiap wanita. keputiahan normal biasa nya akan terjadi pada saat masa subur atau pada saat sedang sebelum kelura nya darah haid. Sehingga keputihan juga biasa di gunakan untuk suatu pengukur terjadi nya haid pada waktu kapan terjadi. Keputihan yang normal tidak memberikan efek yang tidak baik yang di rasakan oleh tubuh. dan tekstur keputihan normal akan sedikit kental dan tidak berbau. Warna dari keputihan yang normal juga akan seperti bening atau seperti putih tetapi tidak pekat.

    Keputihan tidak normal

      Keputihan tidak normal yang merupakan keputihan yang banyak di khawatir kan oleh banyak wanita. karena pada saat keputihan tidak normal, merupakan keadaan tubuh yang atau keadaan vagina yang di infeksi oleh tubuh. sehingga efek nya pada keputihan yang di keluarkan akan memiliki tekstur yang cair atau encer, dan warna nya juga tidak bening. Warna dari keputihan yang tidak normal bisa berupa coklat, hijau, kuning, atau merah seperti bercampur dengan darah.

      Oleh sebab itu keputihan akan berbahaya jika terjadi pada waktu yang lama. Karena infeksi bakteri tidak hanya pada vagina saja, tetapi bagian lain seperti saluran kemih juga bisa terkena bakteri, dan akibat nya akan mengalami infeksi saluran kemih yang akan membuat rasa nyeri pada saat buang air kecil.

      Penyebab Keputihan

      Karena keputihan yang normal terjadi karena proses alami dari tubuh, untuk membantu mengeluarkan kotoran, sehingga aman dan tidak menimbulkan masalah. tetapi jika keputihan yang tidak normal bisa terjadi karena ada faktor yang mempengaruhi nya. dan penyebab dari keputihan yang tidak normal bisa sebagai berikut :

      Gejala penyakit

        Keputihan yang tidak normal tidak hanya terjadi karena oleh bakteri saja. keputihan yang tidak normal bisa suatu gejala penyakit di dalam tubuh sehingga mengeluarkan cairan yang keputihan yang tidak normal. penyakit yang mengeluarkan gejala keputihan tidak normal biasa nya jenis penyakit kelamin.

        Hormon

        Perubahan hormon atau hormon yang tidak seimbang tidak hanya menyebabkan rambut rontok parah saja, tetapi juga bisa menyebabkan keputihan menjadi tidak normal.

        Toilet umum

          Toilet umum dapat menjadi kemungkinan besar untuk penyebab dari keputihan tidak normal dari bakteri. bakteri dari setiap orang yang berbeda bisa berkumpul di toilet umum jika di gunakan atau tersentuh. Akan sangat mudah untuk terinfeksi oleh tubuh jika sedang dalam keadaan kondisi kekebalan tubuh melemah karena tidak bisa melawan bakteri yang masuk dengan baik. oleh sebab itu jika sedang menggunakan toilet umum perhatikan kebersihan nya, dan juga selalu membawa alat semprot yang memiliki fungsi untuk membubuh bakteri agar tidak mudah untuk menginfeksi tubuh.

          Tidak menjaga kebersihan vagina

            Menjaga kebersihan tubuh dengan cara salah atau terlalu jorok sehingga tidak membersihkan nya dengan baik, akan menyebabkan masalah pada tubuh. karena keadaan tubuh yang kotor sangat disukai oleh bakteri sehingga bisa di infeksi bakteri dengan mudah, begitu pun dengan vagina jika tidak di rawat atau tidak di jaga dengan baik kebersihan nya.

            Stress

              Stress juga memicu untuk terjadi nya keputihan tidak normal. karena stress bisa menyebabkan fungsi tubuh mengalami ganggu.

              Penggunaan celana dalam

                Penggunaan celana dalam yang kotor, atau lembab akibat jarang mengganti nya juga dapat memicu untuk terjadi nya keputihan tidak normal.

                Lelah

                  Kondisi tubuh yang menurun akibat terlalu kelelahan dalam beraktifitas juga memungkinkan untuk terjadi nya keputihan tidak normal.

                  Vagina lembab

                    Kelembaban vagina yang terlalu berlebihan juga tidak baik, karena jika terlalu lembab bisa memicu jamur untuk tumbuh, dan jika terlalu kering bisa menyebabkan vagina gatal.

                    Nutrisi Untuk Vagina

                    Untuk memenuhi kebutuhan vagina agar tidak mudah terserang penyakit atau pun keputihan yang tidak normal maka bisa dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup dari kacang kacangan. Kacang kacangan memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk di konsumsi, dan jenis kacang yang paling banyak memberikan nutrisi untuk vagina adalah kacang almond dan juga kacang kedelai.

                    Selain dari kacang, sayuran serta buah juga akan sangat membantu. Konsumsi sayuran hijau lebih banyak selain menambahkan serat untuk tubuh, juga akan membantu untuk menambahkan nutrisi pada vagina. jika jenis buah yang bagus, merupakan buah yang banyak mengandung vitamin c bisa menjadi pilihan yang cocok untuk di konsumsi.

                    Related Posts

                    Comments
                    Silahkan, saya ga nggigit !

                    Artikel Update