Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan dan Ibu hamil Hingga Menyusui

Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan dan Ibu hamil Hingga Menyusui

Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan Wajah
gunanya.com | Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan

gunanya.com- Bunga saffron adalah salah satu tanaman istimewa yang memiliki kandungan vitamin yang banyak dan antioksidan dan juga memiliki sifat terapeutik dan kalium. Kandungan tersebut dikenal mampu untuk membantu pembentukan, perbaikan dan regenerasi sel kulit wajah.

Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan dan Ibu hamil Hingga Menyusui

Tidak hanya itu, bunga saffron juga memiliki manfaat anti-inflamasi yang berguna untuk menenangkan kulit termasuk juga berguna mengurangi kemerahan, dan anti-jamur yang berfungsi untuk mengurangi jerawat.

Jika Anda sangat ingin mewujudkan hasil yang terbaik, pastikan Anda membeli saffron yang berkualitas terbaik. Saffron dengan kualitas baik dan terjamin, memiliki ciri warna merah tua dengan bagian ujung berwarna oranye.

Supaya lebih memahami apa saja manfaat yang bisa diambil dari bunga saffron, di artikel kali ini gunanya.com akan merangkum berbagai macam masker dan toner yang berbahan dasar bunga saffron untuk mengatasi berbagai jenis permasalahan pada kulit wajah.

Kenali Apa itu Bunga Saffron?

Bunga saffron atau nama ilmiahnya disebut dengan bunga Crocus Sativus sering digunakan untuk rempah-rempah bahan masakan dan untuk kesehatan, namun juga memiliki manfaat untuk kecantikan khususnya pada kulit wajah.

Rempah saffron ini memiliki bandrol termahal di dunia berdasarkan berat dan diyakini pertama kali mulai dibudidayakan di Yunani, diikuti oleh Eurasia, Afrika Utara, Amerika Utara, dan Oseania.

Cita rasa unik safron dan aromanya seperti jerami terutama karena kehadiran bahan kimia seperti safranal dan picrocrocin. Warna kuning keemasan yang disebabkan oleh pigmen karotenoid yang disebut crocin.

Rempah-rempah ini sebenarnya bukanlah merupakan penemuan baru, dalam perdagangan bunga ini telah digunakan selama lebih dari lima milenium hingga sekarang. Negara Iran adalah salah satu negara pengekspor saffron terbesar dan menyumbang setidaknya 90 persen kebutuhan bumbu saffron produksi di dunia.

Manfaat Bunga Saffron untuk Kecantikan

1. Bunga saffron untuk kulit berjerawat

Kandungan pada saffron dan tambahan susu dapat membersihkan kulit berjerawat dan juga mampu untuk mencerahkan kulit. Susu disini bertindak sebagai zat yang dapat meluruhkan sel kulit mati. Jika Anda menggunakannya secara rutin, jerawat dan noda pada wajah akan lebih cepat berkurang. Mungkin artikel dengan judul Daftar Buah Ajaib Untuk Obat Jerawat, menarik juga untuk dibaca.

Anda hanya perlu menyiapkan:

  • 3-4 helai saffron
  • 1/4 gelas susu

Rendam helaian saffron yang sudah disiapkan kedalam susu dan biarkan hingga saffron benar-benar meresap dengan susu selama sekitar 2 jam. Setelahnya oleskan susu di bagian wajah dan leher Anda dan diamkan terlebih dahulu selama 10 sampai 15 menit. Anda dapat mulai menggunakan saffron dan susu ini di rumah 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Namun untuk diketahui, jika Anda memiliki alergi terhadap produk olahan susu, sebaiknya Anda tidak menggunakan masker ini ya!

2. Bunga saffron untuk kulit cerah

Campuran bunga saffron dengan biji bunga matahari akan membuat kulit Anda menjadi lebih cerah, sehat, bahkan terlihat awet muda. Ini dikarenakan kandungan minyak yang kaya akan vitamin E pada biji bunga matahari dan kombinasi bunga saffron yang memiliki kandungan antioksidan.

