Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Perawatannya

Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Perawatannya

Perkembangan Bayi 4 Bulan
gunanya.com | Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Perawatannya

gunanya.com- Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan bayi 4 bulan menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Bahkan pada usia-usia ini, Anda pasti akan semakin menyadari bahwa buah hati Anda sudah semakin besar dan mengalami tumbuh kembang. Banyak sekali perubahan yang sudah dialami si bayi, mulai dari perubahan fisik hingga perubahan emosional yang mungkin sudah semakin peka. Saat menginjak usia 4 bulan, buah hati Anda akan lebih jelas saat mengeluarkan suaranya. Terutama bayi akan lebih sering tertawa jika melihat suatu hal yang dianggapnya lucu.

Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan dan Bagaimana Merawatnya dengan Baik

Banyak sekali perkembangan yang dialami oleh anak Anda ketika berusia 4 bulan. Dan sebagai orang tua sudah seharusnya Anda selalu memantau dan mengetahui bagaimana anak Anda tumbuh, dari mulai pertamakali keluar dari perut Anda sampai saat melalui hari-harinya bersama Anda dan keluarga. So, pada artikel kali ini kami akan lebih lengkap membahas tentang bagaimana perkembangan perkembangan bayi 3 bulan hingga memasuki usia 4 bulan.

Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Biasa Terlihat

Sebenarnya ada banyak sekali perkembangan buah hati Anda mulai saat ia memasuki akhir usia 3 bulannya, hingga ia menginjak ke usia 4 bulan. Salah satu perkembangan yang paling terlihat mungkin adalah kemampuan untuk tengkurap. Bayi mulai bisa tengkurap dan sedang belajar melihat ke depan sambil mengangkat kepala dan bahunya dengan tumpuan tangan. Dengan demikian ia bisa melihat lingkungan sekitarnya dan memperhatikan benda-benda yang ada di sekelilingnya. Latihan yang dilakukan oleh si bayi ini secara otomatis akan membantu bayi untuk memperkuat otot-otot di tangannya.

Selain tengkurap, perkembangan bayi 4 bulan juga mulai memperlihatkan bahwa buah hati Anda sudah isa berguling ke kanan dan ke kiri untuk memindahkan posisinya. Gerakan yang dilaukan oleh bayi ini juga bisa membantu melatih otot motorik Anda supaya semakin berkembang. Dan sebagai orang tua, ada sedikit tips yang bisa Anda lakukan. Terutama adalah dengan merangsang bayi supaya dia berguling ke kanan ataupun ke kiri. Misalnya Anda meletakkan sebuah benda yang menarik bagi si anak seperti guling, boneka, dan sebagainya. Dengan demikian si anak akan terpancing untuk bergerak dan berguling ke arah benda tersebut. Jika ia berhasil untuk mencapai benda tersebut, berilah ia pujian berupa tepuk tangan atau tanda kasih sayang Anda yang lain supaya dia terpancing untuk melakukan hal yang sama lagi.

Perkembangan bayi 3 bulan hingga 4 bulan biasanya juga memperlihatkan bahwa bayi sudah mulai suka memegang dan meraih benda-benda di seklilingnya yang dia sukai saat dilihatnya. Akan tetapi pada usia ini bayi masih belum bisa memegang benda secara sempurna sehingga benda tersebut masih rentan terlepas dari genggaman tangannya. Akan tetetapi, sebagai orang tua Anda harus selalu mengawasi benda-benda apa saja yang ada di tangan bayi Anda. Pasalnya jika benda tersebut kotor, tentu saja akan berdampak kurang baik bagi perkembangan bayi 4 bulan. Apalagi mulai usia 2 bulan bayi sudah belajar untuk memasukkan berbagai benda ke mulutnya, salah satunya adalah memasukkan tangan ke mulutnya.

