4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata
gunanya.com | 4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

gunanya.com- Mata merupakan salah satu indera yang sangat berharga pada tubuh manusia. Mata sebagai panca indera berfungsi untuk melihat, oleh sebab itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Dengan menjaga kesehatan mata maka kita akan terhindar dari penyakit mata seperti miopi, presbiopi, hipermetropi, maupun rabun jauh. Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan mata sendiri cukup sederhana dan tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal. Berikut ini adalah 4 cara mudah menjaga kesehatan mata kita.

4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

1. Mengatur Jarak Baca

Mangatur jarak baca akan mempengaruhi kesehatan mata. Usahakan membaca dengan jarak yang ideal yaitu 40 centimeter dan dengan sudut 40 – 70 derajat dari permukaan meja dimana kita meletakkan buku. Fungsi menjaga jarak baca adalah agar kita terhindar dari penyakit mata seperti miopi atau biasa disebut rabun dekat. Ketika membaca buku juga tidak diperbolehkan membaca sambil berbaring atau tiduran.

Membaca sambil berbaring atau tiduran akan menyebabkan mata menjadi tidak sehat. Selain itu, pencahayaan yang cukup juga sangatlah penting ketika membaca buku. Pencahayaan yang kurang akan menyebabkan mata menjadi kurang sehat. Oleh sebab itu pada ruangan tertentu yang digunakan untuk membaca sebaiknya diadakan penerangan yang cukup agar nantinya tidak merusak mata itu sendiri.

2. Melakukan Olahraga Mata

Tidak hanya bagian tubuh seperti kaki, tangan, leher, dan perut saja yang perlu dijaga kesehatannya melalui olahraga. Mata pun memerlukan olahraga sehingga tetap terjaga kesehatannya dan tidak cepat letih ketika bekerja. Olahraga yang rutin sangat baik untuk menjaga mata agar selalu dalam kondisi yang segar. Olahraga mata sangatlah mudah, dapat dilakukan kapan saja, dan tidak memerlukan biaya.

Cara melakukan olahraga mata yaitu dengan memutar mata. Putar mata berlawanan dengan arah jarum jam, setelah itu putar mata searah dengan jarum jam. Lakukan olahraga mata tersebut setiap 30 menit. Olahraga lain yang dapat dilakukan adalah menutup mata dengan telapak tangan. Caranya sangatlah mudah, tutup mata kemudian tutupilah dengan telapak tangan. Jangan menutup mata dengan telapak terlalu rapat ataupun penuh tekanan.

Hal tersebut untuk melatih mata agar nantinya tetap berdungsi secara maksimal dan tujuan dari olahraga mata dengan tidak terlau menekan secara berlebihan adalah agar nantinya saraf dari mata tidak rusak. Kegunaan olahraga ini adalah untuk merilekskan mata. Olahraga mata ringan ini juga sangat bermanfaat untuk membuat mata menjadi lebih fresh setelah membaca terlalu lama. Olahraga mata ini juga sangat cocok untuk Anda yang bekerja di depan layar monitor atau dihadapkan dengan berbagai macam tulisan setiap harinya yang tentu saja akan membuat mata menjadi lelah.

3. Makanan yang Baik untuk Mata

Makanan yang baik untuk mata adalah makanan yang banyak mengandung vitamin A. Makanan-makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi yaitu wortel, bayam, tomat, pepaya, apel, pisang, buah naga, hati sapi, dan umbi-umbian. Perbanyaklah makan-makanan yang mengandung vitamin A tersebut untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.

4. Istirahatkan Mata

Mengistirahatkan mata sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata. Terlalu lama membaca buku, berada di depan komputer, menonton tv, maupun aktivitas lain akan membuat mata menjadi lelah. Agar mata tidak lelah dan menjadi segar kembali maka mata perlu diistirahatkan. Mengistirahatkan mata bisa dengan cara menghentikan aktivitas sejenak untuk bersantai.

5. Hindari Mengucek Mata

Mengucek mata sebaiknya dihindari karena mengucek mata dapat menganggu kesehatan mata. Mengucek mata dengan tangan sangatlah tidak baik. Tangan yang dalam keadaan kotor dapat menyebabkan mata terinfeksi dan menjadi iritasi. Hal tersebut tentu akan memperburuk serta mengganggu kesehatan mata. Oleh sebab itu usahakan jangan mengucek mata. Mungkin artikel dengan judul Daun Kelor Untuk Kesehatan Mata, menarik juga untuk dibaca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update