Khasiat dan Manfaat Seledri Menjaga Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Seledri Menjaga Kesehatan

manfaat seledri
Iustrasi Minuman Jus Seledri

Manfaat seledri tanpa anda sadari memiliki khasiat menjaga kesehatan

gunanya.com- Seledri atau bahasa inggris (celery) adalah tumbuhan yang tergolong pada tanaman sayuran yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia. Beberapa negara seperti Jepang, Cina dan Korea sangat akrab dengan tanaman seledri ini di meja makan sebagai bahan tambahan menu faforit mereka. Selain negara yang disebutkan sebelumnya, ternyata negara Eropa adalah negara yang paling lengkap untuk pemanfaatannya, mereka terbiasa memanfaatkan keseluruhan bagian seledri ini. Mulai dari umbi, batang, tangkai daun, daun, buah dan akar mereka manfaatkan semua.

Seprti yang kita ketahui, disaat kita makan di warung, baik itu warung bakso hingga restoran, maka kita akan menemukan seledri sebagai bahan tambahan untuk menambah penyedap rasa masakan dan aroma masakan yang menggugah selera pada saat seledri ditambahkan kedalam menu sup favorit anda. Tahukah anda, ternyata seledri pertama kali masuk ke indonesia ini dibawa oleh orang belanda pada saat masa penjajahannya ke Indonesia, dan pertama kali dimanfaatkan sebagai penyedap sup dan lalapan di meja makan. Namun sebenarnya seledri adalah tumbuhan yang sudah lama dikenal oleh manusia, bahkan sudah berumur ribuan tahun yang lalu sebelum penanggalan modern saat sekarang ini. Pada jaman Yunani klasik dan Romawi, seledri digunakan pertamakali sebagai penyejuk perut dan bagian yang biasa digunakan adalah buahnya. Selain itu seledri yang dianggap sayuran juga digunakan sebagai sayuran untuk anti-hipertensi. Funsi dan manfaat lainnya yang dikenal pada saat itu ialah untuk peluruh (diuretika), anti reumatik serta pembangkit nafsu makan (karminativa). Untuk umbinya dikenal memiliki khasiat yang spesial namun masih memiliki kemiripan dengan kahasiat yang serupa dengan daunnya, yaitu umbinya digunakan pula sebagai afrodisiaka (pembangkit gairah seksual). Namun disamping manfaat itu semua pada saat itu, seledri juga sudah dikenal memiliki potensi menyebabkan alergi terhadap orang yang peka dan penderita radang ka'al sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi seledri. Sedangkan untuk ibu menyusui, seledri sangat dilarang untuk dikonsumsi berlebihan, karena dapat mengakibatkan kurangnya produksi air susu (ASI) pada ibu.

Berikut beberapa manfaat dengan mengkonsumsi daun seledri yang sudah pernah diteliti oleh para ahli, diataranya adalah;

  1. Menurunkan tekanan darah
    Berdasarkan laporan hasil penelitian yang pernah dilakukan, ekstrak seledri diyakini bisa membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bahan ini dapat diolah dalam bentuk jus, hingga suplemen.

  2. Mencegah kanker
    Ekstrak suplemen daun seledri juga sering digunakan sebagai obat antikanker. Hasil laporan dalam suatu penelitian, ekstrak daun seledri menunjukkan potensi untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di sekitar perut.

  3. Melancarkan pencernaan
    Kandungan Polisakarida berbasis pektin yang terkandung pada lembar daun seledri bisa membantu melancarkan proses pencernaan, mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  4. Meredakan nyeri haid
    Beberapa hasil laporan penelitian menjelaskan, dengan mengonsumsi produk yang menggunakan bahan campuran berasal dari biji seledri dengan dicampurkan beberapa bahan lain, bisa mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri yang dirasakan saat haid.

  5. Mengusir nyamuk
    Menurut hasil laporan penelitian, gel pengusir nyamuk dengan tambahan kandungan ekstrak seledri mampu bertahan lebih dari 4 jam. Efektivitas penggunaan seledri dengan campuran bahan antinyamuk lainnya, cukup tinggi dalam mengusir nyamuk.

Perlu diingatkan kembali, Anda tetap perlu berhati-hati jika akan mencoba mengonsumsi suplemen ekstrak seledri, terutama bila sedang hamil, menyusui, memiliki riwayat alergi, menderita kelainan darah, gangguan ginjal, atau tekanan darah rendah. Untuk meminimalisir terjadinya resiko, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter pribadi anda sebelum mengkonsumsinya.

Beberapa Cara Mengolah Daun Seledri;

  • Selain digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, daun seledri juga bisa diolah menjadi jus. Untuk mengolah menjadikan jus seledri, Anda dapat menambahkan berbagai bahan lain, seperti bayam, buah pir, atau air perasan lemon. Mengolah menjadikan jus seledri sangat mudah, cukup potong kecil-kecil seledri dan bahan lain, lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan air perasan lemon dan es batu. Kemudian saring jus yang sudah diblender, sebelum diminum.

  • Selain sebagai campuran jus, seledri juga bisa disajikan sebagai minuman segar. Masukkan lembaran dari daun seledri dan bebrapa lembaran daun ketumbar serta gula cair ke dalam gelas. Tambahkan perasan air lemon atau soda, lalu tambahkan sedikit es batu.

  • Seledri juga bisa menjadi camilan sehat. Anda cukup siapkan batang seledri segar. Potong dengan ukuran sedang, lalu belah menjadi dua. Tambahkan setidaknya dua sendok selai kacang pada batang seledri dan camilan seledri pun siap untuk dinikmati.

Mudah sekali bukan ?. Selain diolah menjadi jus seperti di atas, Anda juga dapat mengolah seledri dengan beragam cara sesuai selera.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update