Mengenal Beberapa Jenis Hepatitis

Mengenal Beberapa Jenis Hepatitis

Mengenal Beberapa Jenis Hepatitis
gunanya.com | Mengenal Beberapa Jenis Hepatitis

gunanya.com- Penyakit hepatitis pada dasarnya sudah ada sejak dulu. Masyarakat lebih mengenal penyakit hepatitis sebagai penyakit kuning karena gejala yang ditunjukkan penderita adalah tubuhnya berwarna kuning. Namun apakah cukup jika menyebut penyakit hepatitis sebagai penyakit kuning? Karena hepatitis sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis. Setiap jenis menunjukkan gejala yang tidak sama dan tingkat keparahan yang berbeda pula.

Penyebab penyakit hepatitis adalah infeksi virus. Selama ini virus yang menyebabkan hepatitis dibedakan menjadi 5 jenis virus yang disebut dengan virus tipe A, B, C, D dan E. Kelima virus ini dapat menginfeksi tubuh seseorang dengan tanpa gejala, sedikit menunjukkan gejala hingga adanya gejala lebih berat yang dapat dilihat seperti perubahan warna tubuh menjadi kuning. Biasanya orang akan menyadari dirinya menderita hepatitis setelah gejala yang lebih parah keluar. Akibatnya perawatan dan penyembuhan lebih sulit dilakukan.

Jenis-Jenis Hepatitis yang Diketahui Di Bidang Medis

Hepatitis A

Penyakit hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus hepatitis jenis A atau HAV. Biasanya virus ini adanya di dalam tinja penderita atau orang yang mengalami infeksi. Penularan hepatitis A ini dapat melalui konsumsi air minum hingga makanan yang telah mengalami kontaminasi virus tipe A. Selain itu kontak seksual juga dapat menyebabkan penularan hepatitis A ini. Jika penanganan dilakukan saat penderita mengalami gejala ringan, penderita dapat dipulihak secara total. Bahkan penderita dapat mengalami kekebalan pada penyakit hepatitis A ini. Vaksin untuk jenis hepatitis ini telah ditemukan sehingga dapat digunakan untuk penyembuhan.

Hepatitis B

Jenis virus hepatitis tipe B atau HBV adalah yang menyebabkan penyakit hepatitis B. Biasanya penyakit ini ditularkan melalui kontak darah yang telah terinfeksi. Baik melalui transfusi darah hingga alat medis seperti jarum suntik. Pembuatan tato dengan jarum yang telah terinfeksi juga dapat menularkan penyakit hepatitis B ini. Penularan juga dapat terjadi melalui air mani dan cairan tubuh lainnya dari seseorang yang telah terinfeksi hepatitis B. Bahkan ibu melahirkan yang terinfeksi hepatitis B dapat beresiko menularkan virus yang sama kepada bayinya. Vaksin untuk hepatitis B telah ditemukan dan dapat digunakan untuk proses penyembuhan.

Hepatitis C

Penyakit hepatitis C disebabkan oleh infeksi virus hepatitis tipe C atau HCV. Jenis hepatitis C ini banyak sekali diidap oleh orang-orang pada umumnya. Biasanya jenis hepatitis ini ditularkan lewat paparan darah. Kondisi ini dapat dimungkinkan terjadi pada transfusi darah menggunakan darah yang telah terkontaminasi virus hingga jarum suntik yang digunakan untuk transfusi. Kontak seksual juga dapat menyebabkan penularan penyakit ini. Jika hepatitis A dan B telah ditemukan vaksinnya, berbeda dengan hepatitis C. Jenis hepatitis ini justru belum ditemukan vaksinnya.

Hepatitis D

Biasanya penderita hepatitis D adalah seseorang yang juga telah mengalami infeksi HBV. Sehingga orang yang mengalami hepatitis D biasanya juga mendapatkan infeksi ganda dari HBV. Penderita akan mengalami gejala penyakit yang jauh lebih serius dan lebih parah. Namun telah ditemukannya vaksin untuk hepatitis B membuat virus yang menyebabkan penyakit hepatitis D ini juga dapat ditangkal. Penggunaan vaksin hepatitis B memberikan perlindungan ganda untuk infeksi virus hepatitis jenis B dan D atau HDV.

Hepatitis E

Penyakit hepatitis E disebabkan oleh infeksi virus hepatitis jenis E atau HEV. Mayoritas penularan virus ini adalah melalui konsumsi air minum dan makanan yang telah terkontaminasi dengan virus. Biasanya jenis virus hepatitis E umum ditemui sebagai penyebab wabah hepatitis yang berada di negara berkembang. Sampai hari ini, hepatitis E dapat disembuhkan dengan vaksin untuk hepatitis E yang telah digunakan. Sayangnya vaksin ini masih terbatas produksinya. Bahkan masih tidak banyak disediakan. Sehingga penyembuhan hepatitis jenis E masih sulit dilakukan. Mungkin artikel dengan judul Sayuran Yang Cocok Untuk Pengidap Diabetes, menarik juga untuk dibaca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update