Manfaat Daun Jengkol Bagi Kesehatan Jarang Diketahui

Manfaat Daun Jengkol Bagi Kesehatan Jarang Diketahui

gunanya.com- Sudah pasti kita semua mengenal apa itu jengkol, makanan yang kebanyakan orang berpura-pura membencinya namun sembunyi-sembunyi menikmatinya. Karena memang rasanya yang nikmat bagi kebanyakan manusia khususnya dimuka bumi Indonesia ini. Yang gak suka jengkol memang pasti ada, mungkin salah satu dari anda pasti tidak menyukainya. Tapi saya yakin teman atau pacar atau mantan anda mungkin.. pastilah ada dari salah satu mantan anda yang memang pemuja jengkol.

gunanya.com | Manfaat Daun Jengkol Bagi Kesehatan

Cara Menggunakan Jengkol Untuk Kesehatan Jarang Orang Tahu

Tapi kali ini saya tidak akan membahas buah jengkolnya, namun saya ingin berbagi mengenai Manfaat Daun Jengkol Bagi Kesehatan Yang Banyak Belum Diketahui Orang termasuk mungkin anda yang belum mengetahuinya. Saya perjelas lagi, bahwa saya disini akan membahas Daunnya saja.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh mahasiswi FMIPA Universitas Sriwijaya (2011) didalam jurnal penelitian sains yang dilakukan mengenai isolasi senyawa antibakteri dari daun Jengkol (Pithecolobium lobatum Benth) dan penentuan Konsentrasi Hambat Minimun (KHM)-nya terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Penelitian dilakukan di laboratorium Genetika dan Bioteknologi jurusan Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya. Pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi agar.

Bakteri uji yang digunakan adalah Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Hasil penelitian menunjukkan senyawa antibakteri terdapat didalam fraksi etilasetat, Senyawa antibakteri dalam daun jengkol merupakan senyawa terpenoid mempunyai nilai Rf 0,75 dengan eluen etilasetat n-heksana 8:2. Isolat hasil isolasi disebut dengan isolat E18. Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) isolat E18 terhadap Staphylococcus aureus adalah 160 µg/ml dan terhadap Escherichia coli 200 µg/ml.

Dari penelitian yang dilakukan memang benar bahwa daun jengkol memiliki kandungan atau senyawa kimia yang berfungsi sebagai anti bakteri sama seperti tumbuhan-tumbuhan lainnya yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk sebagai obat trdisional.

Manfaat Daun Jengkol Bagi Kesehatan Yang Banyak Belum Diketahui Orang

Daun jengkol yang baik untuk digunakan pada case ini adalah daun yang berwarna hijau muda dan nampak halus tidak bolong-bolong atau rusak dan halal bukan hasil dari nyolong punya tetangga, atau nyolong punya mantan. Wajib halal dan bersertifikat MUI 100% HALAL, karena sesuatu yang halal pastilah membawa berkah, apalagi ini untuk kesehatan kan? Kalau untuk kesehatan itu, sebaiknya gunakan yg halal, karena menggunakan yg halal saja belum tentu berkhasiat, apalagi haram bisa jadi malah kena azab. Haram yg saya maksud disini adalah "curian" hehehee...

Sedikit pengalaman ketika teman saya mengalami kecelakaan parah pada bagian kaki kanan yang mengakibatkan teman saya harus dirawat di rumah sakit. Karena ada alasan lain akhirnya keluarganya memutuskan untuk rawat jalan saja. Hari demi hari luka pada kaki kiri teman saya semakin parah, yang membuat dia berniat mencoba pengobatan alternatif untuk mengobati lukanya. Setelah itu dia diberikan pengarahan untuk mencari Daun Jengkol sebagai pengobatan pada kakinya.

Daun jengkol yang didapat diulek sampai halus kemudian dicampur dengan madu asli dan setelah ramuan jadi, ramuan tersebut dilumurkan ke kaki yang terluka kemudian dibalut dengan kain kasa. Hanya saja berdasarkan pengakuan dia bahwa rasa yang ditimbulkan terasa sangat perih sekali, selang 3 jam kemudian perban dibuka dan hasilnya ramuan daun jengkol tadi menyerap darah kotor yang menempel pada kaki dan membuat luka dikaki cepat kering. Mungkin artikel dengan judul Obat Sakit Pinggang Menggunakan Bumbu Dapur Dirumah, menarik juga untuk di baca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update