Anda hanya perlu menyiapkan:

  • 3-4 biji bunga matahari
  • 2-3 helai saffron
  • 1/4 gelas susu

Langkah awal ialah rendam biji bunga matahari dan helai bunga safron dalam susu, diamkan saja selama semalaman. Pada pagi harinya, lumatkan campuran ini hingga berbentuk pasta, dan selanjutnya oleskan pada kulit wajah Anda. Biarkan sampai mengering 15 sampai 20 menit diwajah dan kemudian bilas wajah Anda hingga bersih.

Tanpa susu Anda juga dapat menggantinya dengan air hangat.

Masker saffron dan biji bunga matahari ini dapat digunakan 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

3. Bunga saffron untuk lingkar mata hitam

Insomnia memang sangatlah tidak nyaman dan efek insomnia atau stress terkadang membuat kita menjadi kesulitan untuk tidur, sehingga menimbulkan lingkar hitam dibawah mata yang membuat kita menjadi selalu terlihat lelah. Untuk mengurangi lingkar hitam pada mata Anda dapat menggunakan saffron untuk mencerahkan warna kulit dan juga meremajakannya. Mungkin artikel dengan judul Daun Kelor Untuk Kesehatan Mata, menarik juga untuk dibaca.

Anda perlu menyiapkan:

  • 2-3 helai saffron
  • 2 sdm air

Rendamlah saffron kedalam air bersih selama semalaman dan pada saat pagi hari, lumatkan sampai menjadi halus dan larut merata sepenuhnya. Selanjutnya, oleskan dibawah mata dan biarkan selama 15 sampai 20 menit dan bilas dengan air. Anda boleh menggunakannya setiap pagi sehabis bangun tidur untuk mendapatkan wajah yang lebih segar.

Selain untuk lingkar hitam pada mata akibat insomnia, Anda juga dapat mengaplikasikannya pada bintik-bintik hitam diwajah Anda.

4. Bunga saffron untuk kulit kering.

Kebanyakan manfaat susu ada pada bubuknya, sehingga ketika Anda menggunakan campuran susu dan bunga saffron, maka masalah kulit kering dan kusam dapat diselesaikan dengan mudah. Selain itu, kandungan yang ada pada saffron akan menghidrasi kulit untuk Anda yang memiliki wajah kering. Mungkin artikel dengan judul Cegah Masalah Kulit Dengan Kafein, menarik juga untuk dibaca.

Anda hanya perlu menyediakan:

  • 1/4 cangkir air bersih
  • 4-5 helai safron
  • 2 sendok makan susu bubuk

Cara melakukannya sangat mudah, campur semua bahan sampai terbentuk seperti pasta dan oleskan sebagai masker pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Anda dapat menggunakan masker ini 2 kali seminggu untuk melembabkan kulit Anda agar tidak kering dan kusam.

Jika Anda memiliki alergi susu, Anda tidak boleh menggunakan produk ini!

5. Bunga saffron untuk noda hitam.

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat pada saffron, ternyata bisa membantu mengurangi iritasi pada kulit, ruam dan pembengkakan di wajah. Kemudian, campuran dengan madu, dapat digunakan karena madu mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan noda, bintik-bintik hitam dan bekas luka pada kulit Anda.

Selain itu, kombinasi saffron dan madu juga dapat membantu menjaga kelembaban pada kulit.

Anda hanya perlu mempersiapkan:

  • 1 sdm madu.
  • 1-3 helai saffron.

Campurkan madu dengan helai safron, lalu oleskan ke wajah menggunakan gerakan berputar ke atas. Biarkan campuran madu dan saffron ini pada permukaan kulit selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air.

Anda dapat menggunakan masker setidaknya 2 sampai 3x seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Bunga Saffron untuk kulit bercahaya.

Minyak zaitun adalah minyak yang paling mirip dengan struktur kimia minyak alami pada kulit manusia. Minyak zaitun ini memiliki kandungan asam lemak yang bergizi dan sangat mudah diserap oleh kulit wajah sehingga dapat memberikan kulit yang cerah, bersinar dan sehat dan membantu mengatasi masalah kulit, seperti komedo hitam.

Anda hanya perlu mempersiapkan:

  • 3-4 helai Safron
  • 1 sendok makan minyak zaitun

Campur saffron kedalam minyak zaitun, selanjutnya oleskan ke wajah sambil memijat kulit dengan gerakan menarik wajah ke arah atas. Bersihkan setelah 1 jam menggunakan tisu yang dibasahi terlebih dahulu atau juga dapat membiarkan minyak ini semalaman diwajah sebagai masker tidur. Selain menggunakan minyak zaitun, Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa, almond, atau minyak wijen yang sesuai dengan kebutuhan wajah Anda.

