Manfaat Kembang Sepatu untuk Turunkan Berat Badan

Manfaat Kembang Sepatu untuk Turunkan Berat Badan

Manfaat Kembang Sepatu untuk Turunkan Berat Badan
Khasiat Kembang Sepatu untuk Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker

Ketahui Manfaat Kembang Sepatu untuk Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker

gunanya.com- Tidak hanya membuat indah pekarangan rumah, kembang sepatu ataupun hibiscus nyatanya jadi bagian dari penyembuhan tradisional. Bunga dengan warna bermacam- macam ini menawarkan berbagai khasiat kesehatan yang bisa jadi tidak Kamu pikirkan sebelumnya. Kembang sepatu tercantum dalam famili mallow. Bunga ini bermahkota lebar, tetapi indah dengan warna yang bermacam- macam. Diperkirakan ada lebih dari 200 spesies kembang sepatu yang terdapat di muka Bumi.

Tidak banyak yang mengetahui kalau bunga ini dapat dimakan, apalagi menawarkan bermacam- macam kemampuan khasiat kesehatan. Salah satu kelebihan bunga ini ialah kandungan zat antioksidan yang dapat menolong mengontrol radikal bebas dalam tubuh, menghindari kerusakan sel, serta merendahkan resiko penyakit kronis. Dalam penyembuhan tradisional, bunga ini umumnya direbus kemudian airnya diminum semacam teh. Spesies umum yang diolah menjadi teh rebusan kembang sepatu merupakan Hibiscus sabdariffa. Rasanya mirip dengan cranberry, bisa dinikmati panas ataupun dingin.

Rebusan kembang sepatu cenderung nyaman buat diminum. Tetapi, studi lanjutan dibutuhkan terutama keamanannya untuk wanita berbadan dua (hamil) serta menyusui, kanak- kanak, dan pengidap penyakit ginjal serta hati. Tidak hanya kaya antioksidan, kembang sepatu juga menawarkan khasiat kesehatan diantaranya;

  1. Membantu mengurangi berat badan
    Ekstrak kembang sepatu dilaporkan dapat membantu mengurangi berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh, serta rasio pinggang serta pinggul.
  2. Merendahkan tekanan darah
    Beberapa riset meyakini khasiat kembang sepatu mampu mengurangi tekanan darah, salah satunya yang dilansir dalam Journal of Hypertension. Studi ini memberi tahu, rebusan kembang sepatu membantu merendahkan tekanan darah sistolik ataupun diastolik dengan rata- rata 7,58 mmHg serta 3,53 mmHg. Tetapi, bila Kamu sedang mengkonsumsi obat diuretic hydrochlorothiazide, rebusan kembang sepatu tidak dapat disantap sebab keduanya bisa berinteraksi.
  3. Merendahkan resiko kanker
    Bunga kembang sepatu memiliki polifenol, kelompok senyawa yang dilaporkan mempunyai sifat antikanker. Suatu riset dalam harian Molecular Carcinogenesis mengatakan, ekstrak kembang sepatu bisa mengurangi sel kanker di lambung. Walaupun nampak menarik, harus diingat kalau riset masih perlu dilakukan uji coba lanjutan untuk memaksimalkan manfaatnya.
  4. Mempunyai sifat antibakteri
    Khasiat tidak kalah menarik dari kembang sepatu merupakan sifat antibakterinya. Walaupun begitu, studi yang dicoba buat mengungkap khasiat ini masih dicoba lewat uji tabung.
  5. Memelihara kesehatan hati
    Suatu riset melaporkan mengkonsumsi ekstrak kembang sepatu sepanjang 12 minggu dapat membantu mengatur perlemakan hati. Keadaan ini dikenali adalah terjadinya penumpukan lemak di hati serta akan berisiko merangsang terjadinya gagal hati.

Riset- riset lain memang memperoleh penemuan atas khasiat kembang sepatu ini. Tetapi, studi tersebut sebelumnya banyak diuji coba pada hewan, Riset lanjutan masih dibutuhkan untuk memantapkan khasiat kembang sepatu ini.

referensi: SehatQ

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update