Penjelasan Tentang Luka Bakar dan Cara Mengatasi Luka Bakar

Penjelasan Tentang Luka Bakar dan Cara Mengatasi Luka Bakar

gunanya.com- Luka bakar merupakan respons kulit dan jaringan subkutan terhadap trauma suhu/termal. Luka bakar dengan ketebalan parsial merupakan luka bakar yang tidak merusak epitel kulit maupun hanya merusak sebagian dari epitel. Biasanya dapat pulih dengan penanganan konservatif. Luka bakar dengan ketebalan penuh merusak semua sumber-sumber pertumbuhan kembali epitel kulit dan bisa membutuhkan eksisi dan cangkok kulit jika luas.

Penjelasan Tentang Luka Bakar dan Cara Mengatasi Luka Bakar
gunanya.com | Tentang Luka Bakar dan Cara Mengatasi Luka Bakar

Luka Bakar Patofisiologi

Luka bakar adalah kerusakan jaringan karena kontak dengan agens, termal, kimiawi atau listrik. keparahan luka bakar dikaji dengan menentukan kedalaman cedera luka bakar, persentase area permukaan tubuh yag terkena dan keterlibatan bagian tubuh khusus. Ada empat jenis luka bakar, yakni : termal, kimia, listrik dan radioaktif.

Luka Bakar Insidens

  1. Luka bakar adalah penyebab utama kedua dari cedera kecelakaan dan kematian pada anak-anak di bawah usia 14 tahun.
  2. Luka bakar yang disebabkan oleh agens termal adalah luka bakar yang paling sering terjadi dan umumnya terjadi di dapur atau kamar mandi.
  3. Luka bakar karena listrik dan bahan kimia biasanya terjadi pada kelompok anak usia todler.
  4. Tiga perempat dari semua luka bakar diduga dapat dicegah

Akibat Luka Bakar

Luka bakar terbentuk dari beberapa daerah, dimulai dengan daerah koagulasi jaringan pada titik kerusakan maksimal. Mengelilingi daerah koagulasi terdapat daerah statis yang ditandai dengan aliran darah yang cepat dan terdiri dari sel-sel yang masih dapat diselamatkan. Di sekeliling daerah statis terletak daerah hipersemia, tempat sel kurang rusak dan dapat sembuh sempurna.

Luka bakar tidak hanya berpengaruh terhadap kulit dan jarigan subkutis, tetapi juga memiliki efek primer atau sekunder pada setiap sitem tubuh di dekatnya. Beberapa efek ini bersifat sementara dan tidak tampak secara klinik, lainnya bersifat jangka panjang dan jelas terlihat.

Dengan pengeringan atau infeksi, sel pada daerah statis dapat hilang dan luka dengan kedalaman tidak penuh diubah menjadi kedalaman penuh. salah satu tujuan perawatan luka bakar adalah menghindari hilangnya kedua daerah luar ini.

Insidens luka bakar umumnya sering kali terjadi pada pria, oleh karena dominiasi pekerja pria pada industri berat dan kehidupan pria yang berisiko lebih tinggi.

Solusi Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, umumnya mereka yang mengalami luka bakar lebih sering menggunakan obat-obatan yang mudah ditemukan seperti salep, betadine dan obat luka lainnya. Namun, adapula luka yang meninggalkan rasa sakit dan membekas di kulit cukup dalam. Oleh karenanya membutuhkan perawatan dan pengobatan yang lebih serius, misalnya luka akibat kecelakaan, luka akiibat benturan benda keras atau tajam, luka akibat suatu penyakit seperti diabetes mellitus dsb.

Luka bakar yang meninggalkan bekas tentunya membuat tampilan kulit menjadi kurang menarik. Luka yang meninggalkan bekas, umumnya meninggalkan infeksi dan komplikasi luka yang semakin melebar.

Luka bakar yang mengandung kuman, bakteri dan infeksi umumnya berbentuk seperti gelembung yang berisi cairan infeksi dalam luka tersebut, mengakibatkan rasa perih dan nyeri yang cukup menyakitkan.

Luka bakar umumnya mudah disembuhkan dengan menggunakan beberapa jenis obat luka bakar yang banyak dijual bebas di pasaran seperti warung, apotik dll. Namun, adapula luka yang memerlukan perawatan intensif.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update