Anda dapat menggunakan masker ini setiap malam sebagai perawatan yang digunakan sebelum menggunakan krim pelembab malam.

7. Bunga saffron untuk toner atau face mist.

Bunga saffron dan campuran air mawar memiliki manfaat alami untuk kulit Anda dan dapat memberikan perubahan pada kondisi kulit Anda dan membantu meratakan tekstur kulit wajah. Kandungan mawar tidak jauh berbeda dari saffron, yaitu sebagai anti-inflamasi, menambah kelembaban, menenangkan kulit, mencegah jerawat dan banyak manfaat lainnya. 

Anda hanya perlu mempersiapkan:

  • 100 ml air mawar
  • 5 helai saffron (Anda dapat menambah atau mengurangi jumlah helai saffron sesuai dengan kebutuhan kulit Anda)

Tuang air mawar sebanyak 100 ml ke dalam botol semprot atau botol toner yang Anda miliki, kemudian tambahkan saffron ke botol tadi. Biarkan larut dalam rendaman selama 1 sampai 2 hari.

Anda dapat menggunakan toner ini setelah membersihkan wajah Anda dengan sabun pencuci wajah di pagi hari dan di malam hari atau Anda dapat membuat toner ini sebagai face mist yang dapat Anda gunakan untuk menyegarkan wajah Anda.

Nah, itu adalah 7 manfaat saffron yang dapat Anda gunakan sebagai perawatan kecantikan kulit Anda.

Manfaat Bunga Saffron untuk menjaga kesehatan tubuh

Bunga Saffron ialah tanaman crocus sativus, bunga ini mempunyai tiga kepala putik, tangkai yang menjadi penghubung kepala putik dengan pangkal putik dan bagian inilah yang disebut Saffron. Tanaman bunga ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Cara terbaik untuk menikmati cita rasa putik saffron adalah dengan air. Air rendaman saffron bisa dengan air dingin maupun panas atau juga bisa dijadikan campuran ketika Anda membuat teh, tetapi pastikan untuk merendam putik saffron agar jangan sampai mendidih. Boleh juga menambahkan cairan lain ke minuman olahan untuk menambahkan selera Anda.

Saffron saat ini telah tersedia di sebagian besar pasar khusus dan dapat dibeli dalam bentuk bubuk, tetapi lebih baik membelinya dalam kondisi masih utuh untuk menghindari kemungkinan mendapatkan saffron yang telah dipalsukan.

Berikut ini adalah rangkuman manfaat saffron untuk kesehatan tubuh.

1. Melindungi sel-sel otak

Bunga saffron terkandung dengan antioksidan yang cukup tinggi, bunga saffron terkandung berbagai senyawa nabati yang berfungsi sebagai antioksidan. Molekul tersebut yang melindungi sel-sel Anda di dalam tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif. Antioksidan dari saffron ialah Crocin, Crocetin, Saffranal dan Kaempferol.

Senyawa crocin dan crocentin memiliki sifat antidepresan yang mampu dengan baik melindungi sel-sel otak terhadap kerusakan progresif. Sedangkan Safranal berfungsi memberi rasa dan aroma berbeda dari saffron. Penelitian melaporkan bahwa Saffranal dapat membantu meningkatkan suasana hati, memori dan kapasitas konsentrasi untuk mempertimbangkan dan melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

2. Bunuh sel kanker dalam tubuh

Saffron kaya akan antioksidan, yang mampu menetralkan radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker.

Dalam laporan penelitian dengan tabung reaksi, telah ditunjukkan bahwa putik saffron dapat membunuh sel-sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhan sel kanker.

Efek ini juga berlaku terutama pada kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, serviks dan beberapa sel kanker lainnya, studi tabung reaksi ini menemukan crocin sebagai antioksidan utama pada saffron.

3. Dapat mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS)

Premenstrual Syndrome (PMS) adalah istilah yang menggambarkan gejala fisik, emosional dan psikologis yang terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi. Bunga saffron dapat membantu mengobati gejala-gejala PMS ini lah salah satu keistimewaan bunga saffron.

