14 Cara Jitu Merawat dan Mengatasi Rambut Kering

14 Cara Jitu Merawat dan Mengatasi Rambut Kering

Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering
gunanya.com | Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering

gunanya.com-
 Cara merawat rambut kering. Ya, segala sesuatu memang memerlukan perawatan. Baik yang ada dalam diri kita ataupun di luar diri kita. Tanpa perawatan, segala sesuatu tidak mungkin bisa berjalan dengan baik.

Demikian pula dengan rambut kepala kita. Tanpa perawatan, rambut bisa mengalami kerusakan, kering, rontok, dsb. Rambut tidak bisa tampil sehat, menarik dan indah. Padahal, rambut sangat penting, khususnya bagi wanita. Rambut adalah mahkota. Ini jelas memerlukan perawatan.

Bagi kamu yang punya dana besar, tentu tidak ada masalah untuk perawatan rambut. Bisa segera pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan yang terbaik untuk rambut mereka. Tidak hanya dari segi mode, tetapi juga supaya rambut selalu sehat dan tampil indah, cantik, tidak ada rambut kering, dan rambut rontok sehingga nyaman dipandang.

Bagaimana cara merawat rambut kering dan rambut rusak? Apa penyebab rambut mudah kering dan apa saja yang harus dilakukan supaya rambut tidak mudah kering?

7 Penyebab dan Cara Merawat Rambut Kering

Sebelum melakukan cara merawat rambut kering, kamu sebaiknya mengetahui dulu apa saja penyebab rambut kering. Ini sangat penting supaya kamu bisa menentukan cara terbaik untuk merawat rambut kering. Atau cara mengatasi rambut kering kamu.

1. Terlalu lama di bawah sinar matahari

Ini juga bisa menyebabkan rambut kering dan rambut rusak. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mengenakan topi bila sedang melakukan aktivitas pada siang hari di tempat terbuka yang bisa menyebabkan kamu terkena sinar matahari.

2. Perawatan rambut yang tidak aman

Banyak bahan perawatan rambut seperti semir, pomade, minyak rambut yang menggunakan bahan kimia yang ternyata tidak cocok dengan rambut kamu. Hasilnya bukan membuat rambut sehat dan indah, tetapi sebaliknya, rambut kamu jadi kering ataupun rusak.

3. Polusi udara

Udara yang kotor juga bisa membuat rambut kamu kering dan rusak. Sekali lagi, penutup rambut kepala seperti jilbab sangat penting untuk melindungi rambut dari udara kotor seperti asap motor, mobil, dsb.

4. Sampo yang tidak cocok

Harus hati-hati menggunakan sampo, pilih jenis shampo yang sesuai dengan kondisi rambut kamu. Jika tidak cocok, rambut bisa menjadi kering.

5. Cara mengeringkan rambut yang salah

Terutama mengeringkan rambut dengan hair dryer. Sebaiknya jangan lakukan pengeringan rambut saat rambut masih basah.

6. Kulit kepala kering

Ini terjadi akibat kulit kepala tidak bisa memproduksi minyak yang cukup untuk membuat rambut tidak kering.

7. Lapisan pelindung rambut (kutikula) telah rusak

Penyebab kerusakan antara lain karena sering menggunakan alat pengering rambut, mengubah tampilan rambut dari rambut keriting menjadi rambut lurus, dsb. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa memilih cara merawat rambut kering dengan tepat dan efektif atau cara jitu lainnya dengan beberapa pilihan Asupan Makanan Untuk Kesehatan Rambut.

14 Cara Merawat Rambut Kering yang Efektif dan Mudah

Berikut ini 14 cara merawat dan mengatasi rambut kering yang mudah dilakukan tetapi hasilnya bagus. Kamu bisa memilih cara mana yang tepat atau jitu untuk mengembalikan rambut menjadi rambut yang sehat. Rambut yang tidak mudah kering dan rusak seperti patah atau rontok.

1. Jangan mencuci rambut setiap hari

Cara mencuci rambut tiap hari justru bisa menyebabkan kelembaban rambut berkurang. Yang terbaik dua hari atau tiga hari sekali. Jika rambut masih normal, tak perlu sering mencucinya.

2. Gunakan shampo dan kondisioner selang-seling

Kamu boleh mencuci rambut lebih sering jika untuk menjaga kebersihan dan kesegaran. Tetapi, sebaiknya diselang-seling antara menggunakan sampo dan kondisioner. Selain itu, ketika mencuci rambut, gosoklah kulit kepala, jangan gosok rambut kamu.

3. Pilih produk sesuai kondisi rambut

Jika menggunakan sampo, gel, kondisioner atau produk rambut lainnya, maka pilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut. Misalnya, sampo untuk rambut kering dengan kadar PH rendah. Atau produk yang mengandung minyak dengan nutrisi bisa kamu pilih. Misalnya, minyak kelapa, zaitun, alpukat, minyak argan, dsb.

