Hal Sepele Penyebab Keputihan Terjadi

Hal Sepele Penyebab Keputihan Terjadi

gunanya.com- Keputihan atau Fluor Albus, sudah banyak menimpa wanita di seluruh dunia Penyebabnya bisa karena infeksi jamur, bakteri, atau virus. Jika keputihan dibiarkan dan sudah menjalar ke daerah saluran kencing, saluran rahim dapat meyebabkan disfungsi seksual pada wanita.

Hal Sepele Penyebab Keputihan Terjadi
gunanya.com | Hal Sepele Penyebab Keputihan Terjadi

Apa itu Keputihan ?

Keputihan yang bukan disebabkan karena penyakit (fisiologis) dapat saja terjadi pada setiap wanita. Dengan ciri – ciri sebagai berikut:

  1. Keluar cairan bening
  2. Tidak berwarna
  3. Tidak menimbulkan aroma tidak sedap, seperti bau anyir / amis
  4. Tidak mnimbulkan rasa gatal, iritasi pada sekitar organ intim wanita
  5. Jumlah cairan yang keluar biasanya sedikit atau cukup banyak
  6. Dapat terjadi sebelum dan sesudah menstruasi
  7. Pada saat gairah seksual ( Libido ) meningkat ( ketika melakukan hubungan seksual )
  8. ketika sedang stress.
  9. Pada remaja wanita biasanya keputihan terjadi pada saat menjelang masa pubertas dan biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.
  10. Tesktur cairan yang keluar berupa gumpalan atau cairan putih bening seperti air
  11. Jika kering tidak menimbulkan bercak pada celana dalam ( berwarna kuning )
  12. Dalam masa subur ( ovulasi )
  13. Pada remaja ketika mengalami menstruasi kali pertama

Penyebab Keputihan

Hal-Hal Yang Menyebabkan Bakteri Atau Jamur Mudah Masuk Ke Dalam Vagina dan menjadi Penyebab Keputihan Terjadi adalah:

1. Kurang bersih

Menjaga kebersihan setelah buag air kecil atau besar sangat penting. Bersihkan vagina dengan cairan khusus dengan kadar keasaman yang sama dengan vagina. Jangan bersihkan dengan sabun mandi biasa, karena tingkat keasamannya tinggi, dan dapat membuat bakteri baik pada vagina mati.

2. Pakaian dalam lembab

Pakaian dalam yang lembab dapat menghantar bakteri dan jamur hinggap pada sekitar dinding vagina, maka bakteri dan jamur pun akan bersinggungan dengan vagina. Jangan memakai celana dalam dari bahan nilon (yang mengandung karet), karena tidak dapat menyerap keringat di daerah genital. Pakai pakaian dalam dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik.

3. Tidak Segera Membersihkan Organ Vital Setelah Berhubungan

Membersikan organ intim dengan segera setelah melakukan aktivitas seksual, guna menghindari organ kewanitaan dari bahaya bakteri, jamur yang mungkin terbawa pada sperma pasangan anda dan segeralah buang air kecil dan membersihkannya dengan air, lalu keringkan hingga tidak lembab.

4. Memakai celana ketat

Penyebab Keputihan Terjadi akibat Celana panjang ketat, seperti jins, dapat menghambat sirkulasi darah di daerah vagina, perut, dan selangkangan. Penyebab Keputihan Terjadi juga akan memicu sekresi (pengeluaran cairan) berlebih karena terhambatnya peredaran darah.

Obat Keputihan Alami

Beberapa obat keputihan alami yang bisa Anda buat sendiri dirumah adalah:

  1. Daun sirih
    Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan membantu mengatasi keputihan. Kandungan yang ada di dalamnya sangat banyak yang bisa membantu mematikan bakteri, jamur dan juga kuman yang menjadi penyebab keputihan terjadi. Beberapa kandungan yang paling utama didalamnya adalah kandungan minyak atsiri, zat antiseptik alami, dan zat samak. Yang secara menyeluruh adalah kombinasi dari obat alami keputihan yang sangat efektif. Untuk membuat ramuan alami ini maka Anda hanya cukup mengambil 10 lembar daun sirih dan direbus dengan menggunakan 2,5 liter air sampai kemudian mendidih. Jika air sudah mendidih, kemudian diamkanlah sampai benar-benar dingin. Dan jika suda, maka gunankanlah ramuan tadi untuk membersihkan vagina sampai bersih. Lakukanlah cara tersebut dengan teratur setiap harinya agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

  2. Tapak liman
    Tapak liman merupakan salah satu obat keputihan alami selain dari daun sirih. Manfaat dari tapak liman sangat berguna untuk membantu mengatasi keputihan dengan cara yang lebih alami dan tidak ada efek samping. Untuk mendapatkannya anda bisa menemukannya dipinggir jalan, hutam, atau tempat lain sebagainya.
  3. Delima kering
    Obat keputihan yang lainnya adalah delima kering. Ambillah 30 gram kulit deliima kering dan juga 30 gram sambiloto yang direbus terlebih dahulu dengan menggunakan 600 cc air sampai yang tersisa hanyalah setenganya saja. Setelah itu minumlah airnya selagi masih hangat. Cara minumnya adalah diminum 2 kali sehari dengan teratur.

  4. Lidah buaya
    Tanaman lidah buaya yang digunakan secukupnya dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu kemudian setelah itu dimiinum dan direbus dengan menggunakan 30 gram sambiloto dan air secukupnya saja. Kemudian setelah itu, airnya tadi diminum masih hangat. Cara minumnya 2 kali sehari.

  5. Sambiloto dan daun jengger ayam
    Obat keputihan alami lainnya adalah sambiloto dan daun jengger ayam. Anda bisa merebus 3 gelas air dengan 15 gram bunga jengger ayam kering, dan 10 gram sambiloto kering serta 10 lembar daun iler yang masih segar sampai yang tersisa adalah 1 gelas saja. Dan jika sudah dingin maka saringlah. Lidah buaya hanya cukup dikupas kulitnya setelah itu dagingnya di jus, kemudian direbus dengan menggunakan 30 gram sambiloto dan juga daun sirih dengan menggunakan air secukupnya saja. Jika sudah mendidih, maka Anda bisa menggunakan ramuan tadi untuk membilas vagina dalam keadaan masih hangat. Pemakaian yang dilakukan adalah 2 kali dalam sehari.
Itulah beberapa hal sepele yang sering terjadi yang menyebabkan keputihan muncul, dan sering diabaikan oleh para wanita. Mulai sekarang cobalah untuk lebih menjaga kesehatan dan lebih memperhatikan hal-hal sepele.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update