Khasiat dan Manfaat Buah Ciplukan

Khasiat dan Manfaat Buah Ciplukan

Khasiat dan Manfaat Buah Ciplukan
gunanya.com | Khasiat dan Manfaat Buah Ciplukan

gunanya.com- Buah ciplukan (Physalis angula) merupakan tanaman semak semusim yang berperan sebagai tanaman herbal. Tanaman ciplukan mudah ditemukan di tempat yang lapang semisal sawah, sungai, dan kebun. Pertumbuhan tanaman semak ini mencapai 80 cm dengan batang yang lunak dan tegak. Meskipun berukuran kecil, buah ciplukan kaya akan khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini penulis paparkan beragam khasiat dan manfaat buah ciplukan.

Mengatasi Diabetes Melitus

Dengan mengkonsumsi buah ciplukan secara teratur dapat memicu kelenjar tubuh untuk memproduksi hormon insulin. Konsentrasi hormon insulin yang mencukupi mampu mengatasi penyakit diabetes mellitus.

Caranya yaitu dengan merebus tanaman ciplukan yang telah berbuah. Pastikan tanaman ciplukan terlebih dahulu dibersihkan dan dilayukan sebelum direbus. Dalam merebus menggunakan tiga gelas air dan berhenti ketika air sisa satu gelas. Saring terlebih dahulu kemudian ramuan siap diminum sebanyak 1 kali dalam sehari.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Salah satu khasiat dan manfaat buah ciplukan yaitu dapat mengatasi sakit tenggorokan.

Caranya yaitu dengan memotong kecil-kecil tanaman ciplukan dengan masing-masing berukuran 3-4 cm. Selanjutnya, potongan tadi dijemur dan pastikan sudah dibungkus untuk menghindarkan dari lembab. Diambil sebanyak 9-15 gram untuk direbus. Hasil rebusan sebaiknya diminum 3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang lebih optimal dan bermanfaat.

Mengatasi Sakit Paru-Paru

Tanaman buah ciplukan terbukti efektif mengatasi sakit paru-paru.

Caranya yaitu dengan merebus tanaman buah ciplukan utuh dalam 3-5 gelas air. Sebelum direbus, tanaman ciplukan terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Setelah mendidih, ramuan disaring dan diminum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Beragam khasiat dan manfaat buah ciplukan untuk mengatasi beragam penyakit tersebut tentunya sayang jika tidak diberdayakan dengan baik. Sebenarnya mendapatkan tanaman ciplukan cukup mudah dan tidak perlu membeli, terkecuali diperkotaan yang cukup jarang ditemui selain di supermarket. Tentunya ciplukan ini sangat baik dijadikan sebagai obat herbal yang murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Selain untuk mengatasi beragam penyakit, tanaman buah ciplukan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari penyakit.

Demikian paparan penulis mengenai beragam khasiat buah ciplukan, semoga dapat menjadi referensi kesehatan yang bermanfaat bagi pembaca. Mungkin artikel dengan judul Menambah Ukuran Payudara Dengan Ramuan Alami, menarik juga untuk di baca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update