4. Menggunakan masker rambut alami

Kamu juga bisa melakukan perawatan rambut kering dengan menggunakan masker alami. Pilih bahan masker yang mengandung banyak protein. Misalnya, telur dicampur dengan minyak zaitun. Lalu, oleskan masker alami pada rambut. Sesudah 30 menit, rambut dibilas dengan air hangat.

Cara lain, bisa menggunakan minyak kelapa. Ambil minyak setengah sendok teh dan oleskan pada rambut. Sisir dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

5. Potong ujung rambut yang rusak 2 bulan sekali

Kamu bisa memotong ujung rambut yang kering, 2 – 3 bulan sekali. Tetapi, harus melakukan di salon dengan alat pemotong (gunting khusus). Jangan melakukan sendiri di rumah karena gunting kamu tidak memenuhi syarat, cara ini justru bisa merusak rambut.

6. Hindari produk rambut bau harum

Bahan berbau harum (wangi) bisa membuat rambut kering. Oleh karena itu, hindari pemakaian produk rambut dengan bau harum.

7. Jangan terlalu sering berenang

Berenang, baik di pantai ataupun di kolam renang, justru bisa membuat rambut lebih kering lagi. Air pantai mengandung garam yang bisa membuat rambut rusak dan mudah kering. Air di kolam renang biasanya dimasuki klorin atau kaporit yang tujuannya untuk membunuh bakteri yang bisa membuat perenang terjangkiti bakteri tertentu akibat renang. Di sisi lain, cara ini bisa menyebabkan rambut menjadi kering.

8. Jangan gunakan air panas

Mandi atau keramas (mencuci rambut) dengan air dingin lebih baik dibandingkan cuci rambut dengan air panas (hangat). Ini khusus untuk rambut keringan dan mudah rontok. Keramas dengan air dingin bisa lebih memberi nutrisi pada kulit kepala.

9. Hindari produk rambut dengan alkohol

Beberapa produk rambut juga bisa menyebabkan rambut kering. Misalnya, produk yang mengandung alkohol dalam kadar tertentu. Misalnya, isopropyl alcohol, propyl alcohol, propanol atau SD alcohol 40.

10. Hindari styling rambut berlebihan

Menata rambut, khususnya wanita, memang bagus biar tampil cantik dan trendi. Tetapi, styling rambut harus dilakukan secara hati-hati. Pilih cara yang aman dan tidak menyebabkan rambut kering. Baik pilihan produk styling untuk rambut yang cocok dengan rambut kamu atau cara melakukan styling rambut.

11. Oleskan madu dan lemon

Kamu juga bisa merawat rambut kering dengan menggunakan madu dan air perasan jeruk lemon. Sediakan masing-masing dua sendok makan. Setelah kedua bahan tercampur menjadi satu, oleskan ke rambut secara merata. Setelah itu, diamkan selama 40 menit. Lebih baik jika rambut ditutup dengan handuk atau penutup lain. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

12. Mengatasi rambut kering dengan alpukat

Kamu juga bisa mengatasi rambut kering dengan buah alpukat. Caranya sangat mudah. Siapkan buah alpukat, lembutkan dengan ditumbuk atau pakai alat jus (blender). Hasilnya oleskan pada rambut, setelah 20 menit bilas dengan air bersih. Buah alpukat juga bisa menyuburkan rambut kepala dan membuat rambut berkilau.

13. Mengatasi rambut kering dengan jeruk nipis

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering, rambut bercabang, ataupun rambut pecah-pecah. Kondisi itu terjadi umumnya akibat terkontaminasi oleh bahan kimia yang digunakan saat rebonding, dikriting atau dicat.

Cara mengatasinya mudah. Peras jeruk nipis, campur dengan madu dan minyak zaitun. Campuran ketiga bahan itu jadikan masker rambut dan oleskan menjelang tidur. Bilas setelah bangun tidur. Tetapi, kamu juga bisa membilas 30 menit setelah bahan dioleskan pada rambut.

14. Gunakan vitamin rambut untuk mengatasi rambut kering

Kamu juga bisa mengatasi rambut kering dengan menggunakan vitamin rambut. Banyak produk vitamin rambut yang bisa dipilih. Misalnya, L’Oreal Expert Pro Fiber Restore Repairing Emulsion, Etude House Silk Scarf Hologram Hair Mist, Kerastase Elixir Ultime Color Treated Serum, Lucido-L Hair Vitamin Spray (Damaged Hair), dsb.

Kamu bisa memilih harga murah, misalnya sebotol Rp 50 ribu – Rp 70 ribu atau sampai ratusan ribu.

Demikian artikel mengenai 14 cara merawat rambut kering. Kamu bisa memilih cara mengatasi rambut kering mana yang ingin dilakukan untuk merawat rambut kering, sehingga bisa kembali menjadi rambut yang tumbuh subur, lebat dan indah.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update