Ketika seorang wanita masuk pada masa periode datang bulan, beberapa wanita akan mengalami gangguan, seperti rasa sakit, suasana hati yang tidak nyaman, pusing, pingsan.

Untuk mencegah dan meminimalkan efek nyeri, cemas, demam dan pusing, dapat mengkonsumsi 30 gram bunga saffron atau juga dapat menghirup bunga saffron selama 20 menit, ini akan membantu mengurangi gejala-gejala PMS karena bunga saffron berguna untuk menurunkan kadar hormon stres kortisol yang menyebabkan ketegangan.

4. Membantu mengurangi nafsu makan untuk diet

Apakah Anda memiliki program diet? Bunga saffron dapat mengurangi nafsu makan dan membantu Anda menurunkan berat badan. Konsumsi camilan mungkin bisa menjadi kebiasaan umum yang dapat membuat Anda berisiko mengalami kenaikan berat badan yang tidak diinginkan dan membuat diet Anda gagal.

Bunga ini dapat membantu Anda mencegah kebiasaan makan yang tidak terkontrol karena bunga saffron dapat mengurangi nafsu makan.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi bunga saffron akan merasakan kenyang terus, dan akan lebih jarang mengkonsumsi makanan ringan, dan ini sangat membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Kemungkinan ini disebabkan oleh penurunan kalori di tubuh Anda setelah mengonsumsi saffron.

5. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes mudah untuk menyerang sistem kekebalan tubuh kita, penyembuhan penyakit ini tergolong tidak mudah. Maka dari itu pilihan terbaik adalah dengan harus mencegahnya lebih awal. Untuk mencegah tubuh mengalami kelebihan gula darah, maka dapat mengkonsumsi bunga saffron. Ini dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Insulin adalah hormon yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga jika sensitivitas insulin meningkat, artinya maka Anda bisa mencegah dan menurunkan risiko diabestes. Mungkin artikel dengan judul Sayuran Cocok Untuk Pengidap Diabetes, menarik juga untuk dibaca.

6. Membantu meningkatkan memori

Penyakit pikun (Alzheimer) adalah kelainan yang terjadi dalam memori, seperti telah melupakan nama objek atau tempat, bahkan melupakan kegiatan apa yang telah kita lakukan. Pasien dengan penyakit ini juga akan sulit untuk ditanggapi ketika ditanya tentang peristiwa yang mereka alami.

Saffron memiliki sifat untuk meningkatkan memori karena pasien dalam penyakit Alzheimer, sangat disarankan untuk mengkonsumsi safron secara teratur untuk mengoptimalkan penyembuhan penyakit ini.

7. Tingkatkan penglihatan mata

Saffron diketahui dapat meningkatkan indra penglihatan pada orang dewasa dengan degenerasi makula terkait usia (AMD). saffron tampaknya mampu meningkatkan penglihatan pada orang dewasa dan membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan AMD.

Bunga Saffron juga sangat kaya akan beta karoten, beta carotene adalah bentuk vitamin A, vitamin ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, mengkonsumsi saffron secara teratur maka Anda dapat menikmati khasiat manfaat bunga ini. Mungkin artikel dengan judul Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Matamenarik juga untuk dibaca.

Itulah khasiat dan manfaat saffron untuk kesehatan tubuh. Jika Anda menginginkan manfaat seperti diatas, maka maksimalkanlah dan jangan lupa mencobanya.

Manfaat Saffron untuk Ibu hamil dan Menyusui
gunanya.com | Manfaat Saffron untuk Ibu hamil dan Menyusui

Manfaat Bunga Saffron untuk Ibu hamil

Baru-baru ini sunter terdengar tentang Bunga Saffron dikalangan Ibu-Ibu komplek. Bunga Saffron diyakini, bahwa Saffron memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan Ibu yang sedang hamil. Rempah yang berasal dari bunga crocus sativus ini, yang awalnya digunakan sering sebagai bumbu makanan pada masakan olahan nasi Biryani, Kheer dan beberapa jenis permen.

Tetapi karena berbagai macam manfaatnya, Saffron akhirnya menjadi salah satu bahan alami yang diyakini mampu mengatasi beberapa keluhan kesehatan khususnya untuk para Ibu hamil. Mungkin artikel dengan judul Bahaya Sakit Gigi Pada Ibu Hamil, menarik juga untuk dibaca.

