5 Cara Mudah Meredakan Sakit Bekas Gigitan Serangga

5 Cara Mudah Meredakan Sakit Bekas Gigitan Serangga

Meredakan Sakit Bekas Gigitan Serangga
gunanya.com | Cara Mudah Meredakan Sakit Bekas Gigitan Serangga

Sederhana dan mudah, namun sangat ampuh mengatasi bekas gigitan serangga

gunanya.com- Gejala yang timbul akibat gigitan serangga adalah reaksi hipersensitivitas atau reaksi alergi dari tubuh yang tengah berusaha menghilangkan zat tertentu yang masuk ke tubuh. Gigitan serangga sering dianggap sepele, padahal efeknya bisa sangat menganggu mulai dari gatal, kemerahan, bentol, hingga membengkak tergantung jenis serangga yang mengigitnya.

Tidak perlu panik, ada cara pertolongan pertama gigitan serangga yang dapat Anda coba berdasarkan saran ahli seperti yang telah Suara.com kutip dari Times of India, Selasa (22/9/2020).

  1. Oleskan minyak esensial
    Tidak perlu harus beli, bisa dibuat sendiri di rumah dengan campuran lavender dan minyak pohon teh di area bekas gigitan serangga, atau mudahnya seperti minyak kayu putih dan sebagainya. Minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, yang bisa sangat ampuh meredakan sakit yang membengkak akibat gigitan serangga.

  2. Menggunakan antiserangga
    Mencegah lebih baik daripada mengobati, gigitan nyamuk bisa sebabkan penyakit berat seperti malaria. Semprotkan antiserangga agar mereka tidak berkeliaran, sebaiknya pilih antiserangga alami dengan kandungan lemon maupun minyak kayu putih.

  3. Madu, oatmeal dan aloe vera
    Ketiga benda ini termasuk bahan antiinflamasi, seperti oatmeal bisa meredakan gatal, bengkak dan juga kemerahan akibat gigitan serangga. Gel aloe vera (lidah buaya) mampu menenangkan kulit yang terinfeksi juga menyembuhkan luka ringan. Sedangkan madu merupakan perawatan luka yang bisa mencegah hidrasi atau kekeringan di area bekas tergigit serangga, dan berfungsi sebagai pelembap.

  4. Cuci hingga bersih
    Salah satu pengobatan terbaik meredakan gigitan serangga adalah dengan mencuci area yang digigit dengan sabun dan air. Bisa juga mengoleskan lotion anti gatal, seperti krim yang mengandung hidrokortison yang bisa menyembuhkan luka lebih cepat.

  5. Terapi es batu
    Kulit akan lebih tenang dan tidak bereaksi berlebihan karena gigitan serangga saat dikompres dengan es. Penurunan suhu kulit akan membuat pembuluh darah yang melebar berhenti berkontrasi sehingga peradangan berkurang. Rasa dingin karena es batu juga membuat gigitan tidak terasa karena kulit yang mati.

Nah, mudah sekali bukan cara mengatasi gigitan serangga yang mengganggu. Namun perlu diingat, ketika cara yang disebutkan di atas tidak bekerja, disarankan untuk menghubungi dokter yang Anda percaya dan ahli dibidangnya. Mungkin artikel dengan judul Cara Menghindari Gigitan Nyamuk, menarik juga untuk di baca.
referensi: suara.com

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update