Cara Menjaga Kulit Tangan tetap Sehat meski Sering Cuci Tangan

Cara Menjaga Kulit Tangan tetap Sehat meski Sering Cuci Tangan

Cara Menjaga Kulit Tangan tetap Sehat
gunanya.com | Cara Menjaga Kulit Tangan tetap Sehat meski Sering Cuci Tangan

gunanya.com- Selain menjaga jarak aman dan menggunakan masker yang baik, kita perlu dan sangat disarankan juga untuk mencuci tangan tiap kali usai memegang sesuatu. Di sisi lain, itu adalah cara baik, namun akan memiliki dampak lain yaitu menyebabkan tangan menjadi kering atau mungkin iritasi. Maka dari itu, agar kamu tetap aman namun kulit tetap juga sehat Kamu bisa ikuti tips menjaga kulit yang dilansir dari Healthline:

  1. Cuci dengan air hangat
    Direktur dermatologi anak dan dermatologi rawat inap di Rumah Sakit Umum Massachusetts Dr. Daniela Kroshinsky, mengatakan bahwa; kita harus cuci tangan. Minimal waktu yang dibutuhkan adalah 20 detik dengan sabun dan air. Namun agar kulit tidak rusak, Dr. Daniela mengatakan air hangat lebih baik daripada air panas.
    "Sangat panas pada akhirnya akan mengeringkan dan tidak meningkatkan kemanjuran," katanya.
    Cara ini diamini oleh Lucy Xu, spesialis kulit dan pendiri London Premier Laser and Skin Clinics. Ia mencatat bahwa air panas menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan tanganmu.

  2. Gunakan pelembap
    Bila air tidak dijaga oleh kulit setelah dicuci, bisa-bisa tangan kamu jadi kering. Hal ini sangat beralasan, karena air bertindak seperti magnet dan akan menarik air keluar dari lapisan kulit yang paling dalam sehingga menguap ke udara kering.
    "Hasilnya adalah kulit yang lebih kencang dan lebih kering. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk tidak lupa mengoleskan krim tangan sesudahnya.
    Tidak perlu terlalu tebal, bahkan lapisan tipis saja sudah cukup," kata Renée Rouleau, ahli perawatan kulit dan ahli kecantikan.
    Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di Kampus Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington menyarankan, untuk menggunakan krim atau salep daripada lotion. Sebab lotion menurutnya mengandung terlalu banyak air.

  3. Gunakan hand sanitizer
    Jika tangan kamu terlalu kering dan pecah-pecah untuk dicuci, Kroshinsky mengatakan kamu dapat menggunakan hand sanitizer untuk sementara waktu. "Pembersih tangan adalah pilihan lain untuk membatasi mencuci tangan sampai kulit pulih, tetapi tidak sebelum makan, setelah (pergi ke) kamar mandi, (atau) ketika tangan terlihat kotor. Ini artinya kamu harus cuci tangan," tutup Dr. Daniela.

Demikian cara menjaga kulit tangan agar tetap sehat meski sering mencuci tangan setiap harinya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Kamu untuk hidup lebih sehat lagi. Mungkin artikel dengan judul 5 Masalah Kulit VS Kafein, menarik juga untuk di baca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update