Pertanyaannya adalah; apakah konsumsi Saffron aman selama kehamilan? Konsumsi Saffron selama kehamilan umumnya aman, akan teteapi karena setiap kondisi kesehatan Ibu hamil itu berbeda. Mungkin artikel dengan judul Manfaat Buah Bidara Untuk Ibu Hamil, menarik juga untuk dibaca.

Maka langkah awal sebelum mengkonsumsi Saffron adalah pertama-tama harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Saffron. Jika memang dokter tidak mempermasalahkannya, maka coba simak beberapa manfaat dari bunga saffron dibawah ini!

Berikut ini adalah penggunaan manfaat Saffron untuk Ibu hamil, dikutip dari Mom Junction:

1. Kontrol perubahan mood

Salah satu manfaat Saffron untuk Ibu hamil adalah mengendalikan perubahan mood. Ketika Ibu hamil, perubahan hormon yang terjadi membuat seorang Ibu merasa mudah sedih dan bahagia dan cenderung labil dan berubah-ubah.

Nah, saat makan makanan atau minuman yang mengandung Saffron, perubahan suasana hati akan cenderung lebih terkontrol. Ini karena Saffron memiliki sifat antidepresan sehingga dapat membantu mengontrol perubahan suasana hati yang terjadi saat selama masa kehamilan.

2. Kontrol tekanan darah rendah

Dipercayai bahwa konsumsi makanan atau minuman yang mengandung Saffron mampu membantu mengendalikan tekanan darah pada Ibu hamil. Penelitian menunjukkan bahwa isi kandungan kalium dan crocetin yang terkandung dalam Saffron dapat membantu mengurangi tekanan darah.

3. Meringankan gejala morning sickness

Morning sickness merupakan penyakit pagi dan keluhan umum yang dirasakan wanita hamil pada trimester pertama kehamilan. Ibu yang mengalami hal ini dapat memanfaatkan Saffron sebagai solusi untuk mengatasi atau mengurangi penyakit ini. Diyakini Saffron dapat mengatasi mual dan pusing pada orang dengan gejala morning sickness.

4. Baik untuk pencernaan

Keluhan lain dari Ibu pada masa kehamilan yang dapat dirasakan selama kehamilan adalah kembung dan sembelit. Kembung dan sembelit selama masa kehamilan dapat terjadi dikarenakan perubahan hormonal, serta perkembangan janin yang terus memberikan tekanan pada area pencernaan.

Nah, Saffron dapat digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi ini. Saffron mampu meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Ibu hamil.

5. Meredakan kram

Ketika janin berkembang di rahim, otot dan tulang dada akan mengalami perubahan dan akan meregang untuk mendukung pertumbuhan janin di rahim. Hal ini terkadang menyebabkan kram dan rasa sakit pada sendi dan perut Ibu selama kehamilan.

Saffron dapat digunakan sebagai analgesik alami yang bisa meredakan rasa sakit atau kram yang dialami Ibu saat hamil.

6. Mencukupi kebutuhan zat besi

Ketika Anda hamil, Ibu harus memastikan bahwa asupan besi dipenuhi untuk menghindari risiko dari anemia. Asupan besi yang mampu mencegah Ibu hamil sehingga kelahiran bayi dengan berat badan rendah atau lahir sebelum waktunya (premature).

Nah, untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan, Ibu dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi, termasuk Saffron. Saffron adalah salah satu rempah-rempah mengandung zat besi yang kaya sehingga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia selama kehamilan.

7. Tidur lebih nyeyak

Gelombang hormon dan perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan dapat membuat Ibu sulit tidur. Ibu yang mengalami kesulitan tidur, dapat mengkonsumsi teh atau susu bercampur dengan beberapa bunga Saffron untuk membantunya mengatasinya. Mungkin artikel dengan judul Atasi Bau Mulut Setiap Saat Bangun Tidur, menarik juga untuk dibaca.

Saffron dapat digunakan sebagai "obat penenang" sehingga dapat membuat tubuh Ibu lebih rileks untuk tidur menjadi lebih baik.

