Manfaat Lidah Buaya Yang Tak Terduga

Manfaat Lidah Buaya Yang Tak Terduga

Manfaat Lidah Buaya Yang Tak Terduga
Ilustrasi Tumbuhan Lidah Buaya; Manfaat lidah buaya yang tak terduga

Khasiat dan Manfaat lidah buaya yang tak terduga

gunanya.com- Penderita wasir sering mengeluh kesulitan duduk dan kesakitan saat buang air besar. Jika panas dan sakitnya mengganggu, Anda bisa mencoba meredakan wasir dengan lidah buaya. Mirip dengan varises di kaki, wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam dan sekitar anus. Gejalanya seperti bengkak, gatal, tidak nyaman dan berdarah saat buang air besar. Wasir telah mempengaruhi sekitar 75% dari populasi umum, menurut National Clearinghouse untuk informasi tentang penyakit pencernaan. Wasir internal terletak di saluran anus dan wasir eksternal menonjol dari anus. Kedua jenis wasir disebabkan oleh tekanan berulang pada pembuluh darah, biasanya disebabkan oleh aktivitas saat buang air besar dan diare kronis atau sembelit. Untungnya, wasir merespons lebih baik terhadap pengobatan dan perawatan di rumah. Praktisi pengobatan alternatif sering menggunakan herbal tertentu seperti lidah buaya untuk mengobati dan mencegah wasir.

Berasal dari Afrika timur dan selatan, lidah buaya sekarang tumbuh di seluruh dunia. Tanaman ini adalah daun berbentuk tabung yang berisi gel obat yang digunakan secara eksternal untuk mengobati kondisi kulit. Cairan lidah buaya diambil dari bagian bawah daun, digunakan secara internal, khususnya sebagai pencahar yang merangsang. Sebuah tinjauan ilmiah dan penelitian para ahli yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology melaporkan bahwa lidah buaya mengandung bradykininase, enzim yang membantu meredakan peradangan parah ketika diaplikasikan pada kulit, seperti dilansir Livestrong, Sabtu (10/1/2011). Senyawa aktif yang ada dalam gel lidah buaya digunakan secara lokal dalam pengobatan homeopati untuk mempercepat penyembuhan luka. Menurut seorang yang dikenal sebagai seorang ahli herbal Steven Foster, penulis buku "National Geographic Desk Reference to Nature's Medicine", sifat gel lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan, yang merupakan dua gejala umum wasir.

Manfaat Lidah Buaya Yang Tak Terduga
Ilustrasi lidah buaya segar

Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, sensasi terbakar dan peradangan, sehingga membantu mengurangi iritasi wasir. Dinginnya cairan atau gel juga dapat memiliki efek menenangkan. Secara internal, konsumsi lidah buaya dapat membuat feses lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan untuk mengurangi tekanan pada wasir selama pendorong. Menurut Foster, lidah buaya juga mengandung antrakuinon, bahan utama yang merangsang kontraksi di dinding saluran pencernaan dan mempromosikan sekresi cairan dari usus besar. Phyllis A. Balch, penulis "Resep untuk Penyembuhan", mengatakan bahwa setengah cangkir jus lidah buaya yang diminum tiga kali sehari dapat membantu mengurangi wasir. Potongan daun lidah buaya yang sedikit dilapisi pada area wasir juga dapat meredakan wasir di bagian luar dan memberikan sensasi dingin yang dapat membantu meringankan rasa sakit.

Related Posts

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Artikel Update