3 Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

3 Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Morning Sickness
gunanya.com | Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

gunanya.com- Adanya peningkatan hormon selama kehamilan menyebabkan gangguan dialami ibu hamil salah satunya yakni morning sickness. Peningkatan produksi hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan berpengaruh pada fungsi neuron juga alat tubuh lainnya. Menurut Dr Marjorie Greenfield menyatakan sekitar 70 persen wanita mengalami mual di awal kehamilan dan 50 persen mengalami muntah.

Gejala tersebut memang umum terjadi, akan tetapi keluhan yang dialami setiap ibu hamil berbeda-beda. Pada kasus tertentu ada ibu hamil yang mengalami morning sickness sepanjang hari, di pagi hari saja atau ada juga mengalami peningkatan di malam hari yang berpengaruh pada waktu tidurnya. Biasanya morning sickness terjadi pada minggu keenam kehamilan atau bisa juga kurang dan akan mengalami peningkatan pada puncaknya di kehamilan minggu ke delapan dan ke sembilan.

Berbahayakah morning sickness pada ibu hamil?

Morning sickness disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan dalam keadaan apapun, sehingga aktifitas keseharian Anda selama kehamilan di trimester pertama akan terganggu. Meskipun begitu tidak akan berbahaya bila Anda yang mengalami morning sickness dengan keadaan normal dan bisa mengatasinya. Akan tetapi bila morning sickness disertai beberapa gejala berat mungkin saja penyebabnya ada sindrom hiperemesis gravidarium.

Tanda morning sickness abnormal biasanya tidak bisa menerima makanan dan mual meskipun hanya mengkonsumsi air, sehingga lebih mudah dehidrasi. Selain itu, ditambah juga dengan pikiran negatif tentang makanan dan tidak merasakan keinginan pada makanan tertentu (ngidam). Kondisi seperti ini harus segera dikonsultasikan dengan dokter kandungan.

Cara mengatasi Morning sickness

Memang morning sickness umum terjadi pada ibu hamil, namun bukan berarti harus dibiarkan begitu saja. Keluhan mual dan muntah akan berpengaruh pada perkembangan janin sehingga harus tetap diatasi. Beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil, yaitu sebagai berikut :

1. Makan dengan porsi kecil

Gangguan kehamilan morning sickness di trimester pertama akan mempengaruhi asupan nutrisi dan bila dibiarkan akibatnya perkembangan janin terganggu, sehingga Anda harus mensiasatinya dengan membuat jadwal makan. Makan dengan jumlah sedikit diperbolehkan tetapi usahakan terjadwal, sehingga pencernaan bisa menerimanya. Pilihlah makanan bernutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memberikan manfaat lebih pada kandungan, terutama untuk memperkuat janin dalam kandungan di trimester pertama.

2. Bangun pagi dengan jeda istirahat terlebih dahulu

Anda jangan langsung beranjak dari tempat tidur ketika bangun pagi, sebaiknya beberapa menit lakukan untuk duduk kemudian bangun secara perlahan. Bagi Anda yang tidak terbiasa makanan langsung setelah bangun pagi, ada baiknya berikan jeda istirahat terlebih dahulu. Beberapa ibu hamil menyediakan biskuit sebagai camilan sebelum beranjak dari tempat tidurnya untuk mengurangi mual yang berlebih di pagi hari.

3. Hindarilah makanan yang berlemak dan pedas

Ketika siang hari mungkin Anda sudah merasa membaik, tetapi bukan berarti Anda bisa makan tanpa dikontrol. Selama kehamilan sangat diperlukan pemilihan makanan supaya tidak akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Misalnya makanan pedas dan berlemak akan menggangu pencernaan juga bisa memicu morning sickness. Perbanyaklah minum air putih untuk terhindar dari dehidrasi. Mungkin artikel dengan judul Penting untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Perlu Diketahui, menarik juga untuk dibaca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update