Bahaya Jus Jeruk, Jika Salah Penggunaan

Bahaya Jus Jeruk, Jika Salah Penggunaan

Bahaya jus jeruk
gunanya.com | Bahaya Jus Jeruk, Jika Salah Penggunaan

Perhatikan Bahaya Jus Jeruk, Jika Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

gunanya.com- Kamu mungkin berpikiran bahwa setiap jus buah pasti menyehatkan termasuk jus jeruk. Tenang, bukan Kamu saja yang berpikiran seperti itu, Banyak orang berpikir sama seperti Kamu Ternyata selama ini Saya, Kamu dan Mereka salah jika berpikiran demikian. Karena ahli menyebutkan, bahwa jus jeruk bukan termasuk makanan yang sehat bagi tubuh. "Jus jeruk bukanlah makanan sehat," kata Scott Kahan, MD, MPH, direktur Pusat Berat dan Kesehatan Nasional, ini dikutip dari artikel CNN.

Dilansir dari situs CNN, berikut beberapa resiko kesehatan yang mungkin bisa ditimbulkan dari jus jeruk, diantaranya adalah;

Kandungan gula darah meningkat dan resiko diabetes

"Jus jeruk mengandung gula dan kalori seperti minuman bersoda," kata Kahan Menurut Kahan, segelas Coca Cola misalnya memiliki 26 gram gula, sementara segelas jus jeruk (8 ons) memiliki 22 gram gula. Yang diartikan bahwasannya tidak lah jauh beda antarta jus jeruk dengan minuman soda bukan?

"Penderita diabetes dianjurkan untuk lebih berhati-hati dan hindari mengkonsumsi jus jeruk yang berlebihan," kata Kahan. Kahan menegaskan, bahwa minuman manis dapat meningkatkan kandungan gula darah di tubuh. Seiring berjalannya waktu, lonjakan jumlah kandungan gula darah dapat menyebabkan kondisi berbahaya seperti penyakit jantung dan penyakit ginjal, bahkan untuk orang tanpa diabetes sekalipun.

Berat badan bertambah

Beberapa ahli dan peneliti lebih merekomendasikan, bahwa orang dewasa dan anak-anak harus makan buah utuh daripada harus minum dalam bentuk jus buah. Alasannya adalah karena buah mengandung serat yang memperlambat proses pencernaan dan membuat Kamu merasa lebih kenyang. Studi yang pernah dilakukan juga menunjukkan bahwa minum jus tanpa serat alami dari buah-buahan terkait dengan obesitas dan dapat memicu kerusakan hati. Sebab ketika Kamu minum jus buah, Kamu dapat dengan cepat mengonsumsi jus dari banyak buah tanpa merasa kenyang sehingga lebih mudah untuk menyerap banyak gula.

"Jika Kamu merasa sulit untuk mengatur berat badan, Hindari minuman manis seperti jus jeruk," kata Kahan. Sebuah studi 2011 diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa orang yang minum 100 persen dari jus buah mengalami kenaikan berat badan selama lebih dari empat tahun daripada orang yang tidak mengkonsumsinya. Meskipun jus buah jeruk bukanlah penyebab utama kenaikan berat badan, namun minuman yang dimaniskan dengan gula menyebabkan kenaikan dua kali lipat berat badan. "Jika Kamu sangat suka jus jeruk, maka mungkin cara terbaik adalah membatasi jumlah konsumsi Kamu ke dalam diet seimbang," kata Kahan. "Namun, perlu di ingat bahwa jus jeruk tidak boleh dianggap sebagai minuman kesehatan," tambahnya.

Bahaya Jus Jeruk, Jika Salah Penggunaan
gunanya.com | Ilustrasi Bahaya Jus Jeruk, Jika Salah Penggunaan

Dokter menyarankan jika Kamu sangat ingin mengkonsumsi jus jeruk, orang dewasa dan anak-anak harus membatasi satu gelas kecil saja per hari. Jika Kamu ingin memenuhi kebutuhan dosis vitamin C harian, opsi paling sehat adalah makan saja jeruk utuh. Kahan juga mengungkapkan bahwa mengencerkan jus jeruk dengan air bisa menjadi pilihan yang bermanfaat untuk menghindari konsumsi gula sebanyak mungkin. Mungkin artikel dengan judul 5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan, menarik juga untuk di baca.

Jus jeruk memiliki banyak vitamin dan nutrisi penting tetapi perlu Kamu waspadai bahwa jus jeruk juga mengandung kadar gula yang tinggi yang dapat memicu kerusakan kesehatan Kamu. Jeruk memang dapat menyuplai vitamin C dan folat tinggi bagi tubuh Kamu, tetapi vitamin ini dapat juga menjadi pemicu terganggunya kesehatanmu jika konsumsi yang berlebihan dan tidak sesuai takaran kebutuhan harianmu.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update