Cara Mencegah Luka Bakar Akibat Matahari

Cara Mencegah Luka Bakar Akibat Matahari

gunanya.com- Kulit yang tidak terlindungi akan terkontak langsung dengan sinar ultraviolet dari matahari pada hari-hari yang terik maupun mendung. Kontak yang berulang-ulang dengan sinar matahari menyebabkan penuaan diri dari kulit dan menimbulkan perubahan yang bisa memungkinkan terjadinya kanker kulit di kemudian hari. Kulit bisa rusak oleh sinar ultraviolet terlepas dari apakah sinar ini membakar atau hanya mewarnai kulit dan bahaya dari kontak hanya mewarnai kulit dan bahaya dari kontak dengan kulit yang tidak dilindungi atau kurang dilindungi ini bersifat kumulatif.

Luka Bakar Akibat Matahari
gunanya.com | Cara Mencegah Luka Bakar Akibat Matahari

Luka bakar matahari yang ringan biasanya adalah luka bakar permukaan (derajat satu) yang merah, nyeri dan nyeri bila disentuh. Luka ini bisa menjadi lebih parah sejalan dengan berjalannya hari, bahkan berjam-jam sesudah anak masuk ke rumah. Luka bakar matahari yang lebih serius adalah luka bakar ketebalan sebagian (derajat dua) yang ditandai dengan kulit menggelembung berisi air, menggigil, mual dan sangat nyeri sehingga anak tidak mau mengenakan pakaian pada area luka.

Langkah Mencegah Luka Bakar Akibat Matahari Saat Beraktifitas

Perlindungan kulit terhadap sinar matahari adalah tindakan pokok untuk menghindari luka bakar sinar matahari, khususnya sekarang ini dan untuk melindungi dari kerusakan jangka panjang yang bisa timbul dari kontak bertahun-tahun dengan sinar ultraviolet, adalah dengan cara:

  • Batasi kontak langsung dengan sinar matahari pada jam 11 pagi sampai 3 siang.
  • Gunakan tabir surya dengan faktor perlindungan paling sedikit SPF 30, terlepas dari kemampuan kulit untuk menjadi berwarna cokelat. Angka SPF menunjukkan jumlah perlindungan yang disediakan oleh produk bersangkutan. Semakin tinggi angkanya, semakin besar perlindungannya.
  • Pilh tabir surya yang menghambat sinar ultravolet A dan B
  • Oksida seng yang digunakan pada beberapa produk tabir surya meningkatkan efektivitas produk dan ketahanan terhadap air
  • Oelskan tabir surya pada area tubuh yang terbuka misalnya wajah, punggung, leher, pundak belakang, lutut, dan punggung kaki. sering-seringlah megoles ulang area tersebut. Produk yang menyatakan diri tahan air sebenarnya bisa tercuci oleh air atau keringat. Jangan mengoleskan tabir surya pada area ruam atau luka terbuka.
  • Oleskan tabir surya ½ jam sebelum pergi keluar
  • Pantulan sinar ultraviolet dari air di kolam, danau, laut atau dari pasir pantai meningkatkan intensitas sinar matahari. Di lokasi ini kenakan pelindung, misalnya kaus, topi dan payung.
  • Cara meredakan gejala luka bakar

    Untuk membantu meredakan gejala luka bakar, gunakan air dingin dan berikan obat pereda nyeri (analgetika) ringan, misalnya jenis asetaminofen. Salep luka bakar sinar matahari yang dijual bebas bisa dioleskan pada kulit yang tidak menggelembung sesudah 24 jam pertama. Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan anak jika anak mengalami gejala dari luka bakar yang lebih serius.

    Related Posts

    Comments
    Silahkan, saya ga nggigit !

    Artikel Update