Mengenal Lebih Dekat Secangkir Kopi dan Cara Memperlakukannya

Mengenal Lebih Dekat Secangkir Kopi dan Cara Memperlakukannya

Mengenal Lebih Dekat Secangkir Kopi dan Cara Memperlakukannya
gunanya.com | Mengenal Lebih Dekat Secangkir Kopi dan Cara Memperlakukannya

gunanya.com- Bicara tentang secangkir Kopi mungkin tidaklah asing di telinga kita, dengan penikmat yang rata-rata digemari oleh orang dewasa bahkan hingga anak-anak. anggapan yang menurut mereka adalah sebuah gairah nyata dalam menjalani aktifitas sehari-harinya. Kopi sendiri telah ada sejak zaman kuno dimana selain untuk di nikmati secara pribadi, kopi di gunakan pula sebagai alat untuk jual beli pada zaman itu.

Kata kopi awalnya berasal dari qahwah (bhs Arab) yang berarti kekuatan, karena dahulu kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah mengalami perubahan menjadi kahveh (bhs Turki) dan kemudian berubah lagi menjadi koffie (bhs Belanda). Selanjutnya kata koffie diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal sampai detik ini.

Disamping dari segi rasa yang nikmat, dan aroma yang menarik. Di balik kopi memiliki kelebihan yakni dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu dan berbagai penyakit jantung lainnya.

Cara Memperlakukan Kopi yang Benar

Cara menyimpan biji/bubuk kopi

Penyimpanan sebuah biji/bubuk kopi terkadang menjadi hal yang diabaikan dan menjadi ketelodaran umum. Karena dengan penyimpanan yang ‘sembrono’ dapat mengurangi kualitas kopi itu sendiri dan yang harus di perhatikan adalah simpanlah biji kopi anda dalam tempat kering dan kedap udara.

Usahakan keringkan terlebih dahulu dan jaga kadar air pada kopi. Agar kondisi dari kopi tersebut tetap terjaga dan mendapatkan hasil yang maksimal ketika kita mulai membuat secangkir kopi tersebut. Jika salah menyimpan sebuah biji/bubuk kopi dapat menciptakan sebuah jamur.

Cara memasak kopi yang baik

Cara memasak kopi yang masih berbentuk biji memiliki dua pilihan yaitu di open atau disangrai. Kedua pilihan tersebut memang sama-sama dapat menciptakan pembakaran yang maksimal, yaitu mengurangi kadar air yang terkandung dalam biji kopi tersebut, serta dapat mematangkan hingga kebagian dalam biji kopi. Dengan cara tersebut akan menghadirkan hasil secangkir kopi yang nikmat saat di buatnya.

Cara membuat agar kopi terasa nikmat

Membuat secangkir kopi yang baik adalah dengan cara menggunakan air yang mendidih, agar proses pematangan bubuk dapat maksimal. Tuangkan bubuk kopi seperlunya (1-2 sendok makan) dengan campuran gula secukupnya (tergantung selera) kedalam gelas. Aduk air yang mendidih tersebut hingga menciptakan aroma kopi yang nikmat. Meski ada beberapa efek buruk yang dapat di timbulkan akibat minuman yang satu ini, namun tak pernah menyurutkan minat pecintanya dalam menikmati secangkir kopi. Mungkin artikel dengan judul Fakta Budaya Ngopi Di Indonesia, menarik juga untuk di baca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update