Fase Luka Bakar Dalam Lingkup Medis

Fase Luka Bakar Dalam Lingkup Medis

gunanya.com- Luka bakar adalah suatu trauma yang disebabkan oleh panas, arus listrik, bahan kimia dan petir yang mengenai kulit, mukosa dan jaringan yang lebih dalam.

Fase Luka Bakar Dalam Lingkup Medis
gunanya.com | Fase Luka Bakar Dalam Lingkup Medis

Fase Luka Bakar Dalam Lingkup Medis dan Pengobatannya

1. Fase Akut

Disebut fase awal atau fase syok. Dalam fase awal penderita akan mengalami ancaman gangguan airway (jalan nafas), brething (mekanisme bernafas), dan circulation (sirkulasi). Gangguan airway tidak hanya dapat terjadi segera atau beberapa saat setelah terbakar, namun masih dapat terjadi obstruksi saluran pernafasan akibat cedera inhalasi dalam 48-72 jam pasca trauma. Cedera inhalasi adalah penyebab kematian utama penderiat pada fase akut.

Pada fase akut sering terjadi gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit akibat cedera termal yang berdampak sistemik.

2. Fase Sub Akut

Berlangsung setelah fase syok teratasi. Masalah yang terjadi adalah kerusakan atau kehilangan jaringan akibat kontak dengan sumber panas. Luka yang terjadi menyebabkan:

Proses inflamasi dan infeksi, problem penutupan luka dengan titik perhatian pada luka telanjang atau tidak berbaju epitel luas dan atau pada struktur atau organ – organ fungsional.

Keadaan hipermetabolisme.

3. Fase Lanjut

Fase lanjut akan berlangsung hingga terjadinya maturasi parut akibat luka dan pemulihan fungsi organ-organ fungsional. Problem yang muncul pada fase ini adalah penyulit berupa parut yang hipertropik, kleoid, gangguan pigmentasi, deformitas dan kontraktur.

Cara Pengobatan Luka Bakar

1. Minyak lavender

Dapat menggunakan minyak lavender pada daerah yang sakit untuk membantu menyembuhkan luka bakar dan mengurangi rasa sakit.

2. Cuka & Madu

Cuka juga dapat membantu mengobati luka bakar. Jika tidak ada cuka, madu juga dapat digunakan.

3. Getah lidah buaya

Getah daun lidah buaya segar adalah cara efektig untuk mengatasi luka bakar.

4. Kompres teh hangat

Dapat juga menerapkan kompres yang direndam dalam teh hangat. Pastikan meletakannya di kulit terbakar dengan benar.

5. Echinacea

Echinacea sangat efektif karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berfungsi untuk memperbaiki kulit serta untuk memerangi infeksi.

6. Ramuan gotu kala

Gotu Kola adalah ramuan lain yang dapat bermanfaat bagi luka bakar. Ia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka bakar secara efektif.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update