Cengkeh, Alternatif Pertolongan Pertama Sakit Gigi

Cengkeh, Alternatif Pertolongan Pertama Sakit Gigi

Cengkeh, Alternatif Pertolongan Pertama Sakit Gigi
gunanya.com | Cengkeh, Alternatif Pertolongan Pertama Sakit Gigi

Ketahui Manfaat Cengkeh Sebagai Pertolongan Pertama Sakit Gigi

gunanya.com- Cengkeh bermanfaat tidak hanya dalam masakan, tapi juga sebagai obat gangguan pencernaan dan batuk berdahak. Selain itu, cengkeh juga biasa digunakan untuk mengobati sakit gigi, bahkan selama berabad-abad sudah digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk sakit gigi, minyak cengkeh mengandung eugenol, yang memiliki sifat anestesi dan antibakteri. Campurkan tiga (3) tetes minyak cengkeh dengan seperempat (1/4) sendok teh minyak zaitun. Gunakan kapas untuk menyerap campuran, lalu oleskan kapas ke gigi yang sakit. Minyak cengkeh biasa dijual di toko obat dan apotik. Meskipun tidak dapat dikatakan efektif dalam meredakan sakit gigi, metode ini dianggap bermanfaat dalam meredakan sakit gigi.

Bumbu asli Indonesia ini mengandung bahan aktif eugenol yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami. Karena itu, mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit bisa mengurangi rasa sakit. Paling tidak, langkah ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama sampai Anda menemui dokter gigi.

Bagaimana cengkeh bisa membantu meredakan sakit gigi?

Biasanya, kerusakan gigi dapat disebabkan oleh sisa makanan yang terperangkap di antara gigi Anda. Sisa makanan yang terperangkap di antara gigi akan menumpuk secara bertahap dan menyebabkan plak pada gigi. Akibatnya, gigi berlubang bisa terjadi. Biasanya gejala awal gigi berlubang adalah nyeri saat mengonsumsi makanan manis, minuman panas atau dingin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat meredakan gejala sakit gigi. Selain itu, senyawa eugenol bersifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan pada gigi. Cengkeh juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan. Karena efek tersebut, diyakini salah satu khasiat cengkeh adalah meredakan gejala sakit gigi. Namun, bukti medis yang menunjukkan bahwa cengkeh efektif dalam mengobati sakit gigi masih belum cukup, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keefektifan manfaat tersebut.

Cengkeh sebagai obat sementara, Jika Anda mengalami sakit gigi, cobalah minyak cengkeh sebagai pengobatan sementara. Untuk melakukannya, tuangkan minyak cengkeh ke permukaan kapas kecil lalu oleskan ke gusi dan gigi yang sakit.

Bagaimana dengan efek samping cengkeh gigi?

Umumnya penggunaan cengkeh dalam makanan atau minuman masih dirasa aman. Begitu pula dengan penggunaan minyak cengkeh dalam pengobatan sakit gigi. Namun perlu diingat bahwa mengoleskan minyak cengkeh terlalu sering pada gigi dapat merusak gigi dan gusi Anda. Tak hanya itu, jika secara tidak sengaja Anda menelan minyak cengkeh, Anda bisa mengalami efek samping seperti:

  • Diare
  • Sakit perut
  • Sesak napas
  • Sensasi kesemutan di hidung dan tenggorokan akibat iritasi

Meski khasiat cengkeh telah digunakan sejak lama, namun keefektifan cengkeh dalam meredakan sakit gigi masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu jika ingin menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi.

Manfaat Lebih dari Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Meski ukurannya kecil, jangan remehkan nilai gizi cengkeh. Satu sendok teh cengkeh (2 gram) mengandung energi 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga dapat memenuhi 30% mangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C kebutuhan harian Anda. Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, meski dalam jumlah kecil. Berbagai vitamin dan mineral esensial ini mendukung manfaat kesehatan dari cengkeh. Beberapa manfaat yang bisa diterapkan diantaranya adalah;

  1. Melindungi dari kanker
    Cengkeh diperkaya dengan antioksidan eugenol, yang melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas. Kekuatan antioksidan pada cengkeh dilaporkan lima kali lebih efektif dibandingkan vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.
    Akumulasi radikal bebas di dalam tubuh dapat merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif yang dapat memicu berbagai penyakit kronis. Mulai dari arthritis, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, sakit maag, alzheimer, parkinson, kanker, hingga penyebab penuaan.

  2. Membunuh bakteri penyebab penyakit.
    Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang dapat menghentikan infeksi. Bahkan penelitian telah menunjukkan jika minyak esensial cengkeh aktif dan efektif membunuh bakteri E. coli di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kram perut, diare, dan kelelahan.
    Cengkeh juga membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab penyakit plak dan gusi (gingivitis). Jika Anda tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakan obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk manfaat luar biasa ini.

  3. Meningkatkan kesehatan hati.
    Eugenol dalam cengkeh tidak hanya melindungi tubuh dari kanker tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan hati.
    Sebuah penelitian pada hewan tikus menunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan. Penelitian lain menunjukkan bahwa eugenol dapat membantu meringankan gejala sirosis hati. Studi pada manusia lainnya menemukan bahwa mengonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu menurunkan kadar GST, enzim yang sering kali merupakan tanda penyakit hati. Namun, perlu diingat bahwa eugenol bisa menjadi racun bagi hati jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Satu studi kasus menemukan bahwa 5-10 ml minyak cengkeh pada anak-anak dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah.

  4. Menjaga kesehatan tulang
    Keropos tulang dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Nah, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam cengkeh membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan mangan pada cengkeh juga membantu proses pembentukan tulang dan sangat penting untuk kesehatan tulang.

  5. Pengobatan mules
    Paling sering, mulas terjadi karena menipisnya lendir lambung, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti stres dan infeksi. Hasil penelitian yang dilakukan pada hewan telah menunjukkan hasil positif bahwa minyak atsiri cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir pada lambung, yang berperan sebagai penahan asam lambung, mencegah erosi dinding lambung akibat asam lambung.

  6. Mengontrol gula darah
    Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat dalam cengkeh dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Studi lain meneliti efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan dalam cengkeh, pada sel otot manusia dan tikus diabetes. Cengkeh dan nigericin telah terbukti meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin, dan meningkatkan fungsi sel penghasil insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memindahkan gula dari darah ke sel. Jika dikombinasikan dengan pola makan seimbang, manfaat cengkeh bagi kesehatan dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Bagaimana? tertarik untuk mencoba salah satu bumbu masakan didapur ini untuk mengobati dan menjaga kesehatan Anda. Mulai sekarang cobalah untuk menyediakan cengkeh jika sewaktu-waktu, terutama untuk pertolongan pertama pada saat Anda mengalami sakit gigi. Mungkin artikel dengan judul Bahaya Sakit Gigi Pada Ibu Hamil dan Orang Dewasa dan Anak, menarik juga untuk di baca.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update