Bahan Alami Untuk Obat Luka Bakar

Bahan Alami Untuk Obat Luka Bakar

gunanya.com- Kulit bagian yang paling penting karena kulit lah yang melindungi seluruh tubuh dengan membalutnya. Kulit bagian kulit yang paling luar sehingga paling sering mengalami masalah terutama luka. Setiap orang pasti pernah memiliki luka dimana ada kerusakan pada kulit. Kulit memiliki beberapa lapis untuk melindungi kulit sehingga jika ada banyak lapisan kulit yang terluka maka bisa menyebabkan luka lama sembuh.

Bahan Alami Untuk Obat Luka Bakar
gunanya.com | Bahan Alami Untuk Obat Luka Bakar

Ada banyak jenis luka yang bisa di miliki oleh kulit, untuk yang paling ringan saja goresan sedikit. lapisan kulit paling atas bisa robek atau terluka sedikit karena goresan benda tajam, jika goresan semakin dalam maka luka pada kulit juga bisa semakin parah. ada pun jenis luka yang juga cukup sering dialami yaitu luka bakar. Luka bakar termasuk yang paling sering karena ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan luka bakar. Kulit memang rentan rusak ketika terkena panas maka dari itu efeknya bisa menyebabkan luka bakar. Ada pun juga obat luka bakar yang alami agar bisa membantu untuk menyembuhkan luka pada kulit.

Penyebab Terjadinya Luka Bakar Di Kulit

Luka bakar bisa terjadi karena banyak hal maka dari itu perlu sekali mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kulit terbakar dan menjadikan luka. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan luka bakar:

  • Kulit bisa terbakar secara langsung atau pun tidak langsung. Terbakar langsung bisa dikarenakan api yang mengenai kulit secara langsung suhu panas pada kulit dari api lah yang menyebabkan kerusakan pada kulit. bukan hanya api secara langsung saja tetapi benda yang panas pun juga bisa menyebabkan luka bakar apabila menyentuh kulit secara langsung.

  • Api yang menyebabkan luka bakar juga bisa berasal dari listrik. Listrik bisa berasal dari petir dan sangat bahaya sekali jika terkena sambaran petir yang menyebabkan luka bakar yang sangat parah bahkan juga bisa menyebabkan kematian.

  • Luka bakar juga bisa dialami karena suhu dingin. Kulit yang terdapat luka bakar juga bisa dikarenakan oleh paparan suhu dingin. Karena memang bukan hanya karena suhu panas saja tetapi juga bisa disebabkan oleh suhu dingin. Jadi jangan anggap remeh suhu dingin juga baik terkena air dingin, angin atau pun kondisi dingin yang lainnya pun juga bisa menyebabkan luka bakar.

  • Paparan sinar matahari juga salah satu faktor penyebab luka bakar. Sinar matahari jika terkena kulit secara langsung pada siang hari tidak bagus bukan hanya sekedar menyebabkan kulit jadi lebih gelap saja tetapi juga bisa menyebabkan luka bakar juga karena panas matahari.

  • Panas yang bisa menyebabkan luka bakar pun bisa terjadi karena disebabkan oleh gesekan kulit dengan benda. Gesekan pun juga bisa menghasilkan panas jadi apabila gesekan terjadi pada kulit juga akan membakar kulit. biasanya gesekan ini bisa terjadi karena terjatuh.

  • Bahan kimia juga bisa menyebabkan luka bakar. Hati hati dengan bahan kimia rumah tangga karena efeknya bisa menyebabkan luka bakar.

4 Bahan Alami Untuk Obat Luka Bakar

Luka bakar memiliki tingkat keparahan yang berbeda beda semakin dalam luka bakar semakin parah. kondisi yang dialami pada kulit akan nyeri atau perih akibat terkena luka bakar, kulit bisa mengelupas dan juga akan memerah akibat luka bakar. Bahkan luka bakar bisa menyebabkan kulit akan membengkak dan biasanya akibat luka bakar akan menghitam atau gosong. Luka bakar bisa sembuh dengan sendirinya karena tubuh memang bisa menyembuhkan diri sendiri tetapi membutuhkan waktu yang lama maka dari itu ada obat luka bakar yang alami untuk mengobatinya. Berikut obat luka bakar yang alami :

1. Obat luka bakar alami dari cuka

Wanita paling sering mengalami luka bakar di dapur pada saat memasak seperti terkena air panas, minyak panas atau pun benda yang panas sehingga jadi luka. Maka dari itu di saat kondisi seperti ini bisa diatasi dengan cuka sebagai obat luka bakar yang alami. basahi kapas dengan cuka dan kompres di bagian luka. Akan lebih baik lagi jika menggunakan cuka apel.

2. Obat luka bakar alami dari kunyit

Bahan alami yang mudah ditemui di rumah untuk mengobati luka bakar adalah kunyit. Gunakan obat luka bakar yang alami dari kunyit ketika ada luka bakar karena kandungan yang ada di dalam kunyit bagus untuk mengobati luka. Tumbuk kunyit dan kompres pada luka bakar agar bisa di resap oleh kulit agar luka bisa cepat sembuh.

3. Obat luka bakar alami dari madu

Madu juga salah satu bahan alami yang bagus untuk mengobati luka bahkan bisa di jadikan antibiotik alami. oleskan kulit yang memiliki luka oleh madu agar cepat mengering dan bisa sembuh lebih cepat.

4. Obat luka bakar alami dari lidah buaya

Lidah buaya juga salah satu bahan alami yang bisa di jadikan obat luka bakar yang alami. lidah buaya akan mendinginkan luka bakar sehingga mengurangi rasa nyeri akibat luka bakar dan juga bisa mengering bahkan lidah buaya bisa membantu menghilangkan bekas luka.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update