Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kecantikan

Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kecantikan

Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kecantikan
gunanya.com | Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kecantikan

gunanya.com- Telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki beragam tanaman yang dapat di manfaatkan. Selain untuk bumbu dapur, kunyit berguna sebagai penyedap rasa serta dijadikan minuman untuk kesehatan pada tubuh.

Ternyata di zaman modern seperti sekarang ini tanaman yang tumbuh di Indonesia juga mampu untuk di jadikan bahan untuk mempercantik diri, salah satu dari tumbuhan tersebut adalah tanaman Kunyit. Kunyit atau bahasa ilmiahnya Curcuma Domestica merupakan keluarga dari jenis tumbuh-tumbuhan Zingiberaceae yang berasal dari negara India.

Kunyit memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerahnya, seperti halnya Koneng (sunda), Konyet (Madura), dan Kunir (Jawa). Bahkan di luar negeri pun juga memiliki nama sendiri seperti Kurkuma (Belanda), Saffron (Inggris), dan sebagainya. Kunyit merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur hampir di seluruh pulau jawa.

Manfaat Kunyit untuk Perawatan dan Kecantikan

Tanaman ini biasanya dijadikan salah satu bahan bumbu pokok dalam pembuatan berbagai jenis makanan, contohnya seperti opor ayam, nasi kuning, tumpeng dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya permintaan akan tanaman kunyit untuk kebutuhan sehari-hari, masyarakat pulau jawa (khususnya) mulai aktif membudidayakan tanaman yang multiguna tersebut.

Kandungan dalam kunyit

  • Minyak Atsiri
  • Pati
  • Zat Pahit
  • Resim
  • Selulosa
  • Mineral
  • Kurkumin

Berbagai kandungan yang ada pada kunyit ternyata mampu memberikan khasiat khusus pada kecantikan.

Beberapa khasiat kunyit untuk kecantikan

  1. Menghilangkan noda bekas jerawat pada muka
  2. Menjadikan kulit lebih halus
  3. Memperkencang kulit dan awet muda
  4. Mengurangi produksi minyak pada kulit
  5. Menyamarkan kerutan pada kulit
  6. Mencegah penuaan dini
  7. Mengatasi rambut rontok
  8. Mengatasi ketombe
  9. Mengangkat sel-sel kulit mati
  10. Melembabkan kulit yang kering
  11. Mencerahkan kulit
  12. Mengkonsumsi kunyit selain memang baik untuk kesehatan, ada pula nilai positifnya untuk kecantikan.

Tentang bagaimana cara untuk mengkonsumsinya agar mendapatkan hasil dari manfaat kunyit, mencampurkan kedalam berbagai macam jenis makan pun menjadi pilihan yang menarik. Selain menyedapkan rasa, secara tak langsung tubuh mendapatkan manfaat dari kandungan kunyit tersebut. Selain itu, meracik sendiri kunyit tersebut menjadi secangkir minuman jamu merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan manfaat secara maksimal. Tidak hanya itu saja, di artikel dengan judul 5 Manfaat Kunyit untuk Para Ibu Menyusui, mungkin wajib untuk dibaca juga.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update