Bulan Puasa 2021 untuk Kesehatan dan Ibadah

Bulan Puasa 2021 untuk Kesehatan dan Ibadah

Bulan Puasa 2021
gunanya.com | Bulan Puasa 2021 untuk Kesehatan dan Ibadah

gunanya.com- Puasa merupakan salah satu kewajiban khususnya bagi seorang muslim pada bulan ramadhan, termasuk di Tahun 2021 ini. Karena pada bulan tersebut dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmah. Puasa di tahun 2021 ini, arti dari puasa sendiri belum berubah, yaitu menahan makan dan minum serta menahan hawa nafsu selama sehari penuh, yaitu dimulai dari terbitnya fajar sampai dengan terbenamnya matahari.

Namun selain salah satu cara mendekatkan diri dengan Sang Maha ESA, berpuasa memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, berikut ulasannya;

Manfaat berpuasa untuk kesehatan

Kemampuan otak meningkat

Neutropik yang di turunkan dari otak berfungsi memproduksi banyak sel pada tubuh, yang mana mampu meningkatkan fungsi otak. Hormone kortisol yang mengalami penurunan pada saat berpuasa yang di hasilkan oleh kelenjar adneral dapat membuat seseorang mengalami penurunan tingkat stres.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Adanya sebuah peningkatan HDL dan penurunan HDL merupakan sebuah dampak dari berpuasa. Yang mana memiliki dampak baik bagi kesehatan jantung.

Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang sedang menjalanka puasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang rendah dapat meningkatkan kesehatan jantung, sehingga mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Berfikir lebih jernih dan lebih kreatif

Rasa lapar yang di rasa saat berpuasa memaksa otak berfikir lebih tajam dan kreatif. Yang mana puasa dapat membuat fikiran menjadi lebih tenang dan melambat.

Mengurangi kebiasan buruk

Dengan berpuasa secara tak langsung mengubah gaya hidup yang tak sehat serta pola makan yang buruk. Contoh kebiasan buruk yang dapat terhentikan saat berpuasa adalah seperti merokok, mengkonsumsi makanan yang manis dan berkalori tinggi dsb

Mengontrol berat badan

Secara tak langsung puasa dapat membuat tubuh dengan mudah menurunkan berat badan, dan cara ini merupakan cara paling efisien dalam menjalani proses diet. Dengan mengkonsumsi makanan secukupnya, dan makanan yang sehat selama berpuasa.

Menyehatkan ginjal

Fungsi ginjal adalah sebagi penyaring zat-zat yang berbahaya dari makanan atau minuan yang kita konsumsi. Fungsi ginjal dapat bekerja dengan baik apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai dengan 12000 ml osmosis/kg air. Dengan menjalankan ibadah puasa secara tak langsung mengurangi asupan air pada tubuh, dan target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai secara maksimal dan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat dari puasa adalah mengluarkan racun yang menumpuk dalam tubuh. dengan berpuasa, cadangan tubuh akan memakan lemak untuk mendapatkan energi, yang mana cadangan lemak tersebut akan membakar setiap racun yang berbahaya di dalam tubuh

Mencegah diabetes

Diabetes dapat terjadi karena tingginya kadar gula yang di konsumsi oleh tubuh. dengan berpuasa, mengkonsumsi gula dan makanan yang berlemak akan terkontrol sehingga dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya. Jika Diabetes Parah? Coba Lawan Dengan Daun Mangga.

Menyerap banyak nutrisi

nutrisi yang akan terserap oleh metabolisme dalam tubuh di disebabkan oleh meningkatnya hormone adiponectin yang di produksi antara puasa dengan sahur. Sehingga tubuh memungkinkan menyerap nutrisi lebih banyak.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Ketika berpuasa terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat di dalam tubuh. hal ini dapat berpengaruh baik terhadap sistem ketebalan tubuh. dengan berpuasa dapat menghindari dari berbagai virus yang tak baik bagi kesehatan.

Mengatasi sakit sendi dan encok

Berpuasa secara teratur dapat meningkatkan sel penetral atau pembasmi bakteri alami dalam tubuh, sehingga dapat menyembuhkan penyakit encok secara perlahan.

Menarik sekali bukan? Dengan rajin berpuasa, maka tubuh akan mendapatkan banyak manfaat dalam hal kesehatan, dan puasa tidak harus dilakukan pada saat bulan puasa saja ya. Terimakasih dan selamat menjalankannya.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update