Selain perkembangan fisik seperti tubuh yang bertambah tinggi dan bobotnya yang juga mulai bertambah, emosionalnya juga mengalami perubahan. Maka dari itu sebagai orang tua terutama ibu, Anda haru lebih peka dalam menanggapi keinginan emosional bayi Anda. Misalnya dengan memahami tangisannya sebagai sinyal bahwa dia sedang lapar dan ingin minum ASI. Dan pada usia 4 bulan ini, buah hati Anda sudah mulai bisa menunjukkan rasa kecewanya jika Anda tidak memenuhi keinginannya. Biasanya bayi akan menangis atau berteriak jika apa yang diinginkannya tidak bisa terpenuhi.

Demi perkembangan bayi 4 bulan yang lancar dan berkembang dengan baik, Anda juga harus mengusahakan supaya tidak mengeluarkan kata-kata keras ataupun membentak di depan anak Anda. Bayi akan mulai bisa merespon jika Anda berbicara dengan nada yang tinggi atau keras. Anak Anda biasanya akan terdiam dan terkadang memerlihatkan mimik sedih. Atau jika ia merasa senang, bayi juga sudah mulai bisa mengekspresikan perasaannya melalui mimik wajahnya.

Tips untuk Merawat Bayi Berusia 4 Bulan

Sebelum anak Anda mulai merasakan bagaimana berinteraksi dengan lingkungannya, tentu saja bayi akan lebih banyak berada bersama Anda sebagai orang tuanya. Itu dia mengapa orang tua sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si anak. Dalam usia 4 bulan ini, usahakan Anda melakukan perawatan yang baik dan benar. Mulai dari cara melatih motoriknya, cara melatih emosionalnya, menentukan menu makan bayi 4 bulan, dan sebagainya. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajarkan si anak untuk bersalaman saat bertemu atau melambaikan tangan sebagai simbol menyatakan sampai jumpa dengan orang lain.

Sebagai orang tua Anda juga haru memiliki waktu yang paling banyak dibandingkan dengan orang lain yang ada di sekitar Anda. Anda harus selalu ada termasuk saat ia tengah terlelap tidur. Jika Anda meletakkan bayi di tempat tidurnya sendiri, Anda harus selalu mengawasi buah hati kesayangan Anda tersebut. Pasalnya saat tidur, bayi sudah mulai tidak bisa diam dan bahkan bisa berubah posisi tidurnya. Selain itu si anak juga sudah mulai bisa bermain, maka dari itu belikanlah beberapa jenis mainan untuk anak upaya perkembangan bayi 4 bulannya lebih baik lagi. Dengan bermain, si anak akan mulai belajar menggenggam, bersuara, dan tentunya melatih perkembangan motoriknya.

Saat perkembangan 3 bulan hingga 4 bulan, bayi sudah mulai belajar dan sudah mulai bisa menopang leher dan kepalanya sendiri sehingga dia sudah bisa duduk tegak dengan bantuan Anda. Namun bayi masih butuh disangga oleh orang di sekitarnya untuk bisa duduk tegak.

Untuk jenis menu makan bayi 4 bulan, hindari makanan-makanan padat untuk anak Anda. Kecuali kalau memang ASI atau susu formula yang diberikan masih belum cukup untuk mengenyangkannya. Namun tunggulah sampai dia bisa menerima dan mengunyah mencerna makanan-makanan padat. Namun sebaiknya Anda tidak memberinya roti atau biskuit terlebih dahulu. Berikanlah bayi Anda bubur bayi atau bubur susu yang sudah dicampurkan ASI atau susu formula sebagai makanan pendamping asi. Selain itu Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis makanan alami yang bisa menjadi menu makanan sehat untuk buah hati Anda, agar Mendapatkan Berat Badan Ideal Bayi dengan Mudah.

Dengan demikian Anda udah lebih tahu dan lebih paham tentang bagaimana perkembangan bayi 4 bulan upaya Anda bisa merawat dan menjaga buah hati Anda dengan baik. Perkembangan anak pada usia-usia di bawah lima tahun memang sangat penting. Dan orang tua adalah faktor yang utama dan paling penting untuk bisa mendidik buah hati Anda supaya bisa menjadi pribadi yang positif di kemudian hari.  Mungkin artikel dengan judul, Cara Meredakan Demam pada Bayi dan Balita yang Efektif, menarik juga untuk dibaca. Sekian dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update