Cara Menjaga Bobot Tubuh yang Ideal

Cara Menjaga Bobot Tubuh yang Ideal

Tips Menjaga Bobot Tubuh yang Ideal
gunanya.com | Cara Menjaga Bobot Tubuh yang Ideal

gunanya.com- Tiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat dan bobot tubuh yang proporsional. Proporsional yang dimaksud adalah tidak gemuk atau terlalu gemuk (obesitas) dan tidak pula kurus atau terlalu kurus. Artinya bobot tubuh yang seimbang. Itulah makna ideal bobot tubuh. Masing-masing orang punya caranya sendiri dalam menjaga agar memiliki bobot tubuh yang ideal.

Namun kadangkala seseorang bisa lupa dalam urusan konsumsi makanan. Sehingga bobot tubuhnya pun bertambah gemuk akibat konsumsi yang berlebihan serta kurangnya aktivitas fisik atau olahraga.
Tentunya hal tersebut membuat upaya menjaga bobot tubuh menjadi terganggu. Namun Anda kini tak perlu khawatir. Ada berbagai tips yang ampuh dalam menjaga berat badan agar tetap ideal seperti harapan Anda.

Tips Menjaga Berat Badan

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam menjaga agar bobot tubuh tetap stabil:

1. Atur pola makan

Artinya Anda membatasi porsi makan agar tak berlebihan. Upayakan agar konsumsi kalori tak terlalu banyak dan konsisten untuk selalu mengkonsumsi makanan berserat.

2. Konsumsilah makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang

Rutin mengkonsumsi sayuran maupun buah setiap hari dan perhatikan kebutuhan dan keseimbangan gizi dan vitamin untuk tubuh Anda.

3. Upayakan agar selalu sarapan pagi

Sarapan pagi akan membuat tubuh Anda memiliki energi sehingga membantu dalam aktivitas sehari-hari. Pilih menu sarapan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi seperti roti, telur, atau pun nasi.

4. Cukupi kebutuhan air setiap hari

Upayakan agar konsumsi air putih minimal 8 gelas tak Anda abaikan, karena berpengaruh pada bobot tubuh dan kesehatan.

5. Kurangi kebiasaan ngemil

Kebiasaan ngemil yang tak terkendali justru akan membuat tubuh Anda menjadi melar. Jika tetap ingin ngemil sebaiknya diatur agar tak berlebihan.

6. Isi perut dengan makan secukupnya

Jika Anda menghadiri pesta atau acara yang di dalamnya terdapat acara makan besar, maka sebelum ke acara tersebut isi perut Anda dengan makan secukupnya agar nantinya Anda tak makan secara berlebihan.

7. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur

Aktivitas seperti ini akan membantu tubuh lebih sehat. Bobot tubuh pun tetap terjaga keseimbangannya. Anda yang bertubuh gemuk sangat dianjurkan berolahraga agar berat badan bisa berkurang.

8. Jangan menahan lapar

Kondisi perut lapar ditahan lama atau menunda makan bisa menyusutkan berat badan Anda. Selain itu juga rentan terhadap gangguan lambung.

Itulah beberapa tips penting yang perlu Anda biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar bobot tubuh atau berat badan Anda tetap terjaga dan terkendali dengan baik. Ingat bahwa tubuh yang memiliki bobot berlebih memiliki dampak yang kurang bagi kesehatan.

Dampak Buruk Kelebihan Berat Badan

Sebagian orang mungkin tak menyadari sepenuhnya bahwa bobot tubuh yang berlebih atau berat badan yang mengalami obesitas memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.
Kelebihan asupan makan akan membuatnya berubah menjadi lemak yang ujungnya berpengaruh pada meningkatnya berat badan. Lemak-lemak yang ada pada tubuh tersebut memiliki resiko tersumbatnya aliran darah, terganggunya kerja organ tubuh, dan lain sebagainya.

Bila sudah parah maka dampaknya justru bisa menimbulkan penyakit yang lebih beresiko seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat, stroke, serangan jantung, bahkan bisa berdampak pada kematian.

Nah, menjaga berat badan atau bobot tubuh sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda harus disiplin dan konsisten kebiasaan menjaga keseimbangan bobot tubuh. Sikap positif dan optimis tersebut harus Anda tanamkan dalam diri. Mungkin artikel dengan judul Rencana Diet Yang Tepat Dan Penyakit Kanker, menarik juga untuk dibaca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update