Waspadai Jajanan yang Berbahaya untuk Anak

Waspadai Jajanan yang Berbahaya untuk Anak

Waspadai Jajanan yang Berbahaya untuk Anak
gunanya.com | Waspadai Jajanan yang Berbahaya untuk Anak

gunanya.com- Anak adalah sebuah anugerah dari tuhan yang wajib untuk dijaga. Sebagai orang tua anda pasti ingin memberikan semua hal yang terbaik untuk anak anda, maka waspada dan berhati-hatilah memberikan jajanan pada anak.

Apabila anda melihat anak anda sakit akan membuat anda merasa tidak mampu menjaga kesehatan anak anda. Padahal sekarang ini banyak sekali hal yang berbahaya untuk anak anda apabila tidak mendapatkan pengawasan yang baik.

Sebagai orang tua yang memiliki kesibukan yang padat maka kadang anda merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk anak anda, akan tetapi sesibuk apapun anda maka anda juga harus memperhatikan seputar kesehatan anak anda.

Apabila anak anda sehat maka akan membuat anda merasa nyaman dan tenang. Anda juga harus mengerti kondisi seputar kesehatan anak agar apabila anak anda mengalami masalah kesehatan dapat ditangani dengan baik dan cepat. Masalah utamanya adalah apabila anak anda sudah memasuki usia untuk sekolah maka anda akan semakin sulit untuk mengawasi anak anda pada waktu berada di sekolah. Di area sekolah banyak sekali jajanan yang berbahaya untuk anak anda karena dibuat dengan tidak layak untuk dikonsumsi.

Jajanan yang ada pada area sekitar sekolah akan menarik minat anak anda untuk membeli karena dijual dengan harga yang cukup murah. Biasanya anak-anak akan terpengaruh oleh teman yang lain untuk membeli jajanan yang tidak sehat tersebut. Masalah yang satu ini sangat memberikan efek negatif pada kesehatan anak anda, karena para pedagang jajanan yang tidak bertanggung jawab tersebut mengunakan bahan-bahan berbahaya.

Salah satu bahan berbahaya yang sering digunakan adalah pewarna tekstil, pewarna yang dibuat khusus untuk tekstil tersebut ternyata oleh para pedagang tersebut digunakan sebagai bahan pembuatan jajanan anak. Sehingga dengan adanya masalah yang satu ini maka menjadi wajib hukumnya untuk anda mengerti seputar kesehatan anak.

Jika anda mengerti seputar kesehatan anak maka anda akan memberikan arahan kepada anak anda untuk tidak sembarangan membeli jajanan di sekolah. Ada cara yang lebih ampuh untuk membuat anak anda tidak membeli jajan sembarangan yaitu dengan tidak memberinya uang saku untuk ke sekolah. Akan tetapi kadang orang tua tidak tega untuk membiarkan anaknya ke sekolah tanpa uang saku.

Ada pilihan lain yang lebih nyaman untuk anda lakukan yaitu dengan memberikan bekal makanan untuk anak anda, apabila akan pergi ke sekolah. Ini dilakukan agar anak anda mau membawa makanan tersebut maka anda harus membuat makanan yang disukai oleh anak anda. Makanan yang dia sukai akan membuat sang anak dengan senang hati membawa makanan tersebut ke sekolah.

Anda harus membuat makanan yang benar-benar bergizi dan untuk itu pengetahuan mengenai makanan yang bergizi untuk anak juga harus anda pahami agar anda semakin paham akan seputar kesehatan anak.

Dari penjelasan diatas maka sebagai orang tua anda harus selalu memantau apa saja makanan yang dikonsumsi oleh anak anda. Apabila anak anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maka cepat atau lambat akan berakibat anak rawan terkena gangguan kesehatan terutama pencernaan, dan diikuti dengan gangguan kesehatan lainnya yang mungkin lebih parah. Salah satu gangguan yang sering terjadi akibat dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat adalah diare.

Semua macam gangguan kesehatan pada anak wajib anda tangani secara serius, hal tersebut dikarenakan pada masa anak-anak adalah masa yang sangat baik untuk pertumbuhan. Apabila anak anda sering mengalami gangguan kesehatan maka akan membuat pertumbuhan anak anda menjadi terganggu. Semoga artikel seputar kesehatan anak ini bermanfaat untuk anda. Mungkin artikel dengan judul Mengatasi Diare Pada Anak Bayi dan Balita, menarik juga untuk di baca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update