Penampakan Janin Usia 6 Bulan Beserta Perkembangannya

Penampakan Janin Usia 6 Bulan Beserta Perkembangannya

Penampakan Janin Usia 6 Bulan Beserta Perkembangannya
gunanya.com | Penampakan Janin Usia 6 Bulan Beserta Perkembangannya

gunanya.com-
 
Mengetahui tumbuh kembang sang buah hati di dalam kandungan tentu menyenangkan, termasuk mengetahui bentuk janin usia 6 bulan dan juga perkembangannya pada usia ini. Tumbuh dan kembang seorang anak memang sangat menakjubkan dari waktu ke waktu, setiap minggu dalam pertumbuhannya hal-hal baru terjadi mulai yang tidak disadari hingga yang disadari secara jelas oleh sang ibu yang mengandungnya dan beberapa Hal Aneh yang Terjadi Pada Ibu Hamil.

Pada 3 bulan pertama kehidupannya, seluruh organ-organ penting seperti otak dan sistem saraf juga jantung sudah mulai bekerja. Selanjutnya pada trimester kedua, pematangan organ-organ penting dan pertumbuhan akan semakin terlihat. Begitu pula dengan bentuk janin usia 6 bulan yang sudah cukup sempurna layaknya bayi yang akan dilahirkan oleh perempuan setelah usia 9 bulan. Di dalam artikel ini kita akan sama-sama melihat bagaimana tumbuh dan kembang seorang janin pada usia 6 bulan di dalam kandungan!

Bentuk Janin Usia 6 Bulan dan Perkembangan Lainnya pada Usia 6 Bulan

Bentuk penampakan awalnya seorang janin sungguh sangat unik, diawali dari berbentuk seperti kecambah sampai pada bentuk aneh karena memiliki ukuran kepala yang lebih besar dari badannya. Namun perlahan-lahan dengan berjalannya waktu terlihat perubahan yang begitu drastis dalam bentuk dan ukuran badan mereka. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bentuk janin usia 6 bulan sudah sangat baik, karena sudah cukup mirip dengan bentuk badannya saat akan dilahirkan walaupun dengan ukuran yang lebih kecil dan kurus karena belum banyak lemak yang tertimbun dibadannya.

"Perkembangan waktu ke waktu sampai disaat janin usia 6 bulan yang akan dibahas dalam artikel ini dibatasi dari perkembangan sang buah hati sejak usia 21 hingga 24 minggu (bulan ke-6)."

Normalnya pada saat di bulan ke-6 ini bobot janin akan berkisar di 360 gram dan akan terus konsisten meningkat dari minggu ke minggu.

Ketika sampai pada usia janin tepat 22 minggu berat janin rata-rata yaitu 430 gram, dan semakin bertambahnya usia janin menjadi 500 gram pada usia 23 minggu dan pada akhirnya berat janin 6 bulan (24 minggu) berkisar antara 600 gram. Selain berat, panjang badan mereka juga akan terus meningkat mulai dari 27 sentimeter pada usia 21 minggu dan di akhir minggu ke-24 panjang badan mereka akan mencapai angka 30 sentimeter bila diukur dari puncak kepala hingga tumit.

Pada usia 21 minggu, bentuk janin usia 6 bulan sudah dilengkapi dengan terbentuknya alis mata dan kelopak mata yang sempurna. Oleh karena itulah jika anda melakukan pemeriksaan yang lebih modern anda bisa melihat mereka tampak berkedip di dalam kandungan. Selain itu jika anak di dalam kandungan adalah seorang laki-laki, saat ini alat reproduksinya yakni testis akan mulai bergerak turun dari rongga perut menuju kantungnya (skrotum). Pada saat ini juga anda dapat merasakan gerakan janin 6 bulan yang sangat aktif, anda mungkin dapat merasa ia sedang menendang-nendang atau menggeliat di dalam perut anda.

Perlahan-lahan anda juga akan mengetahui kebiasaan mereka, jam berapa mereka begitu aktif atau saat kapan mereka tampak sedang beristirahat di dalam rahim anda. Bagi beberapa wanita yang mengalami fase ini pertama kali, mungkin akan cukup terkejut mengingat gerakan janin di dalam perut dapat terjadi sewaktu-waktu. Namun inilah saat yang paling bahagia mengetahui bahwa ada kehidupan di dalam tubuh kita dan mengetahui bahwa mereka tumbuh dengan baik tentu akan menyenangkan. Seperti yang telah di bahas sebelumnya mengenai Gerakan Dari Janin Usia 6 Bulan Sebagai Pertanda Janin Tumbuh Sehat serta artikel yang berjudul 3 Hal yang Dipelajari Janin Dalam Kandungan.

Memasuki usia 22 minggu selain bertambah berat dan juga panjang badannya, kedua kaki sang janin sudah terlihat lurus dan tidak menekuk lagi. Kulit sang buah hati pada saat ini masih terlihat transparan karena belum cukupnya lemak di bawah kulit mereka. Pada saat ini bibir janin di dalam kandungan akan terlihat sangat jelas dengan warna yang terang, selain itu bagian-bagian pada matanya juga sudah mulai terbentuk walaupun iris (bagian yang terlihat berwarna pada mata) masih belum terwarna. Sejumlah organ di dalam sistem pencernaan seperti pankreas (penghasil hormon untuk pencernaan) sudah mulai berkembang dengan baik. Tidak hanya itu pada usia 22 minggu ini, bakal gigi anak anda juga sudah mulai terbentuk di dalam gusi mereka loh!

Selanjutnya pada usia 23 minggu, selain berbagai perkembangan yang sudah dibahas sebelumnya pendengaran sang janin saat ini juga berkembang dengan saat aktif. Mereka dapat mendengar suara jantung anda bahkan suara keroncongan dari perut anda yang lapar, menakjubkan bukan? Itulah mengapa terkadang setelah dilahirkan walaupun terdengar sejumlah keributan disekeliling mereka, bayi terlihat tidak begitu terganggu karena sebelumnya di dalam rahim ia sudah sering mendengarkan sejumlah bunyi. Sejumlah penelitian menganjurkan anda untuk memperdengarkan musik klasik pada sang buah hati, hal ini bisa anda coba untuk melatih pendengaran mereka dan juga membuat anda lebih rileks.

Pada akhir bulan ke-6 tepatnya pada usia 24 minggu paru-paru seorang janin sudah berkembang dan mulai bersiap untuk digunakan saat bernafas, karena ada pembentukkan surfaktan di dalamnya. Surfaktan sendiri merupakan sebuah lapisan di dalam paru-paru manusia yang menjaga agar paru-paru kita tetap mengembang dan tidak kolaps. Tidak hanya itu bentuk janin usia 6 bulan juga sudah dilengkapi dengan pembentukan alat pengecap pada lidah dan perkembangan garis-garis pembentuk sidik jari kaki dan tangan.

Selain perkembangan dan bentuk janin usia 6 bulan yang sudah cukup optimal, banyak perubahan juga terjadi pada tubuh ibu. Selain berat badan yang terus bertambah bahkan hingga mencapai angka 7 kilogram dalam sebulan, banyak wanita hamil yang juga masih merasakan mual dan gangguan berupa stretch marks yang mulai timbul pada kulit. Namun tidak perlu khawatir semua hal ini wajar terjadi dalam sebuah kehamilan, jika anda merasa begitu terganggu dengan sejumlah perubahan hubungi dokter kandungan anda untuk mendapatkan penjelasan dan penanganan yang tepat, karena ada beberapa Pertanda Bahaya Kehamilan Pada Ibu yang Sering Diabaikan. Termasuk juga apabila anda adalah pengidap hipertensi, karena anda harus Waspada Hipertensi dalam Kehamilan.

Asupan Nutrisi untuk Janin Usia 6 Bulan

Asupan nutrisi pada usia kehamilan 6 bulan juga tetap perlu diperhatikan dengan baik melihat begitu banyak perkembangan yang harus dilewati janin saat ini. Pastikan asupan berupa karbohidrat seperti nasi, roti dan kentang juga protein dari daging-daging serta sayuran, berbagai buah-buahan dan juga susu menjadi menu makanan anda setiap hari. Jangan hiraukan berat badan yang terus bertambah, karena saat ini anda mengemban tanggung jawab penting dalam memberikan nutrisi bagi tumbuh dan kembang sang janin. Vitamin dan Nutrisi untuk Ibu Hamil Penting Demi Perkembangan Janin.

Demikianlah penjelasan singkat kami mengenai apa saja perkembangan yang terjadi di dalam kandungan anda pada usia kehamilan 6 bulan, mulai dari bentuk janin usia 6 bulan hingga pembentukan organ-organ tubuh mereka. Perhatikanlah asupan nutrisi yang anda konsumsi selama kehamilan dan jangan lupa jadwal pemeriksaan kandungan anda. Semoga artikel ini bermanfaat guna menambah wawasan kita mengenai perkembangan janin 6 bulan di dalam kandungan dan kami harapkan perkembangan janin anda berjalan dengan baik hingga proses persalinan nanti.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update