Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Manfaat Pisang untuk Kesehatan
gunanya.com | Manfaat Pisang untuk Kesehatan

gunanya.com- Pisang untuk kesehatan, pisang atau bahasa latinnya Musa Paradisiaca merupakan pohon yang berjenis Tema (pohon dengan batang yang lunak & tidak berkayu). Buah yang di hasilkan biasanya nampak dalam bentuk sisir-sisir, yang tiap sisirnya berisi sekitar 10-20 pisang. Pisang memiliki sumber gizi yang nyaris sempurna, di karenakan buah pisang mengandung nutrisi seperti air, gula, protein, lemak, vitamin, serta mineral. Dengan banyaknya kandungan yang penting bagi tubuh, mengkonsumsi pisang untuk kesehatan menjadi makanan penting bahkan pokok bagi banyak orang. Manfaat yang terkandung dalam buah pisang mampu menurunkan resiko kanker, asma, tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

Banyaknya kandungan yang penting bagi tubuh, mengkonsumsi pisang untuk kesehatan menjadi makanan penting

Gizi yang ada pada sebuah pisang dengan ukuran sedang sekitar 126 gram mengandung dengan 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Dan jika di bandingkan dengan makanan nabati yang lainnya, mineral dari buah pisang hampir sepenuhnya di serap oleh tubuh. Jika dibandingan antara buah apel, kandungan kadar besi buah pisang lebih besar yaitu 2 mg/100 gram dan 0.8 mg >< 0,2 mg/100 gram dan 0.1 mg seng.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Melancarkan perdaran darah

Kandungan potasium pada buah pisang untuk kesehatan di percaya baik untuk peredaran darah, begitupun dengan kandungan kalium yang dapat mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekankan resiko stroke yang dapat menimbulkan gejala penyakit jantung.

Membantu pencernaan pada usus

Kandungan serat yang terdapat pada buah pisang untuk kesehatan ternyata sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Buah pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat di percepat dengan Vitamin C yang terdapat pada kandungan pisang.

Menjaga kesehatan mata

Buah pisang memiliki vitamin A yang cukup baik, dengan kandungan tersebut mampu melestarikan membrane yang mengelilingi mata, serta merupakan salah satu komponen dari protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan Vitamin A yang cukup juga dapat mengurangi resiko dari kebutaan.

Mencegah penyakit jantung

Buah pisang untuk kesehatan kaya akan mineral yang sering di sebut dengan elektrolit kalium, yang mana ketika kalium tersebut masuk dalam tubuh, akan langsung kedalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan di sekitar sel-sel diseluruh tubuh dan larut dalam cairan sel. Proses ini terus berlangsung pada sistem tubuh, yang mana membuat jantung tetap berdetak. Kalium merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol. Serta Vitamin C dan flavonoid pada pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung.

Membantu mengalirkan oksigen ke otak

Potasium pada buah pisang bermanfaat untuk mengalirkan dan mensirkulasi oksigen ke otak. Serta kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektriolit yang mampu untuk mengendalikan tekanan darah. Kandungan seratnya pun mampu mengikat lemak dan mencegah terbentuknya plak yang bedampak pada penyakit tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke

Baik untuk ibu hamil

Dianjurkannya ibu hamil untuk mengkonsumsi pisang untuk kesehatan memiliki kandungan asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, membantu pembentukan sel-sel baru serta mencegah cacat bawaan. Kandungan kalori pada satu buah pisang matang sekitar 85-100 kalori, dengan mengkonsumsi minimal 2 buah pisang segar dalam sehari maka kebutuhan asam folat sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, buah pisang dapat membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, maka mengkonsumsi buah pisang untuk kesehatan ibu hamil sangat di anjurkan sebagai cemilan.

Mengkonsumsi buah pisang mencakup banyak hal selain sebagai kebutuhan asupan untuk sehari-hari, ada pula tentang mengkonsumsi pisang untuk kesehatan, serta untuk kecantikan. Biasakan untuk hidup sehat dari hal-hal kecil, seperti mengkonsumsi buah-buahan yang penuh dengan kandungan baik untuk tubuh, salah satunya adalah pisang.

Untuk memanfaatkan selain buah pisang, batang pisang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti diulas pada artikel yang berjudul Manfaatkan Batang Pisang untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh. Salam hidup sehat.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update