Gejala dan Penyebab Terjadinya Nyeri Tumit Kaki

Gejala dan Penyebab Terjadinya Nyeri Tumit Kaki

gunanya.com- Nyeri pada tumit kaki merupakan sebuah kondisi yang umum, dimana penderita merasakan rasa nyeri saat berat badan bertumpu pada salah satu atau kedua tumit ketikan sedang berjalan atau berdiri. Penyakit atau sakit tumit adalah kondisi yang umum atau sering terjadi pada kalangan masyarakat, dimana 1 dari 10 orang dapat diperkirakan pernah mengalami masalah pada tumit (SAKIT PADA BAGIAN TUMIT) setidaknya 1-2 kali seumur hidupnya.

Penyebab Terjadinya Nyeri Tumit Kaki
gunanya.com | Penyebab Terjadinya Nyeri Tumit Kaki

Biasanya penderita sakit tumit akan berjalan dengan cara yang tidak normal, karena untuk menghindari rasa sakit pada tumit, nyeri yang di rasakan umumnya ketika pertama kali bangun tidur di pagi hari atau ketika berdiri yang cukup lama, dan rasa nyeri sakit tumit akan bertambah parah ketika berjalan atau berdiri terlalu lama. Menurut dr.Laura Djuriantina, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi RS Pondok Indah Jakarta, plantar fasciitis disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain banyak melakukan aktivitas yang bertumpu pada tumit, misalnya berlari jarak jauh, menari balet, atau aerobik.

Gejala dan Penyebab Seringnya Nyeri Tumit Kaki

Terjadinya atau timbulnya rasa sakit pada tumit bisanya disebabkan oleh sejumlah kondisi, termasuk cedera dan kelainan tulang, otot, tendon, dan saraf dari kaki, rasa sakit dan nyeri dapat di rasakan baik di bawah tumit atau di belakang tumit, gejala seperti ini dapat terjadi secara tiba–tiba serta dapat mengancam kelangsungan hidup anda, rasa sakit pada tumit dapat melemahkan syaraf atau otot pada bagian kaki jika tpidak segera di tangan dengan baik dan tepat.

Berikut Adalah Gejala dan Penyebab Utama Terjadinya Nyeri Tumit Kaki:

  1. Bursitis dari tumit, atau peradangan pada kantung berisi cairan tumit biasanya disebabkan tekanan yang menetap karena pemakaian sepatu yang tidak sesuai.
  2. Perkembangan tonjolan tumit, atau tonjolan tulang dari tumit, yang biasanya disebabkan oleh peradangan berkepanjangan (kronis) pada daerah dimana jaringan lunak terikat pada tulang.
  3. Nyeri pergelangan dan terkilir (keseleo), yang merupakan cedera pada ligamen dan otot, atau masing-masing.
  4. Fraktur kalkaneus, atau retak tulang tumit. Fraktur kalkaneus biasanya disebabkan oleh cedera berdampak tinggi pada kaki, seperti yang dialami pada kecelakaan berkendara atau jatuh.
  5. Sindroma Tarsal Tunnel atau penekanan saraf kaki, khususnya, saraf tibialis , yang membawa rasa dari tumit.
  6. Neuropati perifer, yang umum ditemukan pada penderita diabetes, menyebabkan mati rasa dan nyeri di kaki dan tumit.
  7. Infeksi tulang atau osteomyelitis.
  8. Penyakit Severs , yang disebabkan karena trauma berulang pada pertumbuhan plat calcaneus dan umum terjadi pada atlet anak-anak.

Diagnosis Nyeri Tumit

Beberapa langkah yang dapat dilakukan dokter untuk mendiagnosis penyebab nyeri tumit adalah: Pemeriksaan fisik, Pencitraan (sinar-X, MRI scan, atau ultrasounografi) untuk melihat seberapa jauh kerusakan serta penyebab dari nyeri tumit, Pemeriksaan darah, untuk melihat tanda-tanda infeksi dan peradangan.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update