Efek Samping Saffron bagi Ibu Hamil

Konsumsi bunga saffron sebenarnya sangat aman dan tanpa adanya efek samping, namun sebaiknya digunakan dalam takaran yang tepat saat pengolahannya. Jika sebagai suplemen makanan, Anda dan pasangan dapat dengan aman mengonsumsi maksimal hingga 1,5 gram saffron per hari.

Namun, hanya 30 mg saffron per hari yang terbukti cukup untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Di sisi lain, dosis tinggi sebanyak lima gram atau lebih dapat menimbulkan efek toksik (keracunan).

Ibu hamil harus menghindari dosis tinggi, karena dapat menyebabkan keguguran dan juga membahayakan nyawa Ibu dan janin. Selalu konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk mengenai suplemen yang ingin Anda konsumsi. Disisi lain dengan bunga saffron, terutama dalam bentuk bubuk, yaitu dapat dicampur dengan bahan lain, seperti bit, serat sutra yang diwarnai merah, dan paprika.

Waspadai bahwa pemalsuan bertujuan untuk menjual produk yang jauh lebih murah harganya, namun mengesampingkan bahaya dan resiko yang ditimbulkan.

Itulah efek samping dan manfaat saffron untuk meningkatkan kesuburan termasuk aturan mengonsumsinya. Konsumsi dalam jumlah takaran yang sesuai dapat membantu menambah kesuburan untuk pasangan yang sedang merencanakan promil. Semoga informasi ini bermanfaat. Mungkin artikel dengan judul Benarkah Memelihara Kucing Dapat Membuat Wanita Sulit Hamil, menarik juga untuk dibaca.

Meski saffron memiliki beragam manfaat untuk Ibu hamil, namun perlu diwaspadai ketika konsumsi makanan atau minuman yang mengandung saffron selama kehamilan juga ada efek sampingnya seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Salah satu efek samping yang mungkin ditimbulkan adalah dapat menyebabkan gangguan dan kontraksi pada uterus yang dapat meningkatkan risiko dan menyebabkan keguguran.

Ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 10 gram saffron agar terhindar dari keguguran, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Selain keguguran, efek samping lainnya yang akan terjadi adalah mual dan muntah, rasa pusing atau menyebabkan kehilangan keseimbangan, mulut kering, dan sakit kepala. Mungkin artikel dengan judul Mencegah Kehamilan Secara Alami, menarik juga untuk dibaca.

Ibu sangat disarankan berkonsultasi segera ke dokter ketika mengalami gejala yang disebutkan sebelumnya diatas pasca mengonsumsi saffron.

Itulah manfaat saffron untuk Ibu hamil. Supaya lebih aman sebaiknya Ibu berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Manfaat Saffron untuk Program Hamil

Bunga Saffron dikenal oleh kalangan para ahli bahwa saffron memiliki sifat afrodisiak. Ketika bunga saffron dikonsumsi secara rutin dan takaran yang tepat setiap harinya, maka dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pasangan.

Nutrisi yang terkandung pada bunga inilah yang memberikan manfaat tersebut, karena Sebuah penelitian menemukan bahwa bunga saffron mampu membantu laki-laki yang mengalami disfungsi ereksi akibat konsumsi obat antidepresan fluoxetine.

Penelitian lainnya juga melaporkan hasil, bahwa mengkonsumsi bunga saffron selama 4 minggu dengan rutin dengan takaran 30mg/hari, maka dapat meningkatkan hasrat seksual dan menambah pelumas di vagina serta mengurangi rasa nyeri saat berhubungan intim.

Saffron juga dipercaya mampu menambah stamina laki-laki dan kemampuan ereksi yang lemah, konsumsi bunga saffron dipercaya dapat meningkatkan volume dan kualitas sperma.

Manfaat Saffron untuk Ibu Menyusui

Tidak hanya untuk Ibu hamil atau wanita yang sedang menjalani program hamil (promil), saffron ternyata dipercaya juga akan manfaatnya untuk Ibu menyusui.

Apa saja manfaatnya? Berikut ini gunanya.com telah merangkum lima manfaat saffron untuk Ibu menyusui dan tips penggunaannya.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Tidak jauh berbeda dari rempah-rempah pada umumnya, saffron juga mengandung senyawa antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan adalah zat yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh Ibu selama menyusui si Kecil, artinya Ibu tidak akan mudah sakit selama menyusui.

Karena selama menyusui, Ibu bisa saja dengan mudah terserang penyakit karena harus membagi nutrisi dengan si Kecil.

Tetapi, dengan mengkonsumsi saffron maka Ibu tidak perlu mengkhawatirkan lagi akan kondisi kesehatan diri sendiri dan si bayi.

2. Meminimalkan mood swings

Mood swings tidak hanya terjadi pada saat hamil, namun rentan juga dialami Ibu menyusui. Ini dikarenakan, Ibu perlu beradaptasi dengan sejumlah perubahan seperti kehadiran si Kecil hingga kebiasaan begadang untuk menyusui.

Mood swings yang dibiarkan saja dan tidak segera diatasi, maka dapat berdampak pada produksi ASI dan tumbuh kembang si Kecil. 

Maka dari itu, Ibu sangat dianjurkan mengonsumsi saffron untuk memperbaiki suasana hati agar tidak mudah berubah-ubah.

Cara penyajiannya juga Ibu bisa mencampurkan saffron ke dalam minuman seperti teh atau susu, untuk memudahkan dan menghindari kebosanan saat mengkonsumsinya.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Tidak jauh berbeda ketika saat hamil, Keluhan lainnya yang kerap dirasakan Ibu menyusui adalah sembelit, hal ini disebabkan perubahan hormon pasca melahirkan. Saffron pun dipercaya bisa dijadikan solusi untuk mengatasi sembelit saat menyusui.

Senyawa antioksidan dalam saffron bisa melindungi dinding lambung dan usus besar dari risiko peradangan.

Selanjutnya, sistem pencernaan pun menjadi lebih lancar dan Ibu dapat terbebas dari sembelit.

4. Mengatasi insomnia

Insomnia adalah kebiasaan baru yang dihadapi Ibu menyusui karena Ibu harus menyusui si Kecil setiap tengah malam. Setelah menyusui, ada kalanya Ibu justru tidak bisa tidur kembali dengan nyaman, nah dengan mengonsumsi saffron, maka gejala insomnia bisa diatasi. Ibu bisa tidur dengan pulas setelah menyusui si Kecil dan terpenting adalah kualitas tidur tetap terjaga agar tidak mengganggu produksi ASI.

5. Meningkatkan nafsu makan

Apabila Ibu tidak bernafsu untuk makan, maka dipastikan nutrisi untuk bayi pun akan berkurang drastis. Itulah sebabnya, Ibu bisa mengonsumsi saffron karena rempah ini dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan, sama seperti ketika pada saat hamil.

Perlu diingat bahwa Ibu tetap harus mengonsumsi makanan bergizi agar gizi yang ditransfer ke bayi tetap berkualitas dan tetap terpenuhi.

Tips Konsumsi Saffron yang Benar

Saffron memang memiliki banyak manfaat dan terutama untuk Ibu hamil dan menyusui. Penggunaan saffron untuk Ibu menyusui juga diperbolehkan selama Ibu tidak memiliki alergi. Meskipun begitu, Ibu tetap dianjurkan mengonsumsi saffron dalam jumlah tidak lebih dari 1-5 gram per hari.

Makanan dan minuman ketika dikonsumsi berlebihan tentu bisa membahayakan tubuh dan mengkonsumsi saffron berlebihan juga bisa membuat mulut kering, insomnia, keringat berlebih, mual, muntah, dan mengalami gangguan kecemasan.

Itulah beberapa manfaat saffron untuk Ibu menyusui. Apakah Ibu tertarik untuk mencobanya?

Cara Mengolah Bunga Saffron

Bagaimana mengkonsumsinya? Bunga ini dapat dijadikan bumbu atau dicampurkan ke dalam masakan. Anda bisa mendapatkan bunga saffron dalam bentuk bubuk ataupun langsung dalam bentuk benang. Bila Anda memutuskan untuk menggunakan bunga saffron dalam bentuk benang, maka Anda dapat merendamnya ke dalam air hangat selama beberapa saat sebelum mencampurkan benang saffron dan airnya ke dalam masakan yang sedang dimasak.

Selalu sesuaikan takaran bunga saffron ke dalam masakan agar aroma dan rasanya tidak terlalu mendominasi masakan.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update