Ingin Gigi Putih? Mulai Konsumsi Makanan Ini

Ingin Gigi Putih? Mulai Konsumsi Makanan Ini

Daftar Buah dan Makanan Pemutih Gigi
gunanya.com | Daftar Buah dan Makanan Pemutih Gigi

gunanya.com- Gigi yang berwarna putih dan cemerlang tentu menjadi keinginan banyak orang. Terutama bagi mereka yang bekerja dengan mengandalkan penampilan seperti model dan artis, sehingga tampilan gigi pun mendapat perhatian yang ekstra. Tidak jarang untuk mendapat warna dan bentuk gigi yang sempurna dengan menempuh cara instan seperti operasi untuk memutihkan gigi. Mungkin artikel dengan judul Tips Kesehatan Gigi Supaya Tetap Sehat Dan Kuat, menarik juga untuk dibaca.

Tentu saja melakukan operasi tersebut sah-sah saja dilakukan namun alangkah lebih baik jika memutihkan gigi dengan cara yang lebih tradisional. Selain mendapat hasil permanen juga lebih menghemat biaya, meskipun memang membutuhkan waktu yang lama dan proses yang bertahap. Gigi yang putih juga sebagai indikasi bahwa orang tersebut menjaga kesehatan mulutnya dengan baik. Mungkin artikel dengan judul Obat Sakit Gigi Herbal, menarik juga untuk dibaca.

Daftar Buah dan Makanan Pemutih Gigi

Biasanya makanan justru menjadi penyebab warna gigi yang menguning. Karena pengolahan yang dilakukan oleh gigi dapat meninggalkan jejak sari makanan yang dengan proses kimiawi tertentu akan mempengaruhi warna gigi. Namun beberapa makanan dibawah ini justru memiliki efek sebaliknya, dikenal sebagai pembersih gigi dan dapat membuat gigi berwarna putih dan bersih secara alami

1. Apel

Buah segar ini merupakan buah dengan kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi air liur yang berfungsi untuk membersihkan gigi dari bakteri serta menghilangkan noda-noda pada gigi. Disarankan untuk rajin mengkonsumsi apel jika ingin memutihkan gigi secara alami. Selain itu kandungan dalam apel juga bisa untuk memperkuat gusi.

2. Strawberry

Memiliki kandungan asam malat yang ternyata ampuh untuk mencerahkan gigi. Asam malat ini juga akan merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu membersihkan gigi dari plak dan bakteri. Caranya dengan menumbuak satu buah strawberry matang dan oleskan ke gigi. Diamkan 10 menit baru kemudian gosok gigi dengan pasta gigi. Namun jangan terlalu sering menggunakan buah ini karena asam berlebihan bisa merusak gigi.

3. Pisang

Buah ini memiliki kandungan mineral yang dapat membersihkan dan memutihkan gigi. Tidak hanya dengan memakan bagian dagingnya saja, kulitnya pun bisa digunakan untuk memutihkan gigi dengan menggosokannya ke daerah gigi yang menguning secara rutin.

4. Lemon

Buah ini memiliki asam sitrat yang dapat memutihkan gigi serta merangsang saliva untuk membersihkan noda-noda di gigi. Bisa dengan meminum sarinya atau mengoleskan daging lemon ke gigi.

5. Keju dan susu

Apa persamaan kedua bahan diatas ? Ya, sama-sama memiliki kandungan kalsium. Kalsium ini yang akan membuat gigi tidak hanya kuat namun memiliki warna yang putih cemerlang

6. Cengkeh dan sirih

Kedua bahan rempah ini sudah dikenal sejak dulu berkhasiat untuk memutihkan gigi. Bisa dilihat dari orang tua zaman dulu yang senang menyirih dan ternyata membuat gigi mereka lebih sehat dan cerah

7. Permen karet

Permen karet dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang ada di gigi, terutama yang mengandung Xylitol. Xylitol adalah pemanis alami yang dapat merangsang terbentuknya air liur sehingga dapat membersihkan area gigi.

Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Kuning

1. Teh dan kopi

Kopi dan teh bisa meninggalkan noda pada gigi. Jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, noda yang terbentuk akan susah hilang dan membuat gigi menguning

2. Coklat

Makanan ini juga bisa memberi efek perubahan warna kusam pada gigi jika berlebihan memakannya.

3. Soft drink

Minuman ini mengandung banyak gula buatan yang akan merusak gigi. Gula tersebut akan mempengaruhi asam gigi dan berakibat pada perubahan warnanya

4. Buah ceri, raspberry, anggur, blueberry

Tidak semua buah dapat memutihkan gigi, begitu juga dengan buah-buahan ini. Meskipun sangat segar dan sehat namun konsumsi berlebihan bisa membuat gigi menjadi kuning dan kusam.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update