Manfaat Ilalang untuk Kesehatan

Manfaat Ilalang untuk Kesehatan

gunanya.com- Mungkin kita semua pasti mengenal tumbuhan satu ini, Ilalang atau Alang-alang. Rumput ini juga dikenal dengan nama-nama daerah seperti alalang, halalang eurih (Sun), rih (Bat.), jih (Gayo), re (Sas, Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain. Namun untuk bahasa ilmiahnya adalah imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail sumber: wikipedia.org

Manfaat Ilalang untuk Kesehatan
gunanya.com | Manfaat Ilalang untuk Kesehatan

Cara memanfaatkan Ilalang untuk kesehatan

Bagi kita sebagian yang belum mengetahui manfaat dari tumbuhan ini mungkin kita akan merasa risih dan terganggu akan kehadiran tumbuhan liar ini disekitar kita. Tapi setelah baca artikel ini Manfaat Ilalang untuk Kesehatan saya berharap kita akan tahu manfaat luar biasa dari tumbuhan ini untuk kesehatan kita.

Zat yang terkandung pada Ilalang

Tanaman alang-alang kaya akan berbagai macam zat, diantaranya adalah imperanene dan juga graminone B. Zat imperanene merupakan zat yang baik dalam menghambat sel pembekuan darah sehingga jika dikonsumsi maka dapat menurunkan dari resiko penyakit jantung maupun stroke. Selain itu dapat menjaga kesehatan jantung. Kemampuannya dalam menghambat pembekuan sel darah. Sedangkan graminone B sendiri secara efektif dapat mencegah penyempitan pembuluh aorta dalam jantung.

4 Manfaat Ilalang Untuk Kesehatan

Mengobati Hipertensi, Salah satu cara yang bisa kita praktekkan untuk mengatasi dan mengobati hipertensi ini adalah dengan memanfaatkan akar alang-alang. Cara: Ambillah beberapa akar alang-alang lalu cuci sampai bersih. Kemudian rebus ke dalam 3 gelas air, rebus akar alang-alang tersebut sampai mendidih dan tersisa kira-kira 1 gelas saja. Setelah itu dinginkan dan siap untuk dikonsumsi. Untuk menambah selera minumnya kita bisa menambah gula atau sedikit madu.

1. Mengobati Keputihan

Masalah seperti keputihan memang umum dialami oleh wanita, namun jangan salah karena penyakit tersebut bisa sangat berbahaya jika dibiarkan secara terus menerus. Jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya menggunakan alang-alang, cukup dengan merebus akar alang-alang, ditambah daun pepaya dan pulasari, minum air rebusannya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

2. Mengobati Ginjal

Manfaat tanaman alang-alang berikutnya yaitu untuk mengobati penyakit ginjal. Untuk mengobati dan meredakan penyakit ginjal ini, kita bisa memanfaatkan akar alang-alang. Caranya sama seperti nomor 1.

3. Mengobati Panas Dalam

Manfaat alang-alang bagi kesehatan yang paling terkenal adalah untuk mengobati panas dalam. Bahkan sampai saat ini sudah banyak produk minuman penghilang panas dalam yang terbuat atau menambahkan alang-alang ke dalam komposisinya. Dengan begitu berjamurnya produk minuman ekstrak alang-alang ini maka Kamu pun tak perlu repot-repot untuk mengekstrak alang-alang sebelum meminumnya.

4. Mengobati Mimisan

Mimisan atau hidung berdarah dapat diobati dengan alang-alang. Caranya siapkan beberapa helai alang-alang kemudian cuci bersih akar alang-alang, lalu tumbuklah sampai memar dan menjadi berair.Peras sampai hanya tersisa airnya, setelah itu minumlah air sari dari alang-alang segar tersebut.

Sebagai catatan, manfaat alang-alang sebagai obat hanya bisa didapatkan jika cara pengolahan dan kadar yang digunakan tepat. Untuk itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu cara pemanfaatan tanaman ini untuk obat-obatan. Mungkin artikel dengan judul Daun Kelor Untuk Kesehatan Mata, menarik juga untuk di baca.

Demikian manfaat ilalang yang dapat kita gunakan untuk mengobati dan menjaga kesehatan tubuh kita. Dan mudah mudahan kedepannya kita tidak perlu merasa risih kembali akan kehadiran ilalang disekitar kita, namun jika ilalang sudah berlebihan, ada baiknya kita juga dapat mengurangi atau memangkas ilalang tersebut. Karena sifat ilalang yang mudah terbakar, sehingga dapat membahayakan keamanan lingkungan sekitar kita jika terjadi kebakaran.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update