Aneka Pilihan Macam Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Aneka Pilihan Macam Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui
gunanya.com | Aneka Pilihan Macam Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

gunanya.com- Dimasa periode menyusui adalah masa yang tentunya sangat spesial bagi seorang ibu, oleh karena itu seorang ibu harus mengetahui dan lebih jeli mengenai apa saja makanan sehat untuk dikonsumsi. Dimasa ini juga sangat diharuskan dan dituntut agar seorang ibu dapat memberikan nutrisi terbaik untuk sang buah hati melalui Air Susu Ibu (ASI). Memilih dan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik maka pastinya akan menghasilkan kualitas ASI yang baik pula. Kualitas ASI yang baik tentunya akan memberikan dampak pada tumbuh kembang yang optimal pada bayi.

ASI merupakan pilihan mutlak untuk mencukupi nutrisi yang paling baik untuk bayi sebab mempunyai berbagai manfaat vital untuk bayi. Diantaranya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan untuk menangkal berbagai penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan si bayi. ASI adalah merupakan makanan terbaik bagi bayi karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga akan menunjang pertumbuhan jaringan dan organ tubuh bayi serta perkembangan otaknya.

Selain sangat bermanfaat untuk bayi, pemilihan makanan yang tepat pada masa menyusui juga akan memberikan manfaat bagi sang ibu. Karena ketika menyusui, tentu saja, juga harus mendapatkan asupan nutrisi lengkap sehingga memiliki energi yang cukup, memiliki fisik selalu bugar, menghindari berbagai penyakit, sehingga produksi ASI dapat berlimpah. Ibu dianjurkan untuk memberikan ASI secara ekslusif pada bayi selama 6 bulan penuh. Agar lancar ketika diberikan selama 6 bulan penuh, ini pasti harus didukung oleh nutrisi terbaik melalui makanan.

Berbagai Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Harus diperhatikan dalam memilih makanan untuk ibu menyusui selain mengandung nutrisi yang lengkap yaitu bahwa makanan tersebut harus higienis dan terbebas dari kontaminasi kuman penyakit. Jika mengkonsumsi makanan sebaiknya dimasak benar-benar sempurna, atau jika mengkonsumsi jenis buah-buahan maka harus dicuci dengan air yang bersih dan mengalir terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi kuman kepada ibu menyusui yang tentunya juga berdampak pada menurunnya kesehatan sang buah hati. Beberapa pilihan makanan sehat untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut:

Jenis Beras merah

Beras merah adalah pengganti makanan dasar alternatif untuk beras yang sangat baik untuk kesehatan dan merupakan makanan sehat bagi ibu menyusui. Beras merah kaya akan vitamin B kompleks, yang berguna sebagai sumber energi, mencegah anemia, membentuk sel darah merah dan mempertahankan kesehatan sel-sel saraf.

Beras merah terdiri dari karbohidrat kompleks, sehingga cocok untuk ibu menyusui yang menginginkan berat badan ideal. Beras merah juga sangat baik untuk kesehatan jantung karena dapat berperan dalam mengurangi lemak jahat didalam pembuluh darah.

1. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang kaya antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Konsumsi sayuran brokoli untuk ibu menyusui juga berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi karena mengandung sejumlah besar asam folat dan memainkan peran untuk meningkatkan kualitas ASI. Selain itu, Broccoli juga mengandung banyak kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

2. Daun katuk

Daun katuk dikenal sebagai daun yang bermanfaat untuk memperlancar dan meningkatkan produksi air susu ibu. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada ibu yang mempunyai produksi ASI yang melimpah tetapi ada pula ibu yang produksi ASI nya sedikit. Oleh karena itu, konsumsi daun katuk sangat disarankan agar memfasilitasi produksi ASI dan sekaligus memenuhi nutrisi ibu. Daun katuk dapat disajikan sehari-hari dengan dimasak sebagai sayuran.

3. Selada

Selada merupakan makanan sehat untuk ibu menyusui karena banyak mengandung zat besi, asam folat, serat, dan senyawa flavanoid. Konsumsi selada pada ibu menyusui dapat meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia, memacu kecerdasan otak bayi, melancarkan pencernaan, dan menangkal radikal bebas.

4. Kacang panjang

Kacang panjang juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena kaya akan vitamin K dan protein. Vitamin K memainkan peran penting dalam proses penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan. Jadi konsumsi kacang panjang akan mempercepat pemulihan luka baik di ibu maupun si bayi kelak. Sedangkan kandungan proteinnya merupakan zat pembangun yang penting untuk pertumbuhan dan memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan.

5. Ikan salmon

Makanan sehat untuk ibu menyusui yang berikutnya yaitu ikan salmon.
Salmon adalah jenis ikan laut yang terkenal dengan kandungan DHA-nya, DHA merupakan nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan sel-sel syaraf dan otak. Oleh karena itu, konsumsi salmon pada ibu menyusui dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan meningkatkan kecerdasan si bayi.

6. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya akan protein nabati dan mempunyai khasiat untuk memperlancar produksi ASI. Maka dengan konsumsi kacang hijau pada ibu menyusui akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan membuat produksi ASI semakin berlimpah. Kacang hijau umumnya diproses dengan merebus dan mengambil airnya untuk dikonsumsi rutin.

7. Jeruk

Buah Jeruk merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C dan kalsium. Oleh karena itu buah ini juga merupakan makanan sehat untuk ibu menyusui. Vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan sehingga dapat menangkal kedatangan beberapa penyakit pada ibu dan bayi. Sementara kalsium sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Pepaya Dalam buah pepaya mengandung nutrisi penting, diantaranya ialah, vitamin A, E, C, B, Omega 3, kalium, anti-oksidan dan serat. Konsumsi pepaya pada ibu menyusui dapat berguna untuk meningkatkan kesehatan mata ibu dan bayi, pencernaan lancar, meningkatkan stamina, dan juga membantu meningkatkan produksi ASI.

Selain makanan sehat untuk ibu menyusui yang disebutkan di atas, ada juga beberapa jenis makanan lain yang juga memiliki nutrisi yang baik untuk ibu yang sedang menyusui. Daftar makanannya ialah termasuk roti gandum, jagung, sereal, susu rendah lemak, yogurt, daging sapi, tuna, kacang mete, kacang merah, telur, labu siam, bayam, sawi dan berbagai jenis buah seperti stroberi, apel, mangga, blueberi, jambu biji, alpukat, buah naga, dan lain sebagainya. Selain harus memperhatikan asupan gizi, ibu menyusui juga harus menghindari kebiasaan yang mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan bayi dan kesehatan dirinya sendiri.

Kebiasaan yang harus dihindari termasuk merokok, mengkonsumsi minuman keras atau alkohol, kafein pada jenis minuman dan makanan atau minuman yang mengandung pengawet, pewarna buatan, dan juga pemanis buatan. Selama menyusui, ibu sebaiknya tidak sembarangan mengkonsumsi obat-obatan kimia. Konsumsilah obat sesuai resep dari dokter, sebab ada beberapa jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun menyusui.

Ibu sebaiknya juga memperhatikan reaksi alergi bayi terhadap makanan tertentu yang dikonsumsi ibu, sebab bisa jadi konsumsi makanan tertentu pada ibu dapat berefek pada timbulnya alergi pada bayi. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tiap harinya dengan banyak mengkonsumsi air putih. Lakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan hindari stres untuk menunjang produksi ASI yang melimpah serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran ibu menyusui. Mungkin artikel dengan judul Manfaat bunga saffron untuk kecantikan dan ibu hamil hingga menyusui, menarik juga untuk dibaca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update