3 Hal Aneh yang Terjadi Pada Ibu Hamil

3 Hal Aneh yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Hal Aneh yang Terjadi Pada Ibu Hamil
gunanya.com | 3 Hal Aneh yang Terjadi Pada Ibu Hamil

gunanya.com- Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan selama masa kehamilannya, baik itu perubahan fisik maupun psikis yang berhubungan dengan sering emosional. Mungkin bagi Anda sebagai calon ibu khususnya yang sedang menjalani kehamilan pertamanya akan merasa kaget dengan semua perubahan yang dialami nanti. Selain itu, terkadang juga akan merasakan keanehan dengan beberapa efek kehamilan yang akan terjadi. Ulasan berikut ini menarik untuk Anda baca dan pahami mengenai efek kehamilan yang aneh karena mungkin Anda akan mengalaminya selama masa kehamilan.

3 Hal Aneh yang Terjadi Pada Ibu Hamil

1. Keluarnya cairan dari vagina

Ibu hamil biasanya akan mengeluarkan cairan yang warnanya putih bening atau kekuningan dari area henitalnya. Hal ini memang wajar terjadi selama kehamilan, bahkan bisa berlanjut dialaminya sampai beberapa hari setelah persalinan. Kondisi ini bisa saja dikarenakan jumlah hormon yang diproduksi oleh tubuh mengalami peningkatan juga adanya peredaran darah di dalam vagina ibu hamil.

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut karena tidak membahayakan, kecuali cairan yang dikeluarkan sampai berbau busuk dan disertai timbulnya rasa gatal ataupun merasakan sensasi terbakar. Anda bisa mengatasinya dengan memakai celana dalam yang dilapisi pembalut tipis. Kemudian, penggunaan sabun pembasuh kewanitaan sebaiknya dihindari karena bisa mengakibatkan terjadinya iritasi.

2. Berkeringat dalam jumlah banyak

Selama masa kehamilan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh ibu hamil jauh lebih tinggi dari biasanya. Tidak hanya itu saja, peredaran darah pada ibu hamil juga dalam jumlah yang lebih besar sehingga membuat tubuhnya menjadi lebih hangat. Kemudian, tubuh akan mengurangi panas dalam bentuk keringat.

Oleh karena itu, tidak heran bila ibu hamil sering merasakan kegerahan karena sampai mengeluarkan banyak keringat dalam jumlah yang banyak, meskipun hanya melakukan aktivitas biasa. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengenakan baju hamil yang mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai serta menggunakan bedak ataupun deodorant.

3. Tak Sengaja mengompol saat tertawa keras atau bersin

Ibu hamil memang sangat disarankan memperbanyak minum air putih selama masa kehamilan, sehingga terhindar dari dehidrasi. Tentu saja juga hal ini membuat jumlah cairan yang tertampung di dalam kandung kemih ibu hamil mengalami peningkatan. Kemudian, seiring perkembangan janin di dalam kandungan yang semakin membesar sehingga menambah tertekannya kandung kemih. Akibatnya, ketika bersin ataupun tertawa keras seringkali ibu hamil tidak sengaja mengompol.

Sebaiknya Anda atasi dengan sering pergi ke kamar mandi untuk sekadar buang air kecil meskipun tidak ada dorongan kuat untuk hal tersebut. Hal ini dikarenakan semakin sering menahan kencing, maka akan semakin besar pula peluang mengompol yang tidak disengaja saat bersin ataupun tertawa.

Selain itu, Anda bisa memakai pembalut yang agak tebal juga membawa beberapa celana dalam sebagai cadangan untuk menghindari bila tidak ada kesempatan untuk buang air kecil karena sedang berada di jalan ataupun menghadiri sebuah pertemuan penting. Selain itu, cobalah untuk melakukan latihan super kegel yang tujuannya melatih otot vagina. Mungkin artikel dengan judul Bahaya Sakit Gigi Pada Ibu Hamilmenarik juga untuk dibaca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update