Efek Samping Makan Sambil Menonton TV

Efek Samping Makan Sambil Menonton TV

Efek Samping Makan Sambil Menonton TV
gunanya.com | Bahaya Makan Sambil Menonton TV

Ketahui Efek Samping Makan Sambil Menonton TV

gunanya.com- Makan sambil menonton tayangan televisi merupakan kebiasaan yang cukup sering dilakukan banyak orang. Namun, penelitian terbaru dari University of Sussex di Inggris menemukan bahwa makan sambil menonton tayangan televisi membuat Anda sulit untuk merasa lebih kenyang.

Makan sambil menonton tayangan televisi dapat juga berkontribusi dalam meningkatkan berat badan

Dilansir dari The list, para peneliti dari studi tersebut memberikan 120 partisipan minuman. Entah itu berkalori tinggi, ataupun rendah saat partisipan menyelesaikan tugas yang menuntun tingkat perhatian partisipan.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka kesulitan untuk mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tepatnya ketika mereka harus makan sambil melakukan kegiatan yang membutuhkan fokus penuh, seperti menonton tayangan di televisi.

"Studi kami menunjukkan bahwa jika Anda makan atau minum saat perhatian Anda teralihkan oleh kegiatan lain yang menyita perhatian Anda, maka cenderung tidak dapat mengetahui seberapa kenyang Anda," jelas Martin Yeomans, seorang profesor dari School of Psychology di University of Sussex.

Dengan kata lain, makan sambil menonton tayangan televisi dapat juga berkontribusi dalam meningkatkan berat badan, karena Anda tidak mengetahui sudah seberapa banyak kalori yang Anda konsumsi. Untuk mencegah hal tersebut, Susan Albers, seorang psikolog klinis menyarankan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

“Boleh-boleh saja untuk mengonsumsi camilan atau makanan ketika sedang menonton tayangan televisi, tetapi sebaiknya Anda menekan tombol pause kemudian makan atau mengemil terlebih dahulu baru kemudian melanjutkan menonton,” saran Albers.

Selain itu, Anda juga bisa memilih camilan yang sehat seperti pop corn tanpa garam atau gula tambahan, buah dan sayur. Jangan lupa, minum air putih selama menonton tayangan di televisi Anda atau bisa juga menonton bersama orang lain.

“Menonton tayangan televisi bersama orang lain juga bisa membantu Anda untuk mencegah agar tidak mengemil atau makan secara berlebihan ketika Anda bersama mereka. Kita cenderung tidak makan berlebihan ketika sedang bersama orang lain,” tutup Alberts. Mungkin artikel dengan judul Cara Menghindari Gigitan Nyamuk, menarik juga untuk di baca.
referensi: medcom.id

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update