Cara Mengatasi Terlambat Menstruasi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Terlambat Menstruasi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Terlambat Menstruasi Dengan Mudah
gunanya.com | Cara Mengatasi Terlambat Menstruasi Dengan Mudah

gunanya.com- Telat? Wah ini biasanya akan sangat mengejutkan bagi para wanita yang belum menikah, apalagi yang sudah pernah ena-ena sama pacar atau siapalah itu, apalagi sama mantan. Habis putus sama mantan, eh besoknya telat, pasti dag-dig-dug tuh jantungnya dan terasa mau copt seperti otaknya patrick dan spongebob. Jangan sampai kejadian ya beib, apalagi belum di halalkan sama si dia, perlu kamu ingat; laki-laki itu 99.9% adalah bajigur, iya BAJIGUR. Gini loh beib, menstruasi bisa menjadi salah satu tanda kehamilan bagi wanita yang aktif secara seksual, udah pasti tau dong ya kan. Tapi bagaimana kalau kehamilan itu tidak direncanakan, seperti contoh tadi yaitu habis ena-ena sama mantan. Ada gak sih cara mengatasi keterlambatan haid? Tapi tunggu dulu, coba baca dulu deh artikel ini Penyebab Telat Haid Tapi Hasil Negatif, Kok Bisa? sama artikel ini Mitos Menggaruk Kulit Saat Menstruasi, Benarkah?, atau yang ini Bahaya Konsumsi Es pada Saat Menstruasi. Lebih seram lagi ini Gejala Miom yang Harus Kamu Waspadai.                                                                                                                            

7 Cara Mudah Mengatasi Terlambat Menstruasi

Berikut ini beib, beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara alami yang bisa kamu coba dimanapun dan kapanpun.

  1. Minum teh jahe
    Walaupun belum ada bukti kuat dalam penelitian ilmiah, jahe itu sering dijadikan obat herbal untuk mempercepat menstruasi. Bahan alami ini sudah dipercaya turun temurun dari dulu, dan dapat menyebabkan kontraksi rahim.
    Kalau mau mengonsumsi jahe ni ya beib, kamu bisa kok mengolahnya menjadi teh jahe yang lebih enak dan nikmat daripada mengonsumsi tanaman herbal ini secara langsung, gak kebayang tuh rasanya kalau dimakan mentah-mentah.

  2. Minum jamu kunyit
    Si kunyit ini dikenal dapat mempengaruhi hormon estrogen maupun progesteron. Tapi sampai saat ini masih perlu dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai hal ini.

  3. Mengonsumsi vitamin C
    Vitamin C atau asam askorbat juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron mirip-mirip sama si kunyit, sehingga mendorong rahim berkontraksi dan lapisan rahim meluruh. Tapi sama juga seperti si kunyit, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.
    Kalau kamu mau mencobanya, konsumsilah makanan tinggi vitamin C, contohnya seperti jeruk, buah beri, blackcurrant, brokoli, bayam, tomat, paprika merah dan hijau, atau suplemen vitamin C sesuai dosis yang dianjurkan dan janhan berlebihan ya beib.

  4. Melakukan relaksasi
    Stres terkadang juga dapat menyebabkan kamu terlambat menstruasi. Pada saat kamu stres, tubuhmu menghasilkan hormon kortisol atau adrenalin. Nah si hormon kortisol inilah yang dapat menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron yang bertugas untuk menjaga siklus menstruasimu.
    Cara mudah dan sederhana untuk mengatasi stres, lakukan teknik-teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, berolahraga, menghabiskan waktu bersama orang terdekat, mengurangi beban kerja, dan mencoba kegiatan yang menyenangkan ya beib.

  5. Diet
    Timbangan badan juga diperhatikan beib, berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi siklus menstruasi juga loh. Maka dari itu, tetap lakukan diet agar untuk mengontrol berat badanmu dan supaya kamu mendapatkan memiliki berat badan yang ideal. Selalu konsumsilah makanan bergizi seimbang dan jangan berlebihan, dan jangan lupa berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari, selain itu minumlah air putih dan tidur dengan cukup.

  6. Kompres atau mandi air hangat
    Mandi air hangat pasti menyenangkan dan ini dapat menenangkan dan merelaksasi otot yang tegang dan meredakan stres, hal ini dipercaya bisa mendorong menstruasi. Bukan hanya itu saja, dengan meletakkan kompres hangat di bagian perut juga dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke area tersebut sehingga mempercepat siklus haid.

  7. Mengonsumsi obat pelancar haid
    Kalau masih kurang berhasil juga, cobalah berkonsultasi ke dokter karena dokter dapat merekomendasikan obat pelancar haid yang bisa kamu minum. Namun hal ini tergantung pada penyebab keterlambatan haid kamu tersebut. Sebagai contohnya untuk kamu yang sudah menikah dan mengkonsumsi pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin dapat membantu mengontrol menstruasi.

    Metformin yang umumnya direkomendasikan oleh dokter untuk digunakan mengendalikan diabetes juga dapat membantu ovulasi dan mengatur datang bulan. Selain itu dengan kamu mengonsumsi progesteron selama 10 sampai 14 hari setiap bulan dengan rutin, ini juga bisa membantu memperlancar menstruasi.
Perlu diingat ini beib; Kalau kamu haid yang kemungkinan besar disebabkan oleh kehamilan, sebaiknya jangan mengkonsumsi herbal atau obat untuk mempercepat datang bulan ya. Karena bisa menyebabkan keguguran maupun kondisi berbahaya lainnya termasuk juga kamu akan menanggung dosa besar, karena sengaja ataupun tidak sengaja sudah menggugurkan kandunganmu. 
referensi: tempo.co

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update