Cara Mengatasi Lupa Minum Pil KB

Cara Mengatasi Lupa Minum Pil KB

Cara Mengatasi Lupa Minum Pil KB
gunanya.com | Cara Mengatasi Lupa Minum Pil KB

Lupa Minum Pil KB Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

gunanya.com- Salah satu metode kontrasepsi mencegah kehamilan yang dikenal efektif sampai saat ini adalah dengan mengonsumsi pil KB. Jika dikonsumsi secara teratur, maka tingkat keberhasilan pecegahan kehamilan mencapai 99%. Namun jika Anda sering lalai dan lupa minum pil KB, tingkat efektivitas pil ini akan menurun. Efek minum pil KB tidak teratur tentu adalah meningkatnya kemungkinan Anda hamil semakin tinggi. Meski begitu, bukan berarti lupa minum pil KB satu kali serta-merta langsung menghasilkan pembuahan. Apabila ada dosis yang terlewat, efek pil KB masih akan tersisa di darah selama beberapa waktu, sehingga, Anda masih bisa mengejar ketertinggalan dosis tersebut.

Namun, walau efek pil ini tidak langsung hilang, bukan berarti Anda boleh terus-terusan lupa minum pil KB. Jika dosisnya sering terlewat, efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan yang tadinya bisa mencapai 99%, akan turun hingga tinggal 91%. Semakin sering Anda lupa minum pil KB, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan untuk hamil. Apalagi, jika selama berhubungan seks Anda dan pasangan tidak menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom. Langkah yang bisa dilakukan saat Anda lupa minum pil KB, tergantung dari jenis pil yang dikonsumsi dan frekuensi dosis yang terlewat. Berikut ini langkah detailnya.

Langkah-langkah yang dilakukan jika lupa minum Pil KB

  1. Jika Anda minum pil KB yang hanya mengandung progestin
    Pil KB yang hanya mengandung progestin biasanya dikonsumsi oleh ibu menyusui atau wanita yang tidak bisa mengonsumsi pil kombinasi karena alasan medis tertentu. Pil jenis ini harus dikonsumsi di jam yang sama setiap harinya dan tidak boleh terlambat lebih dari 3 jam. Apabila lupa minum lebih dari 3 jam dari waktu yang seharusnya, maka Anda perlu langsung minum pil tersebut begitu ingat.

  2. Jika Anda minum pil KB kombinasi
    Jenis pil KB yang paling sering digunakan adalah jenis pil kombinasi berisi hormon estrogen dan progestin. Jika jenis ini yang Anda konsumsi, ini langkah yang perlu dilakukan apabila Anda lupa minum pil KB.

Lupa minum pil KB 1 kali

Apabila Anda lupa minum pil KB kombinasi sebanyak 1 kali, maka segera konsumsi pil tersebut begitu Anda ingat. Setelah itu, saat sudah waktunya Anda mengonsumsi pil berikutnya, maka lakukan lagi sesuai jadwal. Kalau Anda lupa minum pil KB dan baru ingat saat jadwal minum pil selanjutnya tiba, maka konsumsilah 2 pil sekaligus dalam sehari.Jika terlewat satu pil, Anda belum perlu menggunakan kontrasepsi tambahan. Kontrasepsi tambahan baru diperlukan apabila dosis yang terlewat adalah dosis yang seharusnya diminum saat awal atau akhir siklus menstruasi.

Lupa minum pil KB 2 kali

Untuk Anda yang lupa minum pil KB hingga 2 kali, maka langsung saja minum 2 pil begitu Anda ingat. Lalu, di hari berikutnya, konsumsi lagi 2 pil. Karena dosis yang masuk dalam satu kali minum menjadi lebih tinggi, beberapa wanita ada yang mengalami gejala seperti keluar bercak darah atau flek dari vagina atau mual. Apabila waktu Anda melewatkan dua dosis tersebut adalah di minggu pertama siklus menstruasi dan di minggu tersebut Anda berhubungan seks tanpa kondom, maka ada baiknya menggunakan kontrasepsi darurat. Lalu, untuk perlindungan tambahan, gunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom hingga Anda sudah rutin mengonsumsi pil KB selama 7 hari berturut-turut tanpa ada dosis yang terlewat.

Lupa minum pil KB 3 kali atau lebih

Apabila Anda lupa minum pil KB hingga 3 kali atau lebih, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, mulai mengonsumsi paket pil KB baru di hari Minggu setelah melewatkan dosis pil, meski menstruasi mulai keluar. Lalu mengonsumsi 2 pil setiap hari selama 3 hari berturut-turut. Berhenti mengonsumsi pil dari paket pil tersebut dan mulai mengulang siklus konsumsi pil KB dengan paket yang baru. Jika Anda melewatkan 3 kali atau lebih dosis pil KB, maka gunakan metode kontrasepsi tambahan selama 14 hari pertama setelah memulai siklus pil KB baru.

Jika Anda baru ingat keesokan harinya, maka Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi 2 pil sekaligus dalam 1 hari. Satu pil diminum saat Anda ingat bahwa Anda telah lupa memenuhi dosis, dan pil lainnya diminum sesuai jam biasa. Apabila dalam 3-5 hari setelah lupa minum pil KB Anda melakukan hubungan seksual tanpa kondom, sebaiknya gunakan kontrasepsi darurat untuk mencegah kehamilan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk selalu menggunakan kontrasepsi cadangan selama 48 jam setelah lupa minum pil KB. Mungkin artikel dengan judul Ketahui Lebih Jauh Efek Yang Di Timbulkan Saat Mengkonsumsi Pil KB, menarik juga untuk di baca.
referensi: tempo.co, sehatq.com

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update