7 Rahasia Buah Bidara untuk Ibu Hamil

7 Rahasia Buah Bidara untuk Ibu Hamil

Buah Bidara Khusus Ibu Hamil
gunanya.com | Khusus Ibu Hamil, Konsumsilah Buah Bidara

gunanya.com- Superfruit yang satu ini ialah buah bidara atau jujube yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, Mom. Dilihat sekilas bisa dibilang mirip kurma, buah ini kaya akan vitamin dan mineral serta asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah bidara juga dipercaya dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Secara tradisional, buah bidara telah digunakan untuk mengatasi gejala stres, kecemasan, dan depresi yang telah Dilansir dari laman Stylecraze. Buahnya memiliki efek menenangkan pikiran dan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah bidara memiliki efek untuk mengurangi kecemasan saat dikonsumsi dalam dosis rendah dan memiliki efek sedatif saat dikonsumsi dalam dosis yang lebih tinggi. Sehingga, tidak ada salahnya untuk memakan segenggam buah bidara saat sedang merasa sangat stres, Mom.

Wah.. luar biasa sekali buah ini, di samping itu ternyata buah ini pun juga memiliki manfaat jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Ibu hamil yang mengonsumsi buah bidara akan mendapatkan manfaat ganda loh.

Mengonsumsi buah bidara selama kehamilan dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil dan juga bayinya. Dikutip dari berbagai sumber, beberapa manfaat kesehatan yang didapat, di antaranya:

  1. Meningkatkan perkembangan otak janin
    Buah ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan sistem saraf janin karena, buah bidara adalah sumber folat yang sangat baik. Buah bidara yang berwarna kemerahan mengandung trace elemen zinc, yang penting untuk perkembangan otak janin. Ini juga berfungsi untuk membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan mendukung perkembangan berbagai fungsi kognitif.
  2. Memerangi perubahan suasana hati
    Insomnia dan perubahan suasana hati dapat diatasi jika mengkonsumsi buah bidara selama kehamilan. Senyawa bioaktif dalam buah ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, dan dapat meredakan kecemasan. Mengutip MBG Health, buah bidara dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga dapat membantu mengelola stres.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Buah bidara sarat dengan vitamin C, antioksidan kuat. Antioksidan dalam buah bidara mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Buah bidara mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral tetapi sangat kaya akan vitamin C. dikutip dari Healthline. Vitamin ini sangat penting bersamaan dengan antioksidan untuk meningkatkan imunitas.
  4. Membantu mengatur tekanan darah
    Senyawa turunan dari flavonoid, atau disebut Rutin ada di Buah bidara, yang dapat membantu memperkuat, dan meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah. Dengan demikian, buah ini bermanfaat bagi ibu hamil yang mengalami hipertensi akibat kehamilan.
  5. Mengurangi nyeri otot
    Sangat umum bahwa ibu hamil mengalami beberapa episode nyeri otot dan nyeri sendi. Sifat anti-inflamasi buah bidara membantu mengatasi masalah ini selama kehamilan.
  6. Meningkatkan kekuatan tulang
    Kalsium dan fosfor yang tidak mencukupi selama kehamilan adalah salah satu akar penyebab osteoporosis di masa depan. Dengan mengkonsumsi buah bidara yang mengandung mineral kalsium dan fosfor, ini penting dalam memperkuat tulang dan meningkatkan kesehatan tulang secara umum.
  7. Membantu mengatasi sembelit
    Mom mungkin pernah beberapa kali mengalami sembelit, sama seperti ibu hamil lainnya yang mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB), Nah... buah bidara kaya akan serat, sehingga bisa membantu menyembuhkan sembelit.

Efek mengkonsumsi buah bidara

Dikutip dari Parenting FirstCry, tidak ada efek samping utama dari makan buah bidara selama kehamilan, buah bidara ini aman dikonsumsi jika dalam kondisi segar dan juga dalam jumlah sedang.

Zat besi, fosfor, dan kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan tubuh serta janin, namun jika kadarnya melebihi batas normal, tentu dapat menyebabkan efek samping yang besar mulai dari insomnia hingga seringnya kram otot, bahkan dapat meningkatkan tekanan darah sang ibu.

Kram otot ini bahkan dapat memengaruhi dada dan menyebabkan serangan jantung dalam kasus yang jarang terjadi. Begitu pula tekstur buahnya sendiri bisa mengakibatkan sembelit pada kebanyakan wanita. Meski begitu, buah bidara memiliki manfaat bagi ibu hamil serta janin dengan catatan mengonsumsinya dalam jumlah sedang adalah cara sempurna untuk mendapatkan manfaatnya tanpa risiko apapun.

Cara mengkonsumsi buah bidara

Dikutip dari laman Being the Parent, buah bidara dapat dikonsumsi secara langsung atau pun dalam bentuk jus, Bunda. Namun penting untuk dikupas dengan benar jika memakannya langsung, sebab menjadi sulit dicerna. Tapi karena kulitnya memiliki nutrisi maksimum, cara lain untuk menikmati buah bidara secara utuh adalah dengan memasaknya dalam bentuk rebusan. Dengan begitu, Bunda bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal dari buah yang satu ini.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update