Merawat dan Menjaga Kesehatan Dengan Minyak Jarak

Merawat dan Menjaga Kesehatan Dengan Minyak Jarak

Merawat dan Menjaga Kesehatan Dengan Minyak Jarak
gunanya.com | Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut Dengan Minyak Jarak

10 Manfaat Minyak Jarak Merawat dan Menjaga Kesehatan Dengan Minyak Jarak

gunanya.com- Inovasi produk kecantikan memang tidak ada habisnya. Produk kecantikan pun kini saling berlomba-lomba memberikan gebrakan dan manfaat baru bagi para konsumen khusunya dalam hal kecantikan. Salah satu diantaranya ialah minyak jarak (castor oil), dikenal sebagai salah satu produk kecantikan yang telah digunakan sejak Mesir kuno. Minyak jarak juga memiliki manfaat dari perawatan kecantikan. Berikut adalah berbagai manfaat yang dapat digunakan dari minyak jarak.

  1. Pembersih Make Up
    Minyak jarak dapat dimafaatkan sebagai bahan pembersih wajah atau kosmetik, teksturnya yang ringan dapat mengangkat kotoran dan sisa make up di wajah.

  2. Menghilangkan Lingkaran Hitam di Area Kantung Mata
    Istilah mata panda mungkin sering menjadi gejala yang ditimbulkan akibat stres, kelelahan, kurang tidur maupun ketidakseimbangan hormon tubuh. Minyak jarak juga dapat membantu secara efektif menghilangkan lingkaran hitam di bawah area mata dengan mencampurkan satu sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok teh minyak jarak.Kemudian aduk secara merata dan oleskan dengan lembut campuran tersebut di area bawah mata yang menghitam, hal ini berupaya untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata dan membantu melembabkan kulit dari dalam.

  3. Menyamarkan Jerawat
    Minyak jarak juga memiliki manfaat untuk menyamarkan bekas jerawat, sekaligus merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Kandungan ekstrak biji jarak juga dapat mencegah munculnya jerawat baru pada kulit, hal ini karena minyak jarak mengandung asam. Jika diaplikasikan ke kulit wajah maka dapat menyumbat kelenjar dan pori, serta sangat kuat membunuh penyebab jerawat.

  4. Mencegah Penuaan
    Siapa sangka manfaat yang terkandung dalam minyak jarak juga dapat mencegah terjadinya penuaan, lho! Kandungan antioksidannya dapat mengurangi keriput dan garis halus pada wajah  sekaligus dapat memproduksi kolagen sehingga kulit tampak lebih segar dan awet muda.

  5. Menebalkan Alis dan Bulu Mata
    Manfaat lain yang diperoleh dari minyak jarak ialah dapat membantu menebalkan alis dan bulu mata, nggak perlu mengeluarkan budget mahal untuk melakukan sulam alis, kamu juga bisa memanfaatkan minyak jarak dengan usapkan satu hingga dua tetes minyak jarak dengan kapas kebagian alis maupun bulu mata hingga meresap merata.

  6. Melembabkan Bibir
    Minyak jarak juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif yang sangat baik untuk pelembab bibir, beberapa bahan kosmetik yang beredar dipasaran atau kecantikan khususnya lip balm juga memiliki kandungan castor oil sebagai bahan pelengkapnya, kamu juga dapat usapkan minyak jarak kebagian bibirmu agar terus lembab dan tidak kering.

  7. Masker Rambut
    Bosan dengan rangkaian produk masker rambut yang dijual di pasaran dan ingin mencoba alternatif baru minyak jarak sebagai bahan untuk masker rambut? Kamu juga bisa menggunakan minyak jarak sebagai masker rambut alami. Sebab minyak jarak dapat menutrisi akar rambut sehingga menjadikan rambutmu tumbuh lebat alami dan mengurangi kerontokan. Untuk cara perawatan lainnya, bisa juga menggunakan hair tonic seperti yang dijelaskan di artikel dengan judul Hair Tonic Daun Jambu Biji yang bisa menjadi alternatif lain selain minyak jarak.

  8. Membantu Mengurangi Ketombe
    Jika kamu memiliki masalah kulit kepala seperti ketombe, minyak jarak pun dapat digunakan sebagai bahan untuk mengurangi ketombe di kulit kepala, lho! Kamu dapat mencampurkan perasan jeruk nipis atau lemon dan ditambahkan dengan minyak jarak kemudian usapkan di bagian kulit kepala yang mengalami ketombe dan pijat secara perlahan hingga meresap ke kulit kepala, lalu bilas dengan air bersih.

  9. Mempercepat Pertumbuhan Rambut
    Memiliki kandungan asam ricinoelic dan omega enam, minyak jarak dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, lho! Kandungan tersebut dipercaya mampu memperlancar aliran sel darah ke kulit kepala dan mempercepat pertumbuhan rambut baru. Sedangkan kandungan Vitamin E anti oksidan yang terkandung, mampu mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

  10. Mengatasi Kulit Kering
    Menjaga kelembapan pada kulit sudah pasti menjadi bagian penting untuk perawatan rambut kamu, demi mencegah terjadinya kulit kering dan bersisik, cukup menggunakan beberapa tetes minyak jarak dan dicampurkan pada minyak kelapa kemudian pijat ke seluruh permukaan kulit yang kering, hal ini pula untuk mencegah terjadinya dermatitis pada kulit.

Bagaimana? Tertarik kah, kalau tertarik maka mulai sekarang cobalah untuk membudidayakan Pohon Jarak dilingkungan atau halaman dan pekarangan rumah kamu. Pasti tidak akan menyesal. Mungkin artikel dengan judul Menambah Gairah dengan Minyak Melati Serta Manfaatnya, menarik juga untuk di baca.

Artikel asli: beautynesia.com

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update