Ini Manfaat Penting Sarapan, Jangan Abaikan Sarapanmu

Ini Manfaat Penting Sarapan, Jangan Abaikan Sarapanmu

Manfaat Penting Sarapan
gunanya.com | Manfaat Penting Sarapan, Jangan Abaikan Sarapanmu

gunanya.com- Sarapan merupakan suatu aktivitas yang biasa dilakukan di pagi hari dengan mengkonsumsi sejumlah makanan. Namun, ada sebagian orang yang tidak sarapan karena alasan terburu-buru sehingga tidak memiliki waktu untuk sekedar makan roti atau minum segelas susu saja. Atau ada pula orang yang memang terbiasa untuk tidak sarapan karena dengan sarapan dia justru akan mendapatkan serangan penyakit seperti merasa mual serta BAB. Sehingga mereka lebih memilih melewatkan waktu sarapan ketimbang terlambat beraktivitas karena harus berurusan dengan toilet dulu.

Meski begitu, melewatkan sarapan bisa memberi dampak negatif bagi tubuh seperti rasa lemah, lesu, kurang konsentrasi dan mudah lapar. Sarapan sendiri merupakan energi awal serta pemasok nutrisi bagI tubuh untuk menunjang segala kegiatan yang akan dilakukan. Bahkan sarapan memiliki pengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan otak.

Manfaat penting Sarapan Sebelum Beraktifitas

1. Sumber energi

Pagi hari keadaan perut sudah kosong dari makanan yang telah tercerna dan terdetoksifikasi di malam sebelumnya sehingga tubuh tidak berenergi. Sarapan adalah konsumsi makanan pertama kali yang akan memberikan sumber energi bagi tubuh.

Sarapan ibarat bensin yang digunakan untuk mengendalikan aktivitas selama seharian penuh. Karenanya usahakan sarapan yang mengandung karbohidrat agar tubuh mendapat energi serta bisa menyimpan cadangan energi tersebut sebagai sumber kekuatan

2. Penyeimbang metabolisme tubuh

Sarapan dapat membuat metabolisme tubuh seimbang. Karena ketika sarapan kadar gula dalam tubuh tetap terjaga. Berbeda jika tidak sarapan, maka tubuh akan otomatis mengambil cadangan gula dari lapisan otot dan liver. Hal inilah yang jika dibiarkan terus menerus akan memicu penyakit maag dan lambung

3. Pengontrol berat tubuh

Sarapan dapat membantu mengntrol rasa lapar yang berlebihan. Beberapa tips diet yang ada menyarankan untuk tidak sarapan, padahal hal tersebut salah. Sarapan tetap diperlukan agar perut terasa kenyang dan tidak mudah mengemil. Dengan sarapan juga akan menekan rasa lapar saat makan siang, sehingga porsi makan siang pun tidak berlebihan.

4. Mengontrol mood

Penelitian membuktikan bahwa orang yang sarapan cenderung moodnya lebih baik ketimbang orang yang tidak sarapan. Sarapan akan memberikan asupan yang baik bagi tubuh sehingga tubuh terasa lebih kuat. Selain itu asupan makanan akan membuat aliran darah dan oksigen ke otak juga berjalan lancar sehingga hormon yang berpengaruh pada suasana hati dapat bekerja dengan baik pula

Sarapan dan kecerdasan otak

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sarapan merupakan salah satu cara untuk membuat otak lebih bekerja maksimal sehingga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Dengan sarapan maka otak mendapat asupan nutrisi yang dapat membuatnya lebih fokus pada suatu hal. Sarapan akan memberikan pasokan karbohidrat serta gula darah yang tidak hanya memberikan energi pada tubuh tapi juga membuat aktivitas otak bekerja dengan baik.

Aktivitas otak dipengaruhi oleh zat-zat bergizi serta kalori yang ada dalam sarapan. Kalori tersebut akan tersimpan dalam tubuh sebagai cadangan gula atau glikogen. Glikogen ini adalah sumber energi bagi tubuh dan otak untuk bisa bekerja. Glikogen atau gula darah yang tidak terkirim dengan baik ke bagian otak akan membuat seseorang mudah gelisah, tidak konsentrasi, bingung, merasa mual, berkeringat dingin bahkan pingsan. Kemampuan mengingat seseorang pun juga tergantung dari cukup atau tidaknya asupan glikogen ke otaknya.

Selain itu sarapan juga memberikan asupan mineral dan vitamin yang mempunyai peranan dalam perkembangan tubuh. Seperti yang terdapat pada buah ataupun susu. Namun, jangan juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula agar tidak terkena hipoglikemia. Lebih bagus sarapan dengan porsi yang cukup, baik dari kandungan karbohidrat, vitamin dan mineralnya. Mungkin artikel dengan judul Tips Kembalikan Semangat Kerja, menarik juga untuk dibaca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update