Efektivitas Jahe untuk Melawan Kanker

Efektivitas Jahe untuk Melawan Kanker

Efektivitas Jahe untuk Melawan Kanker
gunanya.com | Efektivitas Jahe untuk Melawan Kanker

gunanya.com- Sebagai salah satu tanaman obat, resep pengobatan jahe telah diwariskan secara turun-temurun. Sayangnya, selama ini jahe hanya dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat mengatasi mual. Sehingga jahe banyak digunakan sebagai bahan tambahan permen untuk mengatasi rasa mual.

Lebih dari itu jahe merupakan tanaman obat yang luar biasa berkhasiat mengatasi berbagai macam penyakit dari yang paling ringan hingga penyakit berat. Salah satu penyakit berat yang mampu dicegah penyebarannya adalah kanker.

Apa itu Kanker dan Batang sel kanker?

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti manusia. Sampai saat ini penyebab utama kanker belum dapat dipastikan. Namun pola hidup yang buruk seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol hingga makanan yang mengandung bahan kimia dianggap sebagai salah satu faktor yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker.

Saat seseorang telah divonis menderita kanker, harapan hidupnya seperti hilang karena begitu ganasnya penyakit ini.

Hilangnya harapan hidup penderita kanker tidak lepas dari karakteristik sel kanker saat menyebar dalam tubuh. Sama halnya dengan sel-sel dalam tubuh lainnya, sel kanker memiliki batang sel yang mampu membentuk koloni dalam tubuh. Batang sel ini juga mampu memperbanyak dirinya dalam jumlah yang tidak terbatas dan memisahkan dirinya dari koloni asal. Hal inilah yang menjadi kunci keganasan sel kanker dalam menyerang tubuh terutama saat merenggut nyawa penderita.

Senyawa Terkandung Pada Jahe Efektif Melawan Kanker

1. Senyawa 6-Shogaol

Kemampuan bertahan, menyebar dan membentuk koloni baru dari batang sel kanker inilah yang menjadi masalah bagi penderita. Selama ini pengobatan yang dilakukan untuk penderita kanker adalah untuk mematahkan kemampuan batang sel. Saat kemampuan batang sel dapat dipatahkan, harapan batang sel tersebut mati dan hilang adalah tujuan akhir pengobatan.

Sayangnya pengobatan dengan jalan kemoterapi tidak dapat melakukannya. Kemoterapi memang ditujukan untuk menyerang batang sel kanker. Tapi disatu sisi, kemoterapi juga sekaligus menyerang sel-sel lain dalam tubuh yang justru diperlukan untuk kelangsungan hidup penderita kanker.

Hal yang berbeda justru ditunjukkan oleh senyawa 6-shogaol ini. Senyawa 6-shogaol adalah senyawa yang dihasilkan jahe saat mengalami proses dikeringkan atau dimasak. Senyawa 6-shogaol justru memberikan reaksi yang berbeda saat diberikan pada penderita kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa 6-shogaol ini lebih efektif menekan pertumbuhan batang sel kanker dengan cara mengubah siklus sel kanker. Sehingga sel-sel kanker dapat dibunuh termasuk menghentikan pertumbuhan batang sel kanker.

Penelitian mengenai efektivitas senyawa 6-shogaol ini dilakukan dengan membandingkan pemberian 6-shogaol dengan taxol obat kanker yang seringkali digunakan sebagai pengobatan kemoterapi. Saat keduanya diberikan pada kanker model monolayer, baik 6-shogaol dan taxol menunjukkan reaksi yang sama yakni mampu mengatasi sel kanker tersebut.

Namun saat keduanya diberikan pada kanker model spheroid, taxol tidak mampu mengatasinya bahkan saat dosisnya dinaikkan menjadi 10 ribu kali lipat. Hal yang berbeda justru ditunjukkan 6-shogaol. Senyawa ini justru efektif memerangi kanker bahkan saat dosisnya tidak dinaikkan.

2. Senyawa penethyl isothiocyanate

Selain senyawa 6-shogaol, jahe juga memiliki senyawa penethyil isothiocynate atau PEITC. Senyawa ini juga dihasilkan jahe yang merupakan hasil reaksi dari senyawa penethyil isothiocynate dan enzim yang keluar bersamaan dari sayuran family Brassicaceae seperti kubis dan juga brokoli. Sama halnya dengan 6-shogaol, senyawa penethyil isothiocynate ini juga memiliki kemampuan yang tidak kalah hebat dalam membunuh sel kanker dan memerangi batang sel kanker.

Melihat efektivitas jahe dalam mengatasi kanker, tentunya hal ini menjadi peluang penyembuhan bagi penderita kanker. Jika selama ini kemoterapi tidak dapat mengatasi keganasan sel kanker, khasiat jahe untuk mengatasi kanker dapat dicoba. Meski begitu, cara terbaik untuk menyembuhkan kanker adalah dengan mencegahnya datang. Menjalani gaya hidup sehat dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, dan mengkonsumsi makanan sehat bebas bahan pengawet adalah cara terbaik mencegah datangnya kanker.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update