Beberapa Faktor Keberhasilan Senam Kegel

Beberapa Faktor Keberhasilan Senam Kegel

Faktor Keberhasilan Senam Kegel
gunanya.com | Beberapa Faktor Keberhasilan Senam Kegel

gunanya.com- Tidak jauh berbeda ketika berlatih sepeda, senam kegel pun harus dilakukan secara bertahap. Jika dengan posisi berbaring Anda sudah terbiasa, maka kembangkan dengan posisi lain semisal berdiri ataupun berjalan. Namun ada banyak hal lain selain itu yang perlu diperhatikan juga demi tercapainya keberhasilan senam kegel ini. Sebelum pembahasan lebih dalam, mari ingat kembali apa sih, gunanya senam kegel untuk para wanita.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Senam Kegel

Pastikan motivasi Anda melakukan senam kegel ini terpelihara dengan baik. Mengapa? Senam kegel memerlukan kedisiplinan agar tercapai manfaatnya. Salah satu cara merawat kedisipilnan itu adalah selalu mengingat pada tujuan akhir yang hendak dicapai. Selalu ingat hal tersebut utamanya saat akan memulai senam kegel.

Disiplin dalam melakukan senam Kegel juga dapat diperoleh ketika mencoba melakukan senam pada saat yang sama. Misal, saat anda bangun tidur, saat istirahat siang, dan sore hari. Melakukan sesuatu dengan waktu yang konsisten khususnya untuk senam kegel, tentu akan memberi efek disiplin diri yang bagus. Dalam pelaksanaannya Anda juga harus rutin mengukur perkembangan yang terjadi. Peningkatan kemampuan dalam mengontrol pengeluaran urine adalah hal paling mudah untuk dilakukan.

Jika dalam jarak waktu tertentu Anda belum menemui perubahannya, maka lakukan evaluasi. Barnagkali ada gerakan yang masih keliru. Jika usai dilakukan perbaikan ternyata masih belum didapatkan perubahan yang berarti, bisa dikonsultasikan dengan tenaga kesehatan terkait.

Usaha Lain Selain Senam Kegel

Dalam mengembalikan atau memperkuat kemampuan otot panggul sebenarnya tak hanya dari senam kegel saja. Senam kegel adalah salah satu opsi lain. Lalu apa sajakah selainnya?

Makan makanan kaya serat guna mencegah konstipasi. Susah BAB (konstipasi) memicu untuk sering mengedan sehingga memunculkan kerusakan pada otot dan syaraf. Imbangi juga dengan banyak minum minimal delapan gelas per hari.

Bagi Anda yang memiliki obesitas, harap menurunkan berat dahulu. Lakukan diet dan olahraga secara teratur. Pasalnya, permasalahan otot panggul kebanyakan ditemui pada mereka dengan obesitas.

Jika melakukan aktivitas angkat-angkat, biasakan menggunakan lengan, bukan punggung. Hal ini dilakukan guna menghindari cidera.

Hindari merokok, mengonsumsi alkohol, dan kafein
Melihat berbagai manfaat yang diperoleh dari rutin melakukan senam kegel ini tentu menjadikan setiap wanita ingin dan rutin melaksanakannya. Namun, seperti yang sudah disampaikan tadi bahwa kendala paling sering yang biasa menghantui adalah ketidadisiplinan dalam melakukan. Secara gerakan, senam kegel ini cukup mudah dan tidak repot, namun karena memang diperlukan tingkat ketelatenan dan kontinyuitas yang tinggi, banyak yang lantas tidak berhasil.

Cara mengatasinya sebenarnya cukup simpel yakni dikembalikan lagi pada motivasi kita untuk melakukannya. Anda perlu mengingat kembali manfaat dari senam kegel, praktis pelaksanaannya, tidak repot, juga tanpa biaya. Hal-hal semacam inilah yang perlu Anda tanamkan secara baik sebelum memulai aktivitas senam kegel ini. Senam kegel untuk wanita sebenarnya mudah dan kaya manfaat.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update