Gejala Dan Tips Obat Luka Bakar

Gejala Dan Tips Obat Luka Bakar

gunanya.com- Orang yang mengalami luka bakar pastinya adalah sesuatu yang tidak sangat diinginkan oleh nya yang dapat terjadi secara tiba tiba. Seringkali orang yang mengalami luka bakar kecil dirumah, terutama ketika masak didapur yang tanpa disengaja terkena air panas atau minyak yang mendidih.

Gejala Luka Bakar

Tingkat keparahan yang sangat tergantung pada ketebalan kulit terbakar. Gejala luka bakar yang umumnya terjadi, seperti kulit yang memerah, melepuh, mengelupas, membengkak dan hangus. Rasa sakit yang terjadi tidak selalu berkaitan dengan tingkat keparahan luka bakarnya.

Gejala Dan Tips Obat Luka Bakar
gunanya.com | Gejala dan Tips Obat Luka Bakar

Berikut ini adalah pengelompokkan luka bakar sesuai dengan tingkat keparahannya:

  1. Luka bakar tingkat satu. Luka bakar jenis ini yang biasanya hanya dipengaruhi pada lapisan luar atau epidermis. Kulit akan memerah dan sedikit membengkak. Luka akan terasa sakit, tapi yang biasanya tidak melepuh. Luka ini sangat cukup ringan dan bisa ditangani dengan pertolongan pertama, serta akan sembuh dalam beberapa hari.

  2. Luka bakar pada tingkat kedua. Luka bakar ini bisa saja mempengaruhi epidermis dan demis. Kulit yang terbakar akan sangat terlihat berwarna merah, bisa berair dan melepuh. Luka bakar tingkat dua akan terasa sangat sakit dan jika lukanya cukup dalam, dan dapat menimbulkan bekas luka pada kulit.

  3. Luka bakar tingkat ketiga. Luka bakar yang mempengaruhi pada lapisan hipodermis. Yang biasanya luka bakar tingkat tiga berwarna putih pucat atau hitam akibat terbakar, dan dapat melepuh. Kulit sekitar akan kering dan berwarna putih, hitam ataupun cokelat. Luka ini yang bisa terasa sakit sekali atau matti rasa jika syaraf kulit telah hancur.

  4. Luka bakar tingkat empat. Ini jenis luka bakar yang paling parah. Luka bakar yang terjadi akan mempengaruhi seluruh lapisan kulit dari epidermis hingga hipodermis dan bahkan bisa sampai merusak otot serta tulang dibawah kulit. Pada tahap ini, kulit yang sudah terbakar habis, syaraf dibalik kulit akan sangat terlihat putih atau menghitam hingga hangus. Jika syaraf sudah rusak anda mungkin tidak akan merasakan sakitnya.

Yang biasanya luka pada tingkat satu, pertolongan bisa saja dilakukan sendiri tanpa memerlukan pengobatan dokter. Tapi jika luka bakar akan bertambah parah dan mengeluarkan makin banyak cairan, segera hubungi dokter. Atau jika luka bakar tidak membaik sama sekali setelah beberapa minggu atau akan muncul gejala lain, periksakan diri pada dokter.

Luka bakar yang disebabkan bahan kimia, listrik, dan luka bakar tingkat dua yang berdampak kepada tangan, kaki, wajah, alat kelamin, bokong, dan persendian, perlu dianggap sebagai kondisi darurat. Penderita yang mengalami kesulitan bernapas juga perlu dibawa ke dokter.

Tips Obat Luka Bakar

Hal ini yang paling utama dalam menyembuhkan luka bakar yang terletak pada pengambilan tindakan yang cepat dan tepat sesaat setelah terjadinya kontak langsung. Namun, yang tidak banyak orang yang mengetahui tindakan apa yang seharusnya dilakukan serta tips obat luka bakar yang harus digunakan dalam membantu mereka untuk cara mencegah intensitas luka bakar dan kerusakan yang ditimbulkannya. Ketika sesuatu saat hal tersebut yang menimpa anda atau mungkin pada buah hati anda, maka tetaplah tenang dan jangan panik, karena sebenarnya solusi untuk mengatasinya mudah saja ditemukan disekitar anda. Tindakan yang cepat dengan tips obat luka bakar tradisional yang sangat efektif dan dapat menolong anda.

  • Madu, Obat Luka Bakar

Manfaat madu yang sangat banyak menjadikan juga sebagai tips obat luka bakar. Madu yang mengandung zat antiseptik dapat menyembuhkan luka bakar ringan seperti terkena knalpot, minyak/air panas. Madu akan meminimalisir rasa terbakar dan bekas luka dalam beberapa hari. Cara penggunaannya mudah yaitu cukup mengoleskan madu pada bagian yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat agar zat dari madu meresap ke kulit.

  • Lidah buaya, Obat Luka Bakar

Lidah buaya atau yang bernama latin aloe vera ini bisa dengan tips obat luka bakar. Caranya cukup dengan mematahkan lidah buaya, dibagian yang keluar getah dioleskan ke luka bakar. Lakukan cara tersebut secara terus menerus sampai luka mengering. Getah lidah buaya berfungsi mendinginkan lupa dan mempercepat proses pemulihan jaringan kulit.

  • Lavender, Obat Luka Bakar

Sejatinya lavender adalah tumbuhan liar yang tumbuh di semak semak. Selain terkenal dengan manfaatnya mengusir nyamuk, lavender juga bisa tips obat luka bakar. Untuk penyembuhan luka bakar, gunakan lavender yang sudah di olah menjadi minyak lavender. Campurkan minyak lavender dengan lidah buaya lalu oleskan ke luka bakar. Jika anda tidak mempunyai minyak lavender, anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

  • Kulit pisang, Obat Luka Bakar

Seringkali kita menyepelekan kulit pisang karena merasa tidak ada gunanya. Tapi kulit pisang itu memiliki manfaat untuk tips obat luka bakar. Kulit pisang bagian dalam di oleskan lembut ke bagian luka bakar. Disarankan kulit pisang dioleskan ke luka sampai kulit pisang berwarna hitam agar pemaksimalan zat yang terkandung bekerja sempurna.

  • Cuka, Obat Luka Bakar

Cuka bisa dibilang merupakan senyawa kimia organik yang berguna tips obat luka bakar. Basahi kapas atau kain dengan cuka, kemudian kompres luka bakar itu. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakitnya meningkat.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update