Cara Meredakan Sakit Kepala Dengan Mudah

Cara Meredakan Sakit Kepala Dengan Mudah

Cara Meredakan Sakit Kepala Dengan Mudah
gunanya.com | Cara Meredakan Sakit Kepala Dengan Mudah

Perhatikan Cara Meredakan Sakit Kepala Dengan Mudah

gunanya.com- Terkadang di saat kamu sedang melakukan sesuatu, tiba-tiba sakit kepala menyerang kamu. Padahal kamu mungkin sedang asyik atau sedang membutuhkan konsentrasi saat sedang bekerja. Sakit kepala, sudah pasti akan mengganggu aktifitas kamu bukan?

Dilansir dari Insider, sakit kepala khususnya migrain, biasanya terjadi karena akibat dari pembesaran pembuluh darah secara tiba-tiba dan juga terjadi karena peningkatan jumlah aliran darah ke otak. Pada fase ini lah sehingga membuat sakit kepala muncul seketika, karena adanya perubahan aliran darah di pembuluh darah kamu. Jika di analogikan seperti pipa/selang air yang tiba-tiba mengalirkan air lebih cepat, sehingga menyebabkan tekanan membuat selang/pipa air menjadi mengembang.

Sama halnya dengan pembuluh darah mengembang pada saat menerima aliran darah bertekanan tinggi ke otak. Jika tidak langsung di atasi, maka akan menyebabkan rasa pusing dan berdenyut cukup menyiksa pada bagian kepala.

Namun kamu tidak perlu khawatir disaat mengalami sakit kepala tiba-tiba menyerang dan mengganggu aktifitasmu. Karena, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi minuman atau makanan mengandung Kafein. Kafein diketahui dapat meredakan sakit kepala atau migrain, namun Kafein bisa membantu mengatasi sakit kepala kamu jika kamu mengkonsumsinya dengan jumlah tepat. Kafein bisa kamu dapatkan dari beberapa minuman atau makanan, diantaranya adalah; soft drink, kopi, teh, dan cokelat. Kafein yang terkandung didalamnya saat kamu konsumsi, maka berfungsi untuk mempersempit pembuluh darah, karena sifatnya disebut vasokonstriksi. Dari sifat Kafein inilah sehingga memiliki kemampuan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke otak sehingga dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain.

Biji kopi dan bubuk kopi
Ilustrasi: Biji kopi dan bubuk kopi

Berdasarkan studi diterbitkan dalam Human Brain Mapping Journal, ditemukan bahwa Kafein memiliki kemampuan mengurangi aliran darah ke otak mencapai rata-rata 27%. Ini artinya, Kafein benar-benar bisa diandalkan sebagai alternatif mudah dan sederhana untuk membantu meredakan sakit kepala dan migrain tiba-tiba menyerang. Rasa nyeri dikepala biasa timbul pada saat sakit kepala dan migrain juga akan berangsur reda jika mengkonsumsi obat sakit kepala dibarengi dengan mengkonsumsi Kafein, bertujuan untuk membantu efektifitas dari obat sakit kepala yang kamu minum. Karena memang faktanya, Kafein sudah menjadi salah satu bahan utama di beberapa obat pereda sakit kepala.

Namun harus kamu ingat sebelum mencoba Kafein ini, kamu tidak boleh mengkonsumsi secara berlebihan. Jika mengkonsumsi berlebihan, namun tidak dibarengi dengan minum kecukupan air putih, maka justru akan memicu timbulnya sakit kepala kembali. Atau Mungkin artikel dengan judul, Kenali Gejala Alergi Kopi dan Sensitif Kopi menarik juga untuk di baca. AMF (American Migraine Foundation), menyarankan dalam mengkonsumsi Kafein untuk bertujuan meredakan sakit kepala dan migrain dapat dilihat dari pertimbangan berikut;

  1. Jika mengalami migrain episodik atau sama dengan 14 kali sakit kepala per bulan, maka Kafein bisa menjadi pilihan dengan catatan batas konsumsi tidak melebihi 200mg per hari.

  2. Jika kamu mengalami sakit kepala dan migrain lebih sering dan bahkan setiap hari, disarankan untuk berhenti mengkonsumsi Kafein sepenuhnya, dalam artian hindari Kafein.
Tidak hanya AMF (American Migraine Foundation) saja merekomendasikan demikian, National Headache Foundation juga menyatakan demikan.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update