Masalah Penyebab Keputihan Paling Sering Terjadi

Masalah Penyebab Keputihan Paling Sering Terjadi

gunanya.com- Masalah keputihan dan penyebab yang paling penting diketahui dari keputihan yang tidak normal ialah infeksi. Disini cairan banyak mengandung leukosit dan warnanya agak kekuning-kuningan sampai hijau, seringkali lebih kental dan berbau. Radang pada alat kelamin luar dan dalam dapat menyebabkan keputihan abnormal. Selain itu dapat pula ditemukan pada tumor jinak dan ganas.

Masalah Penyebab Keputihan Paling Sering Terjadi
gunanya.com | Masalah Penyebab Keputihan Paling Sering Terjadi

Dalam bahasa medis keputihan dikenal dengan nama Flour albus atau keukorea. Terjadinya keputihan pada vagina wanita dewasa terdapat bakteri yang baik yang disebut dengan hasil doderlein. Dalam keadaan normal jumlah basil ini cukup dominan dan membuat lingkungan vagina bersifat asam sehingga vagina mempunyai daya proteksi yang cukup kuat. Meski begitu vagina juga mengeluarkan sejumlah cairan yang berguna untuk melindungi diri dari infeksi masalah keputihan.

Masalah Keputihan Keputihan Wanita

Keputihan bagi wanita bisa dianggap sesuatu yang wajar namun bisa juga menjadi sesuatu yang serius. Wajar atau normal bila keputihan itu bening, tidak berbau dan muncul saat masa ovulasi menjelang dan sesudah menstruasi. Selain itu, keputihan normal terjadi saat wanita mengalami rangsangan seks atau birahi, atau bisa juga karena stress, hamil, mengonsumsi obat hormonal atau pil KB dan bisa juga karena menderita penyakit diabetes melitus.

Kenyataannya hampir sebagian besar wanita tua maupun muda bahkan anak-anak bisa mengalami masalah keputihan.

Tanda dan gejala masalah keputihan yang serius

Keputihan menjadi sesuatu yang serius apabila:
  1. Keluar cairannya berlebihan seperti menstruasi
  2. Cairannya kental dan berbau busuk
  3. Berwarna kuning hingga kehijauan
  4. Menimbulkan rasa gatal sekitar vagina
  5. Muncul rasa panas pada vagina

Agar masalah keputihan tidak menimbulkan masalah yang lebih serius, sebaiknya berkonsultasi ke dokter ahli kandungan agar bisa diobati secara medis. Selain obat medis keputihan bisa juga diobati dan dicegah secara alami dengan menggunakan herbal atau tanaman obat, seperti kunci pepet, daun sirih, temu putih, temulawak, daun dewa, pegagan dan mahkota dewa. Sebelum menentukan tanaman mana yang akan digunakan atau mungkin dikombinasikan harus dipastikan dulu penyebabnya lalu berkonsultasi dengan herbalis yang bisa dipercaya.

Cara Mengatasi Keputihan

Bidan sebagai tenaga terlatih di tengah masyarakat dimintai bantuan bila berhadapan dengan kesulitan dalam kesehatan. Masalah utama pada wanita yang mendorong untuk memeriksakan diri adalah keputihan, pendarahan, rasa nyeri, kehamilan, dan benjolan (tumor) pada alat genitalia. Keberadaan bidan bertujuan untuk menyaring berbagai masalah kesehatan, keluarga berencana, dan sebagian pendidik ikut serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Makin tinggi pendidikan masyarakat makin banyak peranan bidan sebagai tenaga terlatih dalam mata rantai pelayanan dan pengayoman medis Sistem Kesehatan Nasional.

Salah satu jenis makanan yang bisa membantu dalam mengatasi masalah keputihan adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Yogurt merupakan salah satu minuman kesehatan dengan kandungan lactobacillus didalamnya yang saat sedang dikonsusmi oleh manusia bisa membuat kadar pH asam pada vagina bisa stabil dan membantu membasmi jamur candida yang sudah terbukti memang membuat area vagina mengalami infeksi. Lactobacillus mempunyai sifat perlindungan pada infeksi dari bakteri mikorba patogen yang penyebabnya adalah akibat dari jamur dan juga kuman. Dan salah satunya adalah jamur Candida. Dan salah satu gejala akibat dari serangan jamur candida adalah mengalami keputihan yang bisa menimbulkan vagina gatal dan bau vagina.

Minumlah yoghurt di pagi hari saat keadaan perut masih dalam keadaan kosong, dan jika perut Anda sudah terisi makanan, maka konsentrasi asam lambung sudah akan semakin meningkat. Peningkatan asam lambung ini pada akhirnya akan menyebabkan bakteri baik malah mati. Anda bisa minum yoghurt polos di pagi hari. Yoghurt merupakan salah satu jenis minuman kesehatan alami yang bisa membantu dalam membatasi aktivitas atau kegiatan dari jamur serta bakteri penyebab penyakit.

Anda bisa memilih jenis yoghurt polos atau plain yang tidak ada kandungan gula atau juga pewarna didalamnya. Sebaiknya pastikan bahwa yoghurt berisi bakteri actobacillus aciddophillus. Bakteri ini merupakan bakteri baik yang berfungsi untuk membantu menghambat perkembangbiakan dari jamur candida, yang merupakan penyebab dari terjadinya keputihan. Sebaiknya hindari juga jenis makanan yang diolah dengan proses fermentasi. Jamur yang menjadi penyebab keputihan akan tumbuh subur jika kita mengonsumsi jenis makanan tadi.

Selain yoghurt, Anda bisa mengonsumsi buah pisang. Untuk mengatasi masalah keputihan, maka konsumsilah 2 buah pisang setiap harinya untuk membantu menghilangkan masalah keputihan secara alami. Dan selain itu juga buah pisang sangat baik dikonsumsi karena bisa menjadi pengganti gula disaat wanita sedang mengalami masalah keputihan. Sangat dianjurkan untuk tidak megonsumsi gula, karena gula bisa mengakibatkan terjadinya pertumbuhan pada jamur yang menjadi penyebab keputihan. Dan kandungan glikemik yang cukup tinggi yang ada didalam buah pisang bisa menggantikan kandungan gula secara sementara yang memang harus dihindari.

Anda bisa mengonsumsi buah pisang secara langsung atau juga menggunakan bubuk pisang yang dikonsumsi sebagai bubur atau juga mengolah pisang menjadi minuman seperti smoothie yang membantu mengatasi keputihan. Namun harus diingat sebaiknya tetap tanpa memasukkan gula ke dalamnya. Dan alternatif yang lainnya adalah Anda bisa mengonsumsi buah cranberry tanpa ditambahkan dengan gula diminum 1 kali sehari.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update