Manfaat Daun Suruhan Yang Mulai Terlupakan

Manfaat Daun Suruhan Yang Mulai Terlupakan

Manfaat Daun Suruhan yang Mulai Terlupakan
Ilustrasi Daun Suruhan Yang Tersebar Dipelosok Indonesia

Daun Suruhan Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

gunanya.com- Daun suruhan (Peperomia pellucida) juga dikenal sebagai daun tumpangan air, yang dipercaya sebagai obat herbal sangat ampuh dan memiliki berbagai kandungan alami dan biasa ditemukan di pekarangan rumah karena sifatnya sebagai tumbuhan liar. Mungkin dipekarangan rumah anda dapat ditemukan juga dengan mudah, selain itu tumbuhan ini juga sering ditemukan di perkebunan sawit yang berada didaerah tanah gambut namun gambut baik rawa maupun darat.

Kandungan daun suruhan diantaranya yaitu:

- Kalsium
- Minyak atsiri
- Alkaloid
- Lemak
- Tanin
- Kalsium oksalat
- Senyawa patuloside A
- Pellucida
- Glikosida xanthone
- Fitol
- Fenetilalkohol
- Kalium
- Natrium
- Magnesium
- Fosforus

Selain yang di sebutkan diatas, daun suruhan juga memiliki kandungan diantaranya; antibiotik, analgesik, anti inflamasi, dan diuretik yang sudah pasti sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat daun suruhan untuk kesehatan;

  1. Mengatasi Pegal Linu
    Masalah pegal linu sudah pasti akan anda rasakan setiap hari karena berbagai aktivitas yang berat. Salah satu cara alami yang aman dan tanpa kimia untuk mengatasi pegal linu adalah dengan mengonsumsi daun suruhan. Daun suruhan sudah banyak dipercaya banyak orang, karena dapat mengembalikan stamina dan menaikkan energi Anda. Sangat baik untuk meringankan pegal linu karena bekerja terlalu berat.

  2. Mengurangi Rasa Nyeri pada Tubuh
    Salah satu manfaat daun suruhan yang sudah dipercaya, daun suruhan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri tubuh, nyeri otot, serta nyeri sendi. Semua itu didapatkan dari kandungan alami daun suruhan. Anda silahkan mengkonsumsi air rebusan daun suruhan saat mulai terasa mengalami gejala nyeri di bagian tubuh anda. Jika anda sedang membutuhkan dan akan mencari obat untuk rasa sakit fisik, anda silahkan mencoba meminum rebusan air daun suruhan dan anda akan mulai merasa lebih baik karena kandungan alami di dalamnya. Secara tradisional digunakan untuk mengobati penyakit sehari-hari yang sederhana dan biasa menjangkit manusia seperti flu biasa, gejala flu, demam, sakit kepala, serta radang sendi.

  3. Mengobati Sakit Kepala
    Jika Anda tiba-tiba merasa mengalami sakit kepala atau migrain yang menggangu aktifitas anda, maka anda silahkan mencoba minum air rebusan dari daun suruhan ini secara berkala. Karena manfaat daun suruhan juga bisa menyembuhkan vertigo secara alami tanpa bahan kimia. Seluruh bagian dari daun suruhan sangat mungkin dapat anda manfaatkan sebagai obat sakit kepala alami di aktifitas sehari-hari anda yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi.

  4. Membunuh Bakteri Jahat
    Pada beberapa penelitian yang pernah dilakukan, mengungkapkan bahwa daun suruhan memiliki kandungan alami dari senyawa patuloside A dan glikosida xanthone. Senyawa-senyawa tersebut dipercaya sebagai salah satu yang sangat efektif untuk membunuh bakteri jahat di dalam tubuh.

  5. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Manfaat daun suruhan sebagai obat herbal alami lainnya yang boleh untuk dicoba adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh, sangat cocok untuk membantu daya tahan tubuh untuk melawan virus, seperti virus corona yang sedang mewabah pada saat sekarang ini. Bahkan masyarakat lokal sudah sejak lama memanfaatkan daun suruhan dengan cara meracik daun suruhan menjadi rebusan dan meminumnya sebagai penguat imun. Daun suruhan juga dipercaya sangat baik untuk membunuh bakteri dan kuman yang hidup ditubuh anda agar tubuh anda tidak mudah terserang penyakit.

  6. Anti Inflamasi / Anti peradangan
    Kandungan lainnya pada daun suruhan adalah anti inflamasi, di daun suruhan sangat banyak kandungannya dan ini sangat efektif untuk mencegah dan mengobati radang tenggorokan. Meminum rebusan daun suruhan dipercaya lebih baik dari pada Anda meminum obat anti inflamasi yang beredar di pasaran seperti di apotik atau resep dokter yang biasanya mengandung efek samping.

  7. Obat untuk Ginjal
    Percaya atau tidak, daun suruhan memiliki sumber yang cukup baik untuk merawat dan memulihkan kesehatan ginjal. Karena kandungan alami di dalam daun suruhan sangat baik untuk ginjal. Untuk cara pengolahan daun suruhan untuk ginjal bisa dilakukan dengan cara dibawah ini;
    • Pilih daun suruhan yang segar beberapa helai lalu cuci sampai bersih dengan air bersih yang engalir.
    • Rebus dengan 3 (tiga) gelas air dan masukkan daun suruhan yang sudah dicuci sebelumnya, tunggulah sampai cukup mendidih.
    • Setelahnya, anda boleh meminum air rebusan daun suruhan tersebut secara teratur.
    • Pastikan anda selalu minum air rebusan suruhan yang baru direbus bukan yang sudah dingin berjam-jam.

  8. Pencegahan Kanker
    Selain untuk kesehatan ginjal seperti yang disebutkan di point sebelumnya, daun suruhan juga bisa mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Perlu diketahui bahwa kanker adalah penyakit paling mematikan di dunia sejauh ini, namun anda tidak perlu khawatir karena anda boleh mencoba daun suruhan sebagai alternatif dari obat kimi dari dokter. Daun suruhan memiliki senyawa P. Pellucida yang berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Namun perlu anda perhatikan, bahwa anda harus tetap berada di bawah pengawasan dokter untuk konsumsi obat alami ini dalam menangani kanker.

  9. Antioksidan
    Tanaman herbal daun suruhan juga mengandung antioksidan alami yang dikenal berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan racun yang mengendap ditubuh. Seperti yang banyak sudah diketahui, radikal bebas sangat berbahaya bagi keseimbangan kesehatan tubuh. Minyak esensial yang terkandung dari daun suruhan mengandung senyawa bioaktif yang kuat dengan sifat-sifat anti bakteri yang kuat sebagai pembasmi radikal.

  10. Kandungan Antibiotik
    AlamiManfaat daun suruhan lainnya yang dipercaya adalah daun suruhan mampu berperan sebagai antibiotik alami bagi tubuh. Kandungan yang ada pada daun suruhan sangat penting perannya dalam mencegah pertumbuhan mikro organisme dan menghindari terjadinya infeksi di tubuh. Kandungan dari daun suruhan bahkan dapat dijadikan alternatif dalam antibiotik baru yang potensial di era sekarang ini sekaligus agen baik antioksidan yang efektif.

  11. Mengatasi Katarak atau Infeksi Mata
    Getah yang ada pada daun suruhan memiliki kandungan yang bisa membantu penyembuhan penyakit katarak, infeksi, dan radang pada mata. Namun, untuk kondisi kesehatan mata yang lebih serius anda wajib dan dianjurkan menghubungi Dokter Spesialis mata secara langsung sebelum memanfaatkan daun suruhan ini.

  12. Menurunkan Kadar Kolesterol
    Manfaat daun suruhan untuk kesehatan juga sangat potensial jika dimanfaatkan untuk alternatif menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Cara pengolahannya cenderung sangat mudah dipraktekkan, cukup dengan dengan merebus daun suruhan, lalu meminum air rebusan tersebut secara teratur. Demi keamanan penggunaan, Anda juga wajib memperhatikan konsumsi makanan yang anda konsumsi agar tidak menambah pemicu kolesterol anda. Untuk demi keamanan dan menghindari resiko yang tidak diinginkan, silahkan lakukan tindakan lebih lanjut dengan menghubungi tim medis anda.

  13. Menurunkan Demam pada Anak
    Sejak zaman dahulu, para orang tua dulu sudah mengaplikasikan daun suruhan sebagai obat demam anak yang sangat manjur. Memanfaat daun suruhan dengan cara mengolahnya untuk demam adalah dengan cara menumbuk atau menghaluskan daun suruhan secukupnya. Lalu, anda bisa kompres anak dengan tumbukan tersebut sambil terus mengecek suhu tubuh anak sampai turun dan membaik.

  14. Mengatasi Kram Saat Menstruasi
    Bahkan jika mengalami kram dan sakit perut khususnya kaum wanita pada saat fase menstruasi yang sangat menyakitkan bagi sebagian wanita. Jika anda mengalami hal seperti yang disebutkan, anda silahkan mencoba meminum air rebusan daun suruhan yang masih hangat. Kandungan alaminya mampu meredakan saluran yang keram dan sakit, terutama dibagian perut sampai pada bagian intim anda.

  15. Merawat Kesehatan Kandung Kemih
    Bagian dari sistem saluran kencing adalah salah satu yang jarang kita perhatikan kesehatannya yaitu Kandung kemih. Dengan rebusan dari daun suruhan yang sudah diolah, dapat membuat saluran kandung kemih tetap lancar dan sehat jika rutin meminumnya.

  16. Obat Alami Impotensi
    Salah satu masalah banyak pria yaitu impotensi, hal ini biasa terjadi pada pria dewasa, bagi anda yang mencari alternatif untuk mengatasi impotensi, mungkin daun suruhan ini bisa menjadi pertimbangan anda sebelum mencoba menggunakan obat kimia. Karena daun suruhan memiliki zat alami untuk membuat penis bekerja lebih stabil dan gejala impotensi perlahan dapat teratasi. Cara pengolahan daun suruhan hanya dengan cara sederhana saja yaitu merebusnya, lalu anda bisa minum secara berkala.

  17. Obat Asam Urat
    Untuk di usia 20an keatas, peluang untuk mengalami asam urat cukup tinggi, dengan daun suruhan yang sudah terkenal sebagai obat alami paling ampuh untuk menyembuhkan asam urat, mungkin diusia anda yang rentan terserang asam urat dapat diminimalisir. Caranya adalah sama dengan cara sebelumnya yaitu meminum air rebusan daun suruhan satu gelas setiap hari dengan rutin. Untuk menambah cita rasa agar tidak bosan dan manfaat yang maksimal maka anda boleh juga menambahkan madu sebagai tambahannya.

  18. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
    Berdasarkan laporan yang disusun oleh internal dari Utrecht, daun suruhan dipercaya memiliki salah satu kandungan yang bisa juga dijadikan alternatif alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Namun perlu anda ketahui bahwa penelitian ini masih terus dikembangkan di berbagai penelitian. Ini hanya sebatas masih diperkirakan dan ini membutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk pengembangannya.

  19. Menyembuhkan Patah Tulang
    Salah satu kelebihan dari daun suruhan ini adalah bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan patah tulang. Daun suruhan dipercaya untuk menyembuhkan patah tulang secara alami, hal ini pernah terjadi di wilayah Kamerun. Percobaanpun pernah dilakukan pada tahun 2017, yang mana tikus betina menjadi obyek bahan percobaannya. Hasil yang luar biasa adalah kandungan minyak esensial dari daun suruhan (Peperomia pellucida) meningkatkan kandungan kalsium di tulang pada dosis terendah pada tikus yang patah.

  20. Khasiat Daun Suruhan untuk Kesehatan Kulit
    Daun suruhan juga dipercaya memiliki kemampuan luar biasa untuk menjaga kita dari beberapa masalah kulit dan bahkan terdapat manfaat daun suruhan untuk jerawat yang membandel sekalipun.

  21. Mengobati Luka Bakar
    Jika anda pernah mengalami kulit terbakar, maka dengan daun suruhan ini sensasi perih dari luka bakar dapat diredam. Karena zat-zat alami yang terkandung didalam daun suruhan dapat membuat luka bakar di kulit jadi adem bahkan mempercepat proses penyembuhan. Cara sedehana yang dapat dilakukan untuk mengolah daun suruhan sebagai obat luka bakar adalah;
    • Siapkan beberapa helai saja daun suruhan, lalu cuci sampai bersih dengan air mengalir. - Haluskan daun suruhan dengan cara ditumbuh.
    • Tempelkan/dibalurkan secara merata pada bekas kulit yang terbakar atau bisa juga untuk luka memar.
    • Anda boleh juga menggunakan perban untuk membalutnya agar lebih mudah.
    • Biarkan selama beberapa menit sampai ekstrak daun suruhan benar-benar terserap oleh kulit.

    • Mengobati Radang Kulit
      Radang kulit atau ruam pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun anda harus tahu bahwa daun suruhan dapat menjadi alternatif penyembuhan karena daun suruhan memiliki banyak kandungan alami anti inflamasi. Cara pengolahannya seperti biasa yaitu daun suruhan direbus dan setelahnya daun suruhan diminum extraknya rebusannya satu gelas sebanyak dua kali per hari.

    • Sebagai Obat jerawat
      Seperti yang disebutkan pada poin 20, daun suruhan terdapat juga manfaat untuk jerawat, karena mengandung anti bakteri dan juga daun suruhan sangat bagus untuk mengatasi banyak masalah kulit seperti jerawat dan bisul. Cara pengolahannya sederhana daun suruhan untuk obat kulit sperti jerawat atau bisul;
      • Siapkan beberapa helai saja daun suruhan, lalu cuci sampai bersih dengan air mengalir.
      • Direbus daun suruhan dalam 3 (tiga) gelas air saja, kemudian ditunggu sampai air menyusut 20-30%.
      • Minumlah rebusan daun suruhan satu gelas setiap harinya.

    Walaupun dari segi rasa yang kurang enak, namun jika dilihat dari banyaknya manfaat dan banyaknya khasiat daun suruhan bagi kesehatan, maka sangat disayangkan jika anda tidak mencobanya. Anda juga bisa menanam daun suruhan di halaman rumah ataupun pekarangan rumah anda. Demikianlah informasi tentang manfaat daun suruhan dan cara mengolahnya yang telah dijelaskan di artikel ini. Akan tetapi masih diperlukan penelitian untuk pembuktian secara klinis manfaat daun suruhan secara medis. Namun perlu anda ingat dan harus Anda perhatikan adalah penggunaan obat herbal tidak sepenuhnya menjamin kesembuhan Anda. Penanganan kesehatan lebih lanjut harap hubungi Dokter untuk mendukung hasil yang lebih maksimal dalam pengobatannya.

    Related Posts

    Comments
    Silahkan, saya ga nggigit !

    Artikel Update