Manfaat Toge dan Efek Sampingnya

Manfaat Toge dan Efek Sampingnya

Manfaat Toge dan Efek Sampingnya
gunanya.com | Manfaat Toge dan Efek Sampingnya

gunanya.com- Toge adalah sayuran yang berasal dari biji cambah kacang hijau yang memiliki banyak manfaat serta biasanya disajikan sebagai campuran gado-gado, soto, ketoprak dan jenis makanan tradisional lainnya, toge juga ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Kita akan membahas manfaat toge untuk kesehatan yang diketahui sangat baik untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Mari kita lihat seberapa jauh manfaat yang diberikan tohe untuk kesehatan kita.

Manfaat toge yang perlu diketahui;

Pencegah kanker

Proses dari biji kacang hijau menjadi toge telah memecah 90 persen dari rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa itu mudah diserap oleh tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, maka berfungsi membantu dalam membuang kotoran di usus besar, ini adalah kekuatan ganda peran toge dalam mencegah kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkankan usus besar, maka tidak ada lagi racun dikotoran yang dapat diserap oleh tubuh. Dan ini akan mencegah penumpukan zat beracun yang dapat merangsang benih kanker.

Mencegah serangan jantung dan stroke

Risiko stroke dan serangan jantung umumnya disebabkan oleh kenaikan kadar lemak darah, disarankan untuk makan lebih banyak toge. Ini karena, kandungan saponin yang ada pada toge akan menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mengusik kandungan lemak baik HDL. Kandunagn saponin yang banyak dapat diperoleh pada toge jenis ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum jumlah saponin meningkat 450 persen. Orang yang sering mengkonsumsi toge akan cenderung berkurangnya risiko penyakit jantung mendadak. Kandungan kolesterol baik, yang ada pada toge, membantu memberantas kolesterol yang jahat di dalam darah. Pengurangan kadar kolesterol akan berdampak pada tubuh yang lebih sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung mendadak.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit kekurangan kalsium sehingga tulang menjadi keropos. Toge jika dikonsumsi dalam takaran yang seimbang akan meningkatkan asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi risiko osteoporosis. Estrogen alami yang terkandung dalam toge dapat bekerja sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulan estrogen alami tidak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam toge sebenarnya dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keropos pada tulang.

Membangun sistem kekebalan tubuh

Saponin pada toge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan meningkatkan aktivitas sel-sel pembunuh alami (natural killer cell), terutama sel-T-limfosit dan sel Interferon. Selain sarat dengan DNA, toge kaya akan antioksidan yang memperkuat tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

Menambah kesuburan pria dewasa

Bagi pria yang kurang subur dan sulit untuk mendapatkan anak, maka mengkonsumsi toge secara teratur maka akan menambah peluang kesuburannya. Dengan konsumsi rutin, diperkirakan akan membuat pria lebih kuat di tempat tidur dan berhasil mendapatkan anak.

Baik untuk kulit

Selain manfaat meningkatkan kesuburan, kandungan vitamin E dalam toge akan membuat kulit Anda lebih bersih dan bersinar. Vitamin E telah dikenal sebagai suplemen yang menambah kesehatan kulit dan mencerahkan kulit.

Menjaga sistem pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada toge, membuatnya cocok untuk dipilih sebagai menu diet sehat. Serat dalam toge akan membantu sistem pencernaan Anda agar terhindar dari masalah pencernaan, seperti bab yang sulit, dll.

Cegah kekurangan darah

Lebih sedikit darah yang disebabkan oleh kurangnya asam folat yang merupakan salah satu bahan untuk membuat sel darah merah dan DNA. Senyawa protein asam folat ini sangat penting bagi tubuh. Kerugian asam folat akan membuat tubuh mengalami anemia.

Bantu penderita diabetes

Kandungan yang rendah kalori membuat toge menjadi salah satu makanan yang cocok untuk penderita diabetes. Kandungan rendah kalori ini juga sangat cocok untuk penderita diabetes yang menjalani diet.

Efek samping konsumsi toge mentah

Bagi sebagian orang lebih menyukai toge yang disajikan mentah, sensasi mengkonsumsi toge mentah yang renyah menjadi salah satu alasannya. Konsumsi toge yang masih mentah sebenarnya tidak terlalu baik untuk efek kesehatan dan menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan pemicu sakit perut, diare, muntah dan tubuh lemah. Ini karena kita tidak pernah tahu kondisi toge yang akan dimakan mentah tersebut masih dalam kondisi segar atau tidak. Karena toge mentah sangat rentan terhadap bakteri jahat seperti bakteri Salmonella. Bakteri ini hidup pada suhu lembab, sedangkan pertumbuhan toge harus pada suhu lembab. Kemudian, jika Anda makan mentah, Anda juga akan makan bakteri Salmonella Anda.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update