Manfaat dan Gunanya Minum Kopi

Manfaat dan Gunanya Minum Kopi

Manfaat dan Gunanya Minum Kopi
gunanya.com | Manfaat dan Gunanya Minum Kopi

gunanya.com- Tak terbantahkan lagi alasan mengapa kopi merupakan salah satu minuman yang banyak di minati di seluruh dunia dan termasuk Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki pulau tropis yang menawan dan memiliki ciri khas masing-masing akan karakter sebuah kopi. Meminum secangkir kopi merupakan sebuah tradisi dan budaya yang cukup umum di setiap daerah di Indonesia. Kopi yang banyak diketahui kebanyakan orang ialah hanya dari segi rasanya yang nikmat, namun ternyata terdapat manfaat dan gunanya minum kopi.

Manfaat dan gunanya minum kopi;

1. Terbebas dari cacat mental

Tidak ada yang lebih menakutkan dari pada cacat mental bukan? Berdasarkan hasil laporan penelitian di Amerika, meminum secangkir kopi dapat membantu untuk meminimalisir peluang kecacatan mental seperti Alzheimer atau Demensia di kemudian hari.

Alzheimer atau Demensia ialah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak.

2. Melindungi jantung

Jantung merupakan salah satu aspek penting dalam kesehatan. Banyak orang kurang mengetahui bahwa dengan hanya meminum secangkir kopi per-harinya dapat mengurangi kemungkinan kematian yang disebabkan oleh gangguan jantung, disinilah salah satu letak manfaat dan gunanya minum kopi.

3. Terbebas dari diabetes

Saat ini lebih dari 10% penduduk dunia diatas usia 20 tahun menderita diabetes. Hal ini menjadi sebuah polemik yang mengkhawatirkan dalam dunia medis saat ini, dan menurut sebuah penelitian di Amerika bahwa minum kopi untuk jangka panjang memiliki kemungkinan terkena diabetes yang lebih rendah daripada yang tidak meminum sama sekali. Statistik juga menunjukkan penurunan kemungkinan terkena diabetes ketika mereka terus membudayakan dan sadar akan manfaat dan gunanya minum kopi.

4. Mengurangi nyeri otot

Manfaat dan gunanya minum kopi lainnya ialah mengurangi nyeri otot. Selain dari penelitian di Amerika, penelitian di Norwegia juga menyimpulakan bahwa meminum kopi dapat menurunkan 10% kemungkinan terkena nyeri otot. Hal ini beralasan, karena kandungan Kopi memiliki peranan utama yaitu kandungan kafein yang ada pada kopi dapat meningkatan kerja psikomotor. Sehingga dengan kandungan kafein maka tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi.

5. Menurunkan berat badan

Sebuah studi selama 22 minggu membuktikan bahwa manfaat dan gunanya minum kopi pada 16 orang dewasa dengan kelebihan berat badan menemukan bahwa peserta yang diberi ekstrak kopi hijau secara teratur mengalami penurunan berat badan yang signifikan, yaitu 37.5 %. Biji kopi ini juga sarat dengan vitamin dan mineral yang membantu untuk menjaga kadar nutrisi dalam tubuh, sehingga dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

Setelah kita membahas Manfaat dan Gunanya Minum Kopi, lalu apakah masih ada alasankah untuk tidak meminum secangkir kopi setiap hari?

Namun perlu diperhatikan juga, jika ada efek samping atau gejala alergi yang timbul dari minum kopi. Lebih baik hentikan meminum kopi dan segera konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan kesehatan ya.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update