Cara Menghilangkan Keputihan Gatal dan Bau

Cara Menghilangkan Keputihan Gatal dan Bau

gunanya.com- Keputihan gatal dan bau, apakah Anda mengalami keputihan disertai dengan rasa gatal? Ya keputihan sebenarnya bukanlah suatu penyakit, namun sebagai bentuk akibat infeksi di organ kewanitaan, dan dibagian dalam serta bagian luar. Infeksi ini biasanya terjadi akbat adanya serangan jamur atau juga akibat virus dan bakteri.

Cara Menghilangkan Keputihan Gatal dan Bau
gunanya.com | Cara Menghilangkan Keputihan Gatal dan Bau

Meskipun tidak berbahaya seperti penyakit kanker rahim, keputihan adalah suatu hal yang sangat menggangu apalagi jika sampai menimbulkan rasa gatal pada daerah kewanitaan. Jika saat ini Anda sedang mengalami keputihan karena rasa gatal disertai bau, maka sebaiknya lakukanlah cara mengatasi keputihan dengan cara alami.

Cara Mengatasi Keputihan Gatal dan Bau

Dibawah ini merupakan tips untuk mengatasinya:
  1. Menjaga kebersihan organ vagina
    Pakaian dalam adalah salah satu hal yang mesti dijaga kebersihannya supaya tetap dalam keadaan bersih dan nyaman. Sebaiknya gunakanlah pakaian dalam dengan bahan yang terbuat dari jenis bahan nyaman dan bisa menyerap keringat dengan baik. jika memang diperlukan, hindarilah penggunaan dari pantyliner untuk membuat vagina bernapas lebih baik.

  2. Bersihkanlah vagina namun jangan terlalu sering
    Vagina harus tetap dalam keadaan bersih. Entah dengan cara membersihkan bulu pubis atau juga dengan cara membasuhnya menggunakan pembersih vagina atau juga dengan air daun sirih. Tetapi yang penting adalah bahwa sesungguhnya membersihkan vagina tidak harus dilakukan setiap hari. Karena pada dasarnya vagina dapat membersihkan sendiri dirinya, dan selain itu untuk menjaga keasaman dari vagina agar selalu terjaga dengan baik.

  3. Jangan menggunakan bedak
    Ada beberapa wanita yang menggunakan bedak untuk ditaruh diselangkangannya atau juga pada daerah lipatan untuk bisa mengurangi rasa gerah dan terjadinya gesekan kulit. Dan sebisa mungkin sebaiknya hindarilah pemakaian bedak karena akan menyebabkan vagina menjadi terganggu. Sebaiknya pilihlah jenis pakaian dari bahan yang lebih nyaman untuk bagian bawah tubuh Anda saja.

  4. Jangan terlalu makan makanan manis
    Mengurangi mengonsumsi makanan manis karena dapat membuat keputihan gatal akan semakin parah. Makanan pahit atau juga makanan alami seperti buah dan sayuran malah lebih baik dalam membantu menjaga vagina Anda agar terbebas dari masalah keputihan.

  5. Menjauhi stress
    sebisa mungkin Anda melakukan cara mengatasi stress yang baik. karena salah satu penyebab dari keputihan.

Jika masalah keputihan yang Anda alami sudah semakin berat dan berlarut-larut, maka kemungkinan berisiko mengganggu kesuburan bisa saja terjadi.

Masalah keputihan gatal dan bau dapat Anda atasi dengan cara menggunakan ramuan tradisional seperti dibawah ini:

  1. Daun bluntas
    Ambillah daun bluntas 10 lembar, dan sepotong kayu rapet dengan ukuran 5-6 cm. kayu rapet Anda pilih sejenis pulasan. Dan 1 batang temu kunci, kunir seppotong ujung kelingking, temulawak sepotong besar jari kelingking. Cara membuat ramuan ini adalah simpanlah semua bahan-bahan ramuan tradisional alami ini dikeranjang. Dan setelah itu di iris tipis-tipis temu kunci dan temulawaknya.

    Begitu juga dengan kunir di iris menjadi beberapa potong tipis, bersamaan dengan daun bluntas, masukkanlah ke dalam panci yang sudah di isi dengan 2 mangkuk air bersih, kemudian direbus sampai mendidih dan tunggulah sampai air kemudian menyusut menjadi 1/3 mangkuk, angkatlah. Ambillah air rebusan tadi dan sebaiknya minumlah selagi ramuan masih hangat. Minumlah ramuan obat keputihan gatal dan bau tadi dengan teratur, lakukan selama 10 hari, keputihan ini dapat sembuh dan lenyap.

  2. Daun sirih
    Daun sirih adalah salah satu obat keputihan gatal yang dikenal ampuh dalam mengatasi keputihan. Kandungan antibiotik alami didalamnya sehingga akan embantu membersihkan organ kewanitaan dari masalah keputihan gatal dan bau. Kemampuanya yang sangat baik dalam membantu menghilangkan kuman serta jamur penyebab gatal vagina. Cara alami membuatnya adalah Anda bisa mengambil 10 lembar daun sirih, dan kemudian direndam ke dalam air. Air rendaman daun sirih tadi digunakan sebagai obat untuk cebok membersihkan organ vagina. Lakukanlah cara ini dengan teratur.

  3. Akar Bayam
    Selain menggunakan daun sirih, Anda juga dapat menggunakan akar bayam yang berguna sebagai obat antibbakteri alami dan juga dapat membantu untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi didalam vagina. Dan selain itu juga cara penggunaanya terbilang tidak sulit karena Anda cukup membuatnya menjadi jus dan minuman untuk dikonsumsi 2 kali sehari.

  4. Bawang putih
    Anda bisa menjadikan bawang putih sebagai obat keputihan gatal dan bau. Anda hanya membuthkan 1 siung bawang putih, setelah itu kupas dan kemudian dibersihkan. Potonglah menjadi dua bagian. Dan disiaat anda hendak tidur di malam harimaka letakkanlah potongan dari bawang putih tadi diatas vagina, dan jangan dimasukkan ke dalamnya. Kemudian didiamkan sampai pagi.

Itulah beberapa cara untuk membantu mengatasi masalah keputihan gatal dan bau di vagina. Jangan sampai kondisi semakin bertambah hanya karena keputihan yang tidak normal. Selain dengan menggunakan ramuan diatas, maka yang harus dilakukan seperti yang sudah dijelaskan diatas adalah mengganti celana dalam setiap harinya. Bukan cuma digunakan saat setelah mandi saja, namun juga disaat Anda merasa tidak nyaman lagi, sehingga daerah kewanitaan Anda terasa tidak lembab.

Itulah informasi mengenai Keputihan gatal